Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Rivalitas Sengit Ronaldo vs Messi & Barcelona vs Madrid

Perempat final Liga Champions ternyata bukan hanya persaingan antar pemain dan antar delapan tim menuju semi final. Mereka, secara diam-diam, juga berlomba untuk mencatat rekor terbaru sekaligus mengungguli pemegang rekor selama ini, baik pemain maupun klub.
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi/Sportreview
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi/Sportreview

Bisnis.com, JAKARTA - Perempat final Liga Champions ternyata bukan hanya persaingan antar pemain dan antar delapan tim menuju semi final. Mereka, secara diam-diam, juga berlomba untuk mencatat rekor terbaru sekaligus mengungguli pemegang rekor selama ini, baik pemain maupun klub.

Perempat final ini menghadirkan delapan tim Barcelona, Real madrid, Atletico Madrid, Manchester United, Chelsea, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan PSG.

Berikut data dan fakta setelah leg pertama perempat final Liga Champions 2014:

Dua pemain masing-masing Cristiano Ronaldo (Real Madrid )dan Frank Lampard (Chelsea FC) membuat penampilan ke-100 di Liga Champions mereka saat tampil di leg pertama perempat  final, Selasa (1/4/2014). Mereka menjadi pemain ke-20 dan ke-21 untuk mencapai angka itu. Pasangan ini juga membuat debut mereka pada malam yang sama, 16 September 2003.

• Lampard menjadi pemain ke-12 untuk mencapai the century dengan klub tunggal dan yang pertama untuk  Chelsea.

Penampilan ke-100 Ronaldo  telah dibagi antara Manchester United FC (52 pertandingan) dan Madrid (48). Dia berada di jalur untuk menjadi pemain yang pertama  bermain untuk 50 pertandingan di UEFA Champions League masing-masing untuk dua klub.

• Tidak akan ada pemain baru lainnya pada musim ini yang dekat untuk  mencapai   rekor  yang tetap dalam kompetisi - dengan maksimum empat pertandingan tersisa -  mereka adalah FC Barcelona Andrés Iniesta dan Chelsea John Terry , keduanya sudah 95 pertandingan. Rio Ferdinand ( Manchester United ) dan Xabi Alonso (Real Madrid ) masing-masing  tampil dalam 93 pertandingan dan 91.

• Tonggak penting lain yang didapat pada matchday kesembilan itu adalah  Franck Ribéry membuat penampilan ke-50 di UEFA Liga Champions, semua  untuk FC Bayern München.

Gol Ronaldo saat membawa kemenangan  3-0 Madrid melawan Borussia Dortmund adalah gol ke-14 di musim kompetisi  Liga Champions saat ini, menyamai angka tertinggi yang tercatat selama musim Piala Eropa tunggal , yang dipegang  oleh pemain AC Milan José Altafini pada 1962-1963 dan  pemain  Barcelona Lionel Messi pada 2011/12. Itu adalah penampilan ke-49 pemain asal Portugal  dalam kompetisi untuk Madrid dan ke-64 secara total - tiga pertandingan di belakang Messi dan tujuh terpaut dari rekor si penembak jitu Raúl González.

 

• Hasil imbang 1-1  Manchester United dengan Bayern ditandai sebagai penampilan ke-199 kedua klub di UEFA Liga Champions; dan mereka bisa menjadi  tim pertama yang bermain 200 pertandingan dalam kompetisi. Jika Real Madrid  pergi ke final, mereka akan bergabung dengan mereka pada angka itu.

• Pertandingan di Old Trafford juga merupakan pertandingan ke-99  Liga Champions yang digelar di stadion itu. Hanya satu tempat , San Siro , yang dimiliki bersama oleh AC Milan dan FC Internazionale Milano, yang telah menyelenggarakan lebih dari 100 pertandingan di kompetisi ( 131 ) .

• United dan Bayern sama-sama telah bermain 25 kali di perempat final UEFA Champions League,  Selasa (1/4/2014) - rekor turnamen. Barcelona dan Real Madrid masing-masing berada di posisi  dua terakhir - delapan pertandingan lebih sedikit.

Kemenangan 3-1  di kandang oeh Paris Saint - Germain atas Chelsea memungkinkan mereka untuk menyalip rekor AS Monaco FC sebagai klub Prancis dengan gol tertinggi - dalam rasio per -game  di kompetisi (1,811-1,795) . Hanya dua klub , Madrid ( 2,071 ) dan Barca ( 1,979 ) , memiliki angka lebih unggul dari duo klub Ligue 1 itu.

• Dengan 32 gol dalam sembilan pertandingan musim ini, Madrid siap untuk menjadi klub pencetak gol  tertinggi yang pernah ada - per -game rasio untuk satu musim di Liga Champions.  Mereka saat ini 'berdiri' di 3,56 dan 2,92  bersama-sama dengan Barcelona pada 2011/12 (kedua tim mencetak 35 gol dalam 12 pertandingan). Jumlah terbesar dari  gol yang dicetak dalam kompetisi  ini adalah Barca 45 pada  1999/2000 , ketika kompetisi menggunakan  penyisihan grup kedua dan Catalans memainkan total 16 pertandingan .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper