Hasil Liga Belanda: Cetak Gol 23 Detik, Tapi Akhirnya Ajax Kalah

Ajax Amsterdam kembali mendapat malu saat menjamu tamu di kandang sendiri, Amsterdam Arena, dalam pekan ketiga Eredivisie Belanda.
M. Syahran W. Lubis | 21 Agustus 2016 08:36 WIB
Davy Klaassen setelah mencetak gol Ajax ke gawang Willem II ketika pertandingan baru berjalan 23 detik - ANP

Bisnis.com, JAKARTA - Ajax Amsterdam, yang selama ini dianggap sebagai salah satu dari tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda, kembali mendapat malu saat menjamu tamu di kandang sendiri, Amsterdam Arena, dalam pekan ketiga Eredivisie Belanda.

Menghadapi Willem II Tilburg, yang musim lalu nyaris terdegradasi dan akhirnya hanya finis di posisi 16 dari 18 peserta, Ajax menelan kekalahan di hadapan sekitar 45.000 pendukungnya dengan skor tipis 1-2.

Sempat seperti akan menang besar setelah Davy Klaassen mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 23 detik, akhirnya skuat asuhan mantan gelandang Timnas Belanda Peter Bosz menyerah lantaran tim tamu mampu melesakkan dua gol dalam waktu hanya 3 menit.

Erik Falkenburg memberi gol penyeimbang pada menit ke-28 dengan memaksimalkan assist Bruno Andrade dan Fran Sol menyegel kemenangan untuk tim tamu pada menit ke-31 dengan memanfaatkan umpan Thom Haye.

Ini merupakan kegagalan kedua Ajax meraih poin penuh di hadapan pendukungnya sendiri di ajang Eredivisie setelah pekan lalu ditahan seri 2-2 oleh Roda JC Kerkrade.

Makin parah lagi, jika dihitung dengan hasil kualifikasi Liga Champions Eropa pertengahan pekan lalu, Ajax juga seri 1-1 melawan klub Rusia Rostov. Dengan demikian, sudah tiga laga beruntun Ajax gagal menang di Amsterdam Arena.

Dengan kekalahan ini, Ajax makin sulit untuk tampil sebagai pesaing ketat bagi juara bertahan PSV Eindhoven sebagaimana dua musim terakhir. Apalagi PSV dalam laga lainnya mencatat kemenangan telak 4-0 di kandang PEC Zwolle, yang justru memiliki catatatn terakhir jauh lebih baik dari Willem II.

Dalam pertandingan yang digeber di Stadion Mac³Park di Zwolle, keempat gol tim tamu, yang juga salah satu kekuatan tradisional sepak bola Belanda, ditorehkan oleh Nicolas Isimat-Mirin (22’), Jorrit Hendrix, Luuk de Jong (86’), dan Steven Bergwijn (89’).

Satu kekuatan tradisional sepak bola Belanda lainnya, Fejenoord Rotterdam akan bertarung melawan tuan rumah Heracles Almelo, Jika menang, Fejenoord akan terus bersaing ketat dengan PSV dan kedua tim itu semakin meninggalkan Ajax yang tercecer di belakang.

Berikut hasil lengkap pekan ketiga Eredivisie Belanda hingga Minggu pagi WIB (21/8/2016):

Excelsior 1 vs ADO Den Haag 2

Roda JC Kerkrade 0 vs Vitesse Arnhem 1

Ajax Amsterdam 1 vs Willem II Tilburg 2

PEC Zwolle 0 vs PSV Eindhoven 4

NEC Nijmegen 2 vs SC Heerenveen 1

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 21 Agustus:

17:30   Groningen vs Twente Enschede

19:30   Utrecht vs AZ Alkmaar

19:30   Sparta Rotterdam vs Go Ahead Eagles

21:45   Heracles Almelo vs Fejenoord Rotterdam.

Sumber : Reuters

Tag : psv eindhoven, ajax, liga belanda, eredivisie, Fejenoord
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top