Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KLASEMEN & HASIL LIGA CHAMPIONS 30 SEPTEMBER: Barcelona vs Leverkusen 2-1, Porto vs Chelsea 2-1, Arsenal vs Olympiakos 2-3

HASIL LIGA CHAMPIONS 2015: Barcelona vs Leverkusen, Porto vs Chelsea, Arsenal vs Olympiakos
Bola yang digunakan di final Liga Champions 2014/ilustras-uefa
Bola yang digunakan di final Liga Champions 2014/ilustras-uefa

Bisnis.com, JAKARTA – Berikut ini klasemen dan hasil lengkap laga match day kedua babak penyisihan grup Liga Champions, Rabu dini hari 30 September:

Grup E
BATE Borisov 3 - AS Roma 2 (Igor Stasevich 8', Filip Mladenovic 12', 30'; Gervinho 66', Vasilis Torosidis 82')
Barcelona 2 - Bayer Leverkusen 1 (Sergi Roberto 80', Luis Suarez 82'; Kyriakos Papadopoulos 22')

Klub

P

Poin

FC Barcelona

2

4

Bayer 04 Leverkusen

2

3

FC BATE Borisov

2

3

AS Roma

2

1

Grup F
Arsenal 2 - Olympiakos 3 (Theo Walcott 35', Alexis Sanchez 65'; Felipe Pardo 33', David Ospina 40'-BD, Alfred Finnbogason 66')
Bayern Muenchen 5 - Dinamo Zagreb 0 (Douglas Costa 13', Robert Lewandowski 22', 28', 55', Mario Goetze 25')

Klub

P

Poin

FC Bayern München

2

6

Olympiacos FC

2

3

GNK Dinamo Zagreb

2

3

Arsenal FC

2

0

Grup G
FC Porto 2 - Chelsea 1 (Andre Andre 39', Maicon 52'; Willian 45+2')
Maccabi Tel Aviv 0 - 2 Dynamo Kiev (Andriy Yarmolenko 4', Junior Morales 50')

Klub

M

Poin

FC Dynamo Kyiv

2

4

FC Porto

2

4

Chelsea FC

2

3

Maccabi Tel-Aviv FC

2

0

Grup H
Olympique Lyon 0 - 1 Valencia (Sofiane Feghouli 42')
Zenit St. Petersburg 2 - KAA Gent 1 (Artem Dzyuba 35', Oleg Shatov 67'; Thomas Matton 56')

Klub

M

Poin

FC Zenit

2

6

Valencia CF

2

3

KAA Gent

2

1

Olympique Lyonnais

2

1

PORTO VS CHELSEA

Jawara Portugal, FC Porto, berhasil menundukkan jawara Inggris, Chelsea, dengan skor 2-1 dalam lanjutan pekan kedua penyisihan Grup G Liga Champions di Estadio do Dragao, Rabu dini hari WIB.

Gelandang Andre Andre dan pemain bertahan Maicon mencetak dua gol kemenangan Porto, sementara Chelsea membalas melalui Willian.

Pelatih Jose Mourinho seolah menyepelekan mantan klubnya dengan tidak memasang pemain andalan Chelsea, Eden Hazard, sejak awal laga.

Pun demikian, Chelsea cukup menguasai jalannya pertandingan, hanya saja sebagian besar serangan mereka tumpul dan tak banyak merepotkan penjaga gawang Iker Casillas.

Di sisi lain tuan rumah justru tampil cukup solid dan efektif dengan mengandalkan tusukan Yacine Brahimi dan ketangguhan Giannelli Imbula di lini tengah.

Hasilnya, pada menit 39 Brahimi melakukan akselerasi dari sisi kanan pertahanan Chelsea merangsek ke dalam kotak penalti Chelsea dan melepaskan tendangan yang tajam namun sempat diantisipasi oleh penjaga gawang Asmir Begovic.

Akan tetapi bola antisipasi Begovic justru mengarah ke Andre yang dengan sigap melepaskan voli terarah untuk membawa timnya unggul 1-0 atas Chelsea.

Porto seolah akan menutup babak pertama dengan keunggulan, namun dalam serangan terakhir Ramires dilanggar oleh Danilo Pereira di tepian kotak penalti.

Kesempatan tendangan bebas dieksekusi dengan baik oleh Willian yang membuat Iker Casillas mati langkah gagal bereaksi dan kedudukan berubah sama kuat 1-1 saat turun minum.

Usai rehat Porto justru lebih banyak mengambil inisiatif serangan, dan tujuh menit memasuki babak kedua mereka kembali meraih keunggulan lewat sundulan Maicon yang menyambut bola sepak pojok Ruben Neves.

Maicon yang dikawal Ramires berhasil melepaskan diri dan menyambut bola rendah dengan kepalanya untuk membawa Porto unggul 2-1 di menit 52.

Usai gol tersebut Chelsea bernafsu membalas, namun bola tendangan Diego Costa pada menit 54 yang sempat mengecoh Casillas masih ditolak oleh mistar gawang.

Nafsu menyerang Chelsea rupanya tak diimbangi pertahanan yang solid, sebuah kemelut di depan gawang Begovic terjadi pada menit 56 namun Kurt Zouma menjadi penyelamat dengan halauan kepalanya saat Vincent Aboubakar hampir melepaskan percobaan tembakan.

Keadaaan tertinggal memaksa Mourinho menurunkan Hazard menggantikan John Obi Mikel, dan pemain Belgia itu hampir saja segera memperlihatkan tajinya saat menerima umpan cungkil dari Diego Costa namun tendangannya masih menyamping.

Di sisi lain, tuan rumah tak kehabisan kepercayaan diri untuk menimbulkan kekacauan di wilayah pertahanan Chelsea, sayang tendangan Imbula pada menit 72 dan Brahimi menit 74 masih bisa dihalau Begovic.

Menit 82, giliran Danilo yang mengancam gawang Chelsea saat menyambut bola sepak pojok, meski tandukannya hanya menghantam tiang gawang sebelum ditinju oleh Begovic.

Chelsea sendiri kesulitan membongkar pertahanan Porto sehingga harus menerima hasil 2-1 untuk kemenangan tuan rumah saat laga usai.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut.

FC Porto (4-4-1-1): Iker Casillas (PG); Maxi Pereira, Maicon, Marcano, Martins Indi; Andre Andre (Miguel Layun), Danilo Pereira, Ruben Neves (Evandro Goebel), Giannelli Imbula; Yacine Brahimi (Pablo Osvaldo); Vincent Aboubakar
Pelatih: Julen Lopetegui

Chelsea (4-2-3-1): Asmir Begovic (PG); Branislav Ivanovic, Kurt Zouma, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta; John Obi Mikel (Eden Hazard), Cesc Fabregas; Ramires (Nemanja Matic), Willian, Pedro Rodriguez (Kenedy); Diego Costa
Pelatih: Jose Mourinho

BARCELONA VS BAYERN LEVERKUSEN

Juara bertahan Barcelona berhasil membalikkan keadaan dan mengatasi tim tamu Bayer Leverkusen dengan skor akhir 2-1 dalam laga lanjutan pekan kedua penyisihan Grup E Liga Champions di Nou Camp, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Barcelona diperoleh setelah Sergi Roberto dan Luis Suarez masing-masing mencetak gol pada menit 80 dan 82 guna mengubur keunggulan Leverkusen yang sempat diperoleh melalui Kyriakos Papadopoulos pada menit 22.

Pergantian pemain yang tepat, menjadi kunci keberhasilan Barcelona meraih tiga poin penuh, ketiga pemain yang baru merumput di paruh kedua, Jordi Alba, Sergi Roberto dan Munir El Haddadi, berperan penuh atas dua gol kemenangan Barcelona.

Barcelona, yang tampil tanpa sang bintang Lionel Messi seolah kesulitan menemukan permainan terbaiknya dan banyak tertekan permainan efektif Leverkusen yang ditopang poros ganda Lars Bender dan Christoph Kramer di lini tengah.

Tim tamu memperoleh keunggulan saat Papadopoulos menanduk bola sepak pojok yang dikirimkan Hakan Calhanoglu, mengalahkan pemain belakang Barcelona Jeremy Mathieu dalam prosesnya.

Gol tersebut sempat memicu amarah penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen atas Luis Suarez yang terkesan tidak menjaga posisinya dengan baik, padahal penjaga gawang Jerman itu juga tak cukup baik mengantisipasi datangnya bola.

Leverkusen hampir menggandakan keunggulan saat Karim Bellarabi menyisir dari sisi kanan pertahanan Barcelona dan melepaskan tendangan pada menit 36 yang untungnya masih bisa diantisipasi Ter Stegen.

Tiga menit berselang, Barcelona hampir menyamakan kedudukan, namun upaya Neymar masih ditolak oleh tiang gawang dan sepakan Sandro menyambut bola muntah masih bisa dihadang oleh Papadopoulos di hadapan gawang.

Kedudukan 1-0 untuk tim tamu masih bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Barcelona mulai lebih menguasai permainan, namun upaya mereka tak kunjung membuahkan hasil, hingga pelatih Luis Enrique secara berturut-turut melakukan pergantian memasukkan Alba untuk Andres Iniesta pada menit 60, Munir  untuk Sandro pada menit 63 dan Sergi Roberto untuk Ivan Rakitic pada menit 72.

Hasilnya, ketiga pemain tersebut berperan penuh atas terciptanya gol pertama saat Alba melepaskan umpan yang berhasil disambut Munir dengan tendangan ke arah gawang, bola yang diantisipasi tak sempurna oleh penjaga gawang Bernd Leno segera disambar Sergi Roberto untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 80.

Momentum positif itu berlanjut saat dua menit berselang Munir menghindari kawalan Kramer di sisi kanan dan berhasil melepaskan umpan ke kaki Suarez yang diselesaikan sempurna oleh mantan penyerang Liverpool itu untuk membawa timnya berbalik unggul 2-1.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu; Ivan Rakitic (Sergi Roberto), Sergio Busquets, Andres Iniesta (Jordi Alba); Sandro Ramirez (Munir El Haddadi), Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Bernd Leno (PG); Giulio Donati (Roberto Hilbert), Jonathan Teh, Kyriakos Papadopoulos, Wendell; Lars Bender, Christoph Kramer; Kevin Kampl, Hakan Calhanoglu, Karim Bellarabi (Julian Brandt); Javier Hernandez (Stefan Kiessling)
Pelatih: Roger Schmidt (Antara/Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara/Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper