PRA PIALA DUNIA 2018: Chile Dapat Dua Angka dari FIFA

Juara Piala Amerika Chile mendapatkan dua angka tambahan di kualifikasi Piala Dunia tanpa perlu menendang bola pada Selasa (1/11/2016), ketika FIFA memutuskan lawan mereka Bolivia telah memainkan pemain tidak sah saat keduanya bermain imbang 0-0 pada bulan lalu.
Martin Sihombing | 02 November 2016 05:55 WIB
Para pemain Timnas Bolivia lesu setelah dihabisi 0-5 oleh Chile. Namun Bolivia tetap lolos ke 8 besar Copa America 2015 - Reuters/Henry Romero

Bisnis.com, ZURICH - Juara Piala Amerika Chile mendapatkan dua angka tambahan di kualifikasi Piala Dunia tanpa perlu menendang bola pada Selasa (1/11/2016), ketika FIFA memutuskan  lawan mereka Bolivia telah memainkan pemain tidak sah saat keduanya bermain imbang 0-0 pada bulan lalu.

Chile dihadihi kemenangan 3-0 setelah komite disiplin FIFA memutuskan bahwa Bolivia memainkan Nelson Cabrera ketika ia tidak dapat dimainkan.

Keputusan itu membawa mereka naik dari peringkat ketujuh ke peringkat kelima di grup Amerika Selatan, dan unggul selisih gol atas Argentina. Kedua tim memiliki 16 angka dari sepuluh pertandingan.

Empat tim teratas akan lolos langsung ke Piala Dunia 2018 di Rusia, dan tim peringkat kelima memainkan playoff melawan tim dari benua lain.

Peru, yang takluk 0-2 dari Bolivia di Lapaz pada September, juga mendapatkan kemenangan 3-0 setelah Cabrera juga dimainkan saat melawan mereka. Kemenangan itu akan menghidupkan kembali harapan mereka untuk tampil pertama kalinya di Piala Dunia sejak 1982.

Bolivia baru meraih empat angka dari sepuluh pertandingan, hanya unggul satu posisi dari juru kunci.

Brazil memimpin grup dengan 21 angka, disusul Uruguay (20), dan Ekuador serta Kolombia (17).

Peru, di peringkat ketujuh, mengoleksi 11 angka.

Peraturan-peraturan FIFA menyebutkan bahwa para pemain baru dapat bermain untuk negara yang mengadopsinya jika mereka tinggal dan bermain di sana selama lima tahun.

Cabrera, yang lahir di Paraguay, pindah ke Bolivia empat tahun silam untuk bermain bagi Bolivar.

Pekan lalu, kepala Federasi Sepak Bola Bolivia (FBF) Rolando Lopez, mengatakan bahwa peraturan-peraturan FIFA merupakan "kontradiksi" dan federasinya memahami bahwa periode itu adalah selama dua tahun.

Sumber : ANTARA/REUTERS

Tag : fifa, timnas chile
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top