Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL PIALA DUNIA U-20: Brasil & Jerman Lolos ke 16 Besar

Brasil dan Jerman memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 di Selandia Baru setekah mencatat kemenangan kedua dalam pertandingan yang berlangsung pada Kamis (5/6/2015).
Timnas Brasil U-20/Reuters-Jorge Adorno
Timnas Brasil U-20/Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, JAKARTA - Brasil dan Jerman memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 di Selandia Baru setekah mencatat kemenangan kedua dalam pertandingan yang berlangsung pada Kamis (5/6/2015).

Brasil lolos sebagai salah satu wakil dari Grup E ke babak 16 besar setelah mencatat kemenangan kedua dengan menaklukkan Hongaria dengan skor tipis 2-1.

Striker Hongaria Bence Mervo membuka skor terlebih dulu ketika pertandingan baru memasuki menit ke-8, namun 8 menit kemudian jalannya pertandingan mulai menjadi milik Brasil setelah bek Krisztian Tamas terkena dua kartu kuning hanya dalam rentang waktu 4 menit sehingga harus meninggalkan lapangan.

Namun tetap tak mudah bagi Brasil menaklukkan Hongaria. Baru pada babak kedua Brasil bisa mencetak gol balasan dan kemudian bahkan gol kemenangan baru muncul pada menit-menit akhir. Itu pun lebih kepada buah strategi jitu pelatih Rogerio Micale yang memasukkan pemain sayap Andreas Pereira sejak awal babak kedua menggantikan Marcos Guilherme ketimbang keunggulan jumlah pemain.

Daniola Barbosa baru bisa mencetak gol balasan ketika babak kedua berlangsung 5 menit, bahkan kemenangan Brasil baru ditentukan 5 menit menjelang laga usai lewat titik penalti oleh Andreas Pereira, yang juga memberi assist untuk gol pertama.

Ini kemenangan kedua bagi skuat Samba muda dan meloloskan mereka ke babak 16 besar. Pada pertandingan sebelumnya Brasil menang 4-2 atas Nigeria.

Dalam pertandingan Grup E lainnya, Nigeria menghajar Korea Utara dengan skor telak 4-0. Ini kekalahan kedua bagi Korut dan membuat wakil Asia ini dalam posisi hampir tersingkir.

Hingga akhir babak pertama, Korut masih bisa mengimbangi Nigeria 0-0. Namun, begitu memasuki babak kedua, Nigeria langsung menghabisi Korut. Keempat gol Nigeria dihasilkan oleh Saviour Godwin (48’, 51’), Kingsley Sokari (71’), dan Success Isaac (80’).

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Brasil memimpin klasemen sementara dengan nilai 6, diikuti Hongaria dan Nigeria dengan masing-masing nilai 3, dan Korut di dasar klasemen nihil nilai.

Secara matematis Korut masih bisa lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik, namun syaratnya sangat berat yaitu menaklukkan Brasil dengan skor telak pada matchday ketiga, mengingat selisih gol saat ini yang sangat buruk yakni 1-9 (-8) serta pada saat bersamaan salah satu dari Hongaria atau Nigeria ada yang menang dengan skor telak pula.

Sementara itu di Grup F, di luar dugaan wakil Oseania Fiji, yang dianggap paling lemah dalam kejuaraan ini, menaklukkan Honduras dengan skor telak 3-0. Padahal dalam pertandingan pertama Fiji dibantai Jerman 1-8 dan Honduras justru mengalahkan Uzbekistan 4-3.

Seluruh gol terjadi pada babak pertama melalui Iosefo Verevou (14’), Saula Waqa (19’), dan bunuh diri pemain Honduras Kevin Alvarez (45’).

Dalam pertandingan lainnya, Jerman menang telak juga dengan skor 3-0 atas Uzbekistan sekaligus memastikan lolos ke 16 besar. Ketiga gol Jerman dicetak Karc Stendera (33’, 85’) dan Kevin Akpoguma (59’).

Dengan demikian di Grup F Jerman memimpin klasemen sementara dengan nilai 6, diikuti Honduras dan Fiji dengan nilai 3, dan urutan terbawah Uzbekistan tanpa nilai.

Uzbekistan juga rentan tersingkir. Uzbekistan masih bisa lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik, asalkan mampu mengalahkan Fiji pada matchday ketiga dan itu pun harus dengan skor setelak mungkin agar menang selisih gol ketika diadu dengan peringkat ketiga dengan setidaknya dua grup lain.

Sebanyak 24 tim peserta Piala Dunia U-20 dibagi menjadi enam grup. Dua tim teratas dalam klasemen akhir fase grup langsung lolos ke 16 besar yang akan dilengkapi dengan empat tim terbaik di antara enam tim yang mengakhiri fase grup di peringkat ketiga.

Berikut hasil dan jadwal pertandingan fase grup Piala Dunia U-20 edisi 2015 (dalam WIB):

GRUP A:

Sabtu, 30 Mei:

Selandia Baru 0 vs Ukraina 0

AS 2 vs Myanmar 1

Selasa, 2 Juni:

Myanmar 0 vs Ukraina 6

Selandia Baru 0 vs AS 4

Jumat, 5 Juni:

14:00   Myanmar vs Selandia Baru

14:00   Ukraina vs AS

GRUP B:

Sabtu, 30 Mei:

Argentina 2 vs Panama 2

Ghana 1 vs Austria 1

Selasa, 2 Juni:

Austria 2 vs Panama 1

Argentina 2 vs Ghana 3

Jumat, 5 Juni:

11:00   Austria vs Argentina

11:00   Panama vs Ghana

GRUP C:

Minggu, 31 Mei:

Qatar 0 vs Kolombia 1

Portugal 3 vs Senegal 0

Rabu, 3 Juni:

Qatar 0 vs Portugal 4

Senegal 1 vs Kolombia 1

Sabtu, 6 Juni:

08:00   Kolombia vs Portugal

08:00   Senegal vs Qatar

GRUP D:

Minggu, 31 Mei:

Meksiko 0 vs Mali 2

Uruguay 1 vs Serbia 0

Rabu, 3 Juni:

Meksiko 2 vs Uruguay 1

Serbia 2 vs Mali 0

Sabtu, 6 Juni:

11:00   Serbia vs Meksiko

11:00   Mali vs Uruguay

GRUP E:

Senin, 1 Juni:

Nigeria 2 vs Brasil 4

Korea Utara 1 vs Hongaria 5

Kamis, 4 Juni:

Nigeria 4 vs Korea Utara 0

Hongaria 1 vs Brasil 2

Minggu, 7 Juni:

12:00   Brasil vs Korea Utara

12:00   Hongaria vs Nigeria

GRUP F:

Senin, 1 Juni:

Jerman 8 vs Fiji 1

Uzbekistan 3 vs Honduras 4

Kamis, 4 Juni:

Honduras 0 vs Fiji 3

Jerman 3 vs Uzbekistan 0

Minggu, 7 Juni:

09:00   Honduras vs Jerman

09:00   Fiji vs Uzbekistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper