Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil & Klasemen Liga Belanda: Feyenoord & Ajax Tinggalkan PSV

Juara bertahan PSV makin tercecer dari persaingan di Eredivisie Belanda setelah hanya seri 1-1 vs Heracles Almelo, sementara dua pesaing kuatnya, Feyenoord dan Ajax meraup poin penuh.
Pemain Ajax Amsterdam Davy Klaassen/Reuters
Pemain Ajax Amsterdam Davy Klaassen/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan PSV Eindhoven semakin tercecer dari persaingan di pentas Eredivisie Belanda setelah hanya bisa bermain seri 1-1 saat menjamu Heracles Almelo, sementara dua pesaing kuatnya, Feyenoord Rotterdam dan Ajax Amsterdam berhasil meraup poin penuh.

Dalam pertandingan di Stadion Phillips di Eindhoven, sebenarnya PSV menguasai penuh jalannya pertandingan dengan memiliki 63 persen pengendalian bola, namun dari 28 percobaan tembakan yang mereka lepaskan dan sembilan di antaranya tepat sasaran, hanya berbuah satu gol.

Tim besutan Phillip Cocu itu bahkan tertinggal lebih dulu dari Heracles akibat gol yang dicetak pada menit 39 oleh Samuel Armenteros memanfaatkan umpan kiriman dari Thomas Bruns.

Hanya 2 menit berselang tuan rumah menyamakan kedudukan dengan sepakan jarak dekat Gaston Pereiro memanfaatkan kemelut sepak pojok.

PSV terus melancarkan serangan, namun tak kurang dari enam penyelamatan dilakukan oleh penjaga gawang Bram Castro membuat gawang Heracles tak kebobolan lebih dari sekali dalam laga tersebut.

Sementara itu, Feyenoord berhasil meraih kemenangan dramatis saat melawan tuan rumah NEC Nijmegen dengan skor 2-1 di Stadion Goffert.

Tim besutan Giovanni van Bronckhorst itu tertinggal lebih dulu oleh gol cepat yang dicetak penyerang tuan rumah, Mohanmed Rayhi, pada saat pertandingan baru berjalan 8 menit.

Feyenoord berusaha segera menyamakan kedudukan namun upaya mereka tak langsung membuahkan hasil, termasuk sepakan kaki kiri Karim El Ahmadi pada menit 34 menyambut umpan kiriman Bilal Basacikoglu.

Sepakan jarak dekat Dirk Kuyt pada menit 79 juga masih berhasil diselamatkan oleh penjaga gawang Joris Delle, sedangkan bola tendangan pemain pengganti Steven Berghuis membentur mistar gawang sesaat berselang.

Feyenoord akhirnya sukses menyamakan kedudukan pada saat sontekan jarak dekat Nicolai Jorgensen berhasil mengirimkan bola ke dalam gawang pada menit 79.

Tim tamu terus membombardir pertahanan NEC di sisa waktu normal yang tersisa hingga akhirnya sebuah pelanggaran terhadap Terence Kongolo dilakukan oleh Quincy Owusu-Abeyie di menit pertama waktu tambahan.

Situasi tendangan bebas itu berhasil dimanfaatkan Michiel Kramer, yang baru masuk pada menit 70 menggantikan Jan-Arie van der Heijden, dengan sebuah tandukan jarak dekat yang tak mampu diantisipasi barisan pertahanan dan penjaga gawang NEC.

Kramer bahkan hampir menambah pundi-pundi golnya, jika saja tendangan kaki kanannya tak dihalau barisan pertahanan NEC di ujung laga.

Berkat hasil tersebut, Feyenoord menjaga catatan selalu menang yang mereka raih dalam sembilan laga yang telah dijalani. Feyenoord saat ini memuncaki klasemen dengan koleksi 27 poin.

Kemenangan juga menjadi milik Ajax, yang bersama Feyenoord dan PSV merupakan trio kekuatan tradisional sepak bola Belanda, dengan membekuk tuan rumah ADO Den Haag 2-0 di Stadion Kyocera.

Davy Klaassen dan Bertrand Traore menjadi pencetak gol kemenangan Ajax atas ADO dalam laga tersebut.

Klaassen membuka keunggulan Ajax pada menit 20 saat menyelesaikan umpan kiriman Lasse Schoene dengan dingin.

Semenit berselang Kasper Dolberg hampir menggandakan keunggulan Ajax saat tendangannya ditolak oleh mistar gawang.

Berbagai upaya Ajax untuk memperbesar keunggulan mereka tak kunjung menghasilkan hingga babak pertama usai.

Baru 7 menit selepas turun minum Ajax berhasil mengantongi gol kedua mereka di laga tersebut setelah Traore menyelesaikan umpan terobosan Amin Younes dengan sepakan kaki kirinya ke sudut tak terjangkau penjaga gawang Ernestas Setkus.

Hingga pertandingan usai, Ajax melepaskan tiga tembakan tepat sasaran lain dari Traore dan Dolberg namun ketiganya berhasil diselamatkan oleh Setkus.

Sementara ADO yang sempat memperoleh peluang untuk memperkecil ketertinggalan lewat tendangan kaki kiri Gervane Kastaneer pada pengujung pertandingan digagalkan penjaga gawang Andre Onana.

Berikut hasil lengkap matchday kesembilan Eredivisie Belanda yang berlangsung hingga Minggu tengah malam WIB (16/10/2016):

Sparta Rotterdam 2 vs Willem II Tilburg 2

Utrecht 3 vs Go Ahead Eagles 0

PSV Eindhoven 1 vs Heracles Almelo 1

AZ Alkmaar 2 vs Vitesse Arnhem 2

Groningen 0 vs SC Heerenveen 3

Twente Enschede 2 vs PEC Zwolle 2

Excelsior 0 vs Roda JC Kerkrade 1

NEC Nijmegen 1 vs Feyenoord Rotterdam 2

ADO Den Haag 0 vs Ajax Amsterdam 2.

Klasemen sementara Eredivisie (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

Feyenoord Rotterdam

9

9

0

0

25

3

22

27

Ajax Amsterdam

9

7

1

1

22

8

14

22

SC Heerenveen

9

5

3

1

19

8

11

18

PSV Eindhoven

9

5

3

1

16

5

11

18

AZ Alkmaar

9

4

4

1

15

9

6

16

Vitesse Arnhem

9

4

2

3

14

10

4

14

Twente Enschede

9

4

2

3

18

16

2

14

Sparta Rotterdam

9

3

3

3

12

12

0

12

Excelsior

9

3

1

5

11

16

-5

10

ADO Den Haag

9

3

1

5

11

17

-6

10

Utrecht

9

2

3

4

14

16

-2

9

NEC Nijmegen

9

2

3

4

7

14

-7

9

Heracles Almelo

9

1

5

3

8

11

-3

8

Go Ahead Eagles

9

2

2

5

9

16

-7

8

Willem II Tilburg

9

1

4

4

7

15

-8

7

Groningen

9

1

3

5

10

18

-8

6

Roda JC kerkrade

9

1

3

5

4

15

-11

6

PEC Zwolle

9

1

3

5

7

20

-13

6

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Eredivisie.nl, & Antara/Uefa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper