Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Properti Rp68 Miliar Dibekukan, Figueredo Setuju Diekstradisi ke Uruguay

Mantan Wakil Presiden FIFA Eugenio Figueredo setuju diekstradisi dari Swiss ke kampung halamannya Uruguay, di mana dia menghadapi dakwaan korupsi.
Eugenio Figueredo/Reuters-Jorge Adorno
Eugenio Figueredo/Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Eugenio Figueredo setuju diekstradisi dari Swiss ke kampung halamannya Uruguay, di mana dia menghadapi dakwaan korupsi, demikian diungkapkan Kementerian Kehakiman Swiss (FOJ).

Namun ekstradisi itu bisa ditentang AS, yang pada Mei lalu menuding Figueredo dalam penyelidikan mereka terhadap gratifikasi di level atas sepak bola dunia yang berlangsung dalam hitungan dasawarsa. FOJ pada Rabu waktu setempat (11/11/2015) menyetujui ekstradisi Figueredo ke AS dan Uruguay.

"Akan menjadi kewenangan otoritas AS untuk setuju atau tidak untuk memberi prioritas kepada Uruguay. Jika otoritas-otoritas AS tidak setuju, masalah ini akan ditentukan FOJ," kata juru bicara FOJ Folco Galli.

Figueredo, 83 tahun, yang juga merupakan mantan wakil presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), didakwa Departemen Kehakiman AS dengan tuduhan menggunakan pengaruhnya untuk mengumpulkan uang suap bernilai jutaan dolar dari perusahaan-perusahaan pemasaran olahraga.

Dia merupakan salah satu dari tujuh ofisial FIFA yang ditangkap pada Mei di hotel mewah di Zurich oleh otoritas-otoritas Swiss, yang bertindak atas dasar dakwaan-dakwaan AS, penangkapan-penangkapan itu memulai badai besar terhadap badan sepak bola dunia.

Ketika Figueredo ditahan di Swiss, otoritas Uruguay meluncurkan investigasi terpisah dan telah mendakwanya menyalahgunakan kantornya. Figueredo terus berjuang menentang ekstradisi ke AS, demikian ditulis Antara mengutip AFP.

Sementara itu Reuters melaporkan bahwa otoritas Uruguay sebelumnya telah membekukan aset-aset Figueredo. Sedikutnya sembilan properti di Uruguay milik Figueredo, yang sempat pula memimpin Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF) pada 1997 hingga 2006, telah disita.

Satu sumber memerinci lima di antara sembilan properti milik Figueredo itu berlokasi di Montevideo, Uruguay, dan empat lainnya berada di kawasan resor mewah Punta del Este.

Menurut El Observador, total nilai properti yang dibekukan itu mencapai sedikutnya 5 juta dolar AS atau sekitar Rp68 miliar dan sebagian di antaranya diatasnamakan ke istrinya dan perusahaan miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper