Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Belanda: PSV Sikat Go Ahead Eagles, Bayangi Feyenoord & Ajax

Juara bertahan PSV Eindhoven bertahan di trek perburuan gelar Eredivisie Belanda setelah menundukkan tamunya Go Ahead Eagles 1-0.
Pemain PSV Eindhoven Siem de Jong (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Go Ahead Eagles bersama adik kandungnya, Luuk de Jong/Twitter PSV Eindhoven
Pemain PSV Eindhoven Siem de Jong (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Go Ahead Eagles bersama adik kandungnya, Luuk de Jong/Twitter PSV Eindhoven

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan PSV Eindhoven bertahan di trek perburuan gelar Eredivisie Belanda musim 2016-2017 setelah menundukkan tamunya Go Ahead Eagles dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pekan ke-16.

Adalah Siem de Jong yang berhasil mencetak gol semata wayang pembawa kemenangan tuan rumah dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Philips di Kota Eindhoven itu. Dia mengontribusi gol penentu itu pada menit ke-68 dengan assist Joshua Brenet.

Siem de Jong baru masuk lapangan 4 menit sebelum mencetak gol, menggantikan striker Gaston Pereiro. Masuk pada menit ke-64 membuat Siem de Jong bermain selama 26 menit bersama adik kandungnya, Luuk de Jong, yang juga berposisi sebagai penyerang PSV dan dalam laga itu bermain penuh 90 menit.

Ini merupakan gol pertama Siem de Jong sejak didatangkan dari klub Championship Inggris Newcastle United pada 22 Agustuis lalu dengan status pinjaman yang dihasilkannya dalam pertandingan keempatnya bersama tim asuhan pelatih Phillip Cocu.

Sekadar catatan, Siem de Jong adalah pencetak dua di antara tiga gol Timnas Belanda menang 3-0 atas Timnas Indonesia dalam laga persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada 7 Juni 2013. Hanya kedua gol itulah yang dicetaknya untuk Timnas Belanda di antara enam caps-nya.

Dengan tambahan 3 angka hasil kemenangan atas Go Ahead Eagles, PSV bertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Eredivisie dengan nilai 33 atau 3 angka di belakang dua kekuatan tradisional sepak bola lainnya, Feyenoord Rotterdam di posisi teratas dan Ajax Amsterdam di posisi kedua, yang belum memainkan laga pekan ke-16.

Ajax, PSV, dan Feyenoord merupakan penguasa kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda sepanjang sejarah sejak digulirkan pertama kali pada 1888 atau 128 tahun silam. Ajax juara sebanyak 33 kali, PSV 23, dan Feyenoord 13 kali.

Di luar ketiganya, yang pernah menjadi juara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda ialah HVV Den Haag (10), Sparta Rotterdam (6), RAP Amsterdam (5), Go Ahead Eagles dan HFC Haarlem masing-masing empat kali, Willem II Tilburg dan HBS Craeyenhout masing-masing tiga kali, serta AZ Alkmaar, Heracles Almelo, ADO Den Haag, dan RCH Heemstede masing-masing dua kali.

\Adapun NAC Breda, Twente Enschede, DWS Amsterdam, Roda JC Kerkrade, Be Quick Groningen, FC Eindhoven, SC Enschede, DOS Utrecht, FC Den Bosch, De Volewijckers, BSV Limburgia, SVV Schiedam, Quick Den Haag, dan VV Concordia masing-masing satu kali juara.

Berikut hasil pertandingan pekan ke-16 Eredivisie hingga Minggu pagi WIB (11/12/2016):

Groningen 2 vs Roda JC Kerkrade 0

NEC Nijmegen 3 vs ADO Den Haag 0

PSV Eindhoven 1 vs Go Ahead Eagles 0

SC Heerenveen 2 vs Excelsior 1

PEC Zwolle 0 vs Willem II Tilburg 0

Jadwal berikutnya dan siaran langsungnya (dalam WIB):

Minggu, 11 Desember:

18:30   Sparta Rotterdam vs Vitesse Arnhem

20:30   AZ Alkmaar vs Feyenoord Rotterdam (Fox Sports 3)

20:30   Utrecht vs Heracles Almelo

22:45   Twente Enschede vs Ajax Amsterdam (Fox Sports 3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper