Hasil Copa del Rey: 3 Tim Wilayah Separatis Basque Raih Kemenangan

Athletic Bilbao, Real Sociedad, dan Deportivo Alaves, menaklukkan lawan-lawannya dalam leg pertama 32 besar Piala Raja Spanyol.
M. Syahran W. Lubis | 02 Desember 2016 08:07 WIB
Pelatih Deportivo Alaves Mauricio Pellegrino - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Divisi Primer La Liga yang bermarkas di wilayah separatis Basque, Athletic Bilbao, Real Sociedad, dan Deportivo Alaves, menaklukkan lawan-lawannya yang merupakan kontestan kompetisi dengan level lebih rendah dalam leg pertama 32 besar Piala Raja Spanyol (Copa del Rey).

Dalam pertandingan di Stadion Campos de Sport de El Sardinero di Kota Santander, Athletic Bilbao sukses menangguk kemenangan 2-1 atas tuan rumah Racing Santander, klub Segunda B, level ketiga dalam sistem sepak bola Spanyol, berkat sumbangsih dua gol Raul Garcia pada menit ke-11 dan 28.

Sementara itu, gol semata wayang tuan rumah dalam pertandingan yang digeber pada Jumat pagi WIB (2/12/2016) itu dipersembahkan oleh Javier Cobo pada menit ke-23 yang sempat membuat skor imbang 1-1 sebelum kemudian datang gol kedua Garcia yang menentukan kemenangan tim tamu.

Dengan kemenangan itu, langkah Bilbao menuju babak 16 besar terbuka lebar ketika menjamu Santander dalam leg kedua yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (23/12/2016) mulai pk. 03:00 WIB di Stadion San Mames Barria di Kota Bilbao, ibu kota Basque.

Dalam pertandingan babak 32 besar lainnya, Real Sociedad menundukkan tuan rumah Real Valladolid, klub kontestan Segunda, kompetisi level kedua dalam sistem sepak bola Spanyol, dengan skor 3-1 di Stadion Municipal Jose Zorrilla di Kota Valladolid.

Juan Miguel ‘Juanmi’ Jimenez mencetak dua gol penentu kemenangan tim tamu asuhan pelatih Eusebio Sacristan pada menit 62 dan 74. Sebelumnya Inigo Martinez membuka skor untuk keunggulan Sociedad pada menit ke-7 dan Jaime Mata Arnaiz sempat menyamakan skor 1-1 lewat penalti pada menit ke-14.

Kemenangan berselisih dua gol menguntungkan Sociedad. Kalah 0-2 pun di kandang sendiri, Stadion De Anoeta di San Sebastian, Basque, saat menjamu Valladolid di leg kedua pada Rabu (21/12/2016) mulai pk. 02:00 WIB, Sociedad tetap lolos ke 16 besar berkat keuntungan away goals.

Kemenangan juga menjadi milik Deportivo Alaves yang membantai tuan rumah Gimnastic Tarragona, klub kompetisi Segunda, dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan yang diselenggarakan di Nou Estadi de Tarragona.

Ketiga gol tim yang bermarkas di Vitoria-Gasteiz, Alava, Basque, dan ditukangi mantan bek tengah Timnas Argentina Mauricio Pellegrino tersebut dipersembahkan oleh Gaizka Toquero (15’ dan 52’) serta Christian Santos (63’).

Dengan kemenangan telak, bisa disebut satu kaki tim berjuluk El Glorioso telah di perdelapan final. Bahkan, kekalahan dengan selisih dua gol dalam leg kedua di kandang sendiri, Stadion de Mendizorroza di Vitoria-Gasteiz, pada Jumat (23/12/2016) pk. 02:00 WIB tidak menghadangnya ke babak 16 besar.

Hasil pertandingan lainnya, klub Divisi Primer La Liga Las Palmas dipaksa imbang oleh tuan rumah Huesca, klub Segunda, dengan skor 2-2 di Stadion El Alcoraz.

Las Palmas sempat unggul 2-0 berkat gol-gol dari Felix Asdrubal lewat titik penalti pada menit ke-11 dan Hernan Santana ketika babak kedua berjalan 8 menit, namun tuan rumah segera bangkit dan mampu menyarangkan dua gol balasan melalui kontribusi Juanjo Camacho (65’) dan Juan Aguilera (71’).

Meskipun hanya seri, bagi Las Palmas hasil itu relatif cukup menguntungkan, karena kemenangan tipis dengan selisih satu gol saja ketika menjamu Huesca di leg kedua di Stadion Gran Canaria di Kepulauan Canary di perairan wilayah barat Afrika, cukup membawanya lolos ke babak 16 besar.

Bahkan, kalau pun dalam leg kedua nanti Huesca mampu kembali memaksakan skor imbang, asalkan skornya 0-0 atau 1-1, Las Palmas masih lolos ke babak perdelapan final.

Berikut hasil lengkap pertandingan babak 32 besar Copa del Rey:

Leganes 1 vs Valencia 3

Alcorcon 1 vs Espanyol 1

Sporting Gijon 1 vs Eibar 2

Real Betis 1 vs Deportivo La Coruna 0

Toledo 0 vs Villarreal 3

Formentera 1 vs Sevilla 5

Real Madrid 6 vs Cultural Leonesa 1 (sudah dua leg, skor agregat 13-2 untuk Madrid)

Guijuelo 0 vs Atletico Madrid 6

UCAM Murcia 0 vs Celta Vigo 1

Cordoba 2 vs Malaga 0

Granada1 vs Osasuna 0

Hercules 1 vs Barcelona 1

Real Valladolid 1 vs Real Sociedad 3

Gimnastic Tarragona 0 vs Deportivo Alaves 3

Huesca 2 vs Las Palmas 2

Racing Santander 1 vs Athletic Bilbao 2.

Sumber : Soccerway

Tag : copa del rey, piala raja
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top