Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

COPA AMERICA 2015: Meksiko Tinggalkan Sejumlah Pemain Pilar Demi Gold Cup

Timnas Meksiko telah menetapkan nama-nama yang akan bermain untuk Copa America 2015 pada 11 Juni-4 Juli di Chile, dengan pelatih Miguel Herrera meninggalkan striker Real Madrid Javier Chicharito Hernandez karena diprioritaskan ke Piala Emas (Gold Cup) Concacaf pada 7-27 Juli.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Mei 2015  |  11:31 WIB
COPA AMERICA 2015: Meksiko Tinggalkan Sejumlah Pemain Pilar Demi Gold Cup
Javier Hernandez - Reuters/Susana Vera

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Meksiko telah menetapkan nama-nama yang akan bermain untuk Copa America 2015 pada 11 Juni-4 Juli di Chile, dengan pelatih Miguel Herrera meninggalkan striker Real Madrid Javier ‘Chicharito’ Hernandez karena diprioritaskan ke Piala Emas (Gold Cup) Concacaf pada 7-27 Juli.

Pemilihan pemain itu terpaksa dilakukan oleh Herrera, karena Meksiko yang sejatinya adalah anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) sejak 1992 juga selalu ikut Copa America yang sebenarnya merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) sebagai tim tamu.

Bahkan, begitu konsistennya Meksiko sebagai tim tamu dalam Copa America, sehingga Chicharito dan kawan-kawan sudah seperti bagian dari Conmebol, bahkan juga ikut dalam turnamen antarklub Amerika Selatan yaitu Copa Libertadores, selain juga tetap terlibat dalam turnamen antarklub Liga Champions Concacaf sendiri.

Persoalannya, untuk tahun ini pelaksanaan Gold Cup, turnamen antarnegara anggota Concacaf, di Amerika Serikat dan Kanada waktunya sangat berdekatan dengan Copa America, sehingga Meksiko pun harus memilah-milah pemain agar tidak kehabisan tenaga justru pada saat mengikuti turnamen milik sendiri di zona Concacaf.

Meksiko merupakan tim nasional terbanyak menjuarai Gold Cup yakni 9 kali sejak turnamen tersebut pertama kali dimulai pada 1963. Meksiko juara pertama kali pada 1965.

Berbeda dengan di Gold Cup di mana Meksiko begitu berkuasa, di Copa America Meksiko tidak satu kali pun mampu meraih gelar terhormat itu mengingat lawan-lawan yang jauh lebih berat seperti Argentina, Brasil, ataupun Uruguay.

Selain meninggalkan Chicharito, sejumlah pemain yang selama ini menjadi pilar Timnas Meksiko juga tidak disertakan ke Chile. Mereka di antaranya Andres Guardado (PSV Eindhoven), Hector Herrera dan Diego Reyes (Porto), serta dua bersaudara yang main untuk Villarreal Giovani Dos Santos dan Jonathan Dos Santos.

Keputusan pelatih Herrera untuk meninggalkan sejumlah pemain penting saat berangkat ke Chile juga disebabkan pemenang Gold Cup Concacaf edisi 2015 akan beradu dengan Amerika Serikat sebagai pemenang Gold Cup 2013 untuk satu tempat di Piala Konfederasi 2017 di Rusia.

Berikut Timnas Meksiko untuk Copa America di Chile:

Penjaga gawang: Jesus Corona (Cruz Azul), Edgar Meliton Hernandez (Veracruz), Alfredo Talavera (Toluca).

Belakang: Rafael Marquez (Hellas Verona), Gerardo Flores (Cruz Azul), Julio Cesar Dominguez (Cruz Azul), Adrian Aldrete (Santos Laguna), Hugo Ayala (Tigres UANL), George Corral (Queretaro), Efrain Velarde (Monterrey), Carlos Salcedo (Guadalajara), Luis Fuentes (Pumas UNAM).

Tengah: Mario Osuna (Queretaro), Javier Guemez (Tijuana), Juan Carlos Medina (Atlas), Marco Fabian (Guadalajara), Miguel Herrera Equihua (Pachuca), Javier Aquino (Rayo Vallecano).

depan: Raul Jimenez (Atlético Madrid), Eduardo Herrera (Pumas UNAM), Matias Vuoso (Jaguares Chiapas), Enrique Esqueda (Tigres UANL), Jesus Corona (Twente).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gold cup copa america timnas meksiko

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top