Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Liga Champions: Juve vs Barca, Basel vs MU, Sevilla vs Liverpool

Fase grup Liga Champions Eropa musim 2017-2018 segera memasuki matchday kelima, sebagai bagian dari perjuangan panjang selama setahun untuk menjadi kampiun.
Trofi Liga Champions/Reuters
Trofi Liga Champions/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Fase grup Liga Champions Eropa musim 2017-2018 segera memasuki matchday kelima, sebagai bagian dari perjuangan panjang selama setahun untuk menjadi kampiun yang akan berdiri di panggung kemenangan pada pertengahan 2018.

Sebanyak 32 tim akan mengeluarkan segenap daya mereka untuk meraih trofi kompetisi tertinggi antarklub negara-negara anggota Union of European Football Associations (UEFA).

Mereka dibagi menjadi delapan grup dengan setiap grup berisi empat tim. Setiap dua tim yang finis teratas berhak lolos ke babak 16 besar, sedangkan tim yang finis di posisi ketiga masuk ke 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Hingga matchday keempat, baru empat tim yang memastikan lolos ke fase knock out atau babak 16 besar yakni Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen (Grup B), Manchester City (F), dan Tottenham Hotspur (H).

Pada matchday kelima ini, sejumlah tim agaknya bakal menyusul lolos. Yang paling besar kemungkinannya ialah Manchester United dari Grup A. Kekalahan maksimal selisih dua gol darti Basel tetap akan meloloskan Setan Merah, setidaknya sebagai runner up.

Banyak yang beranggapan bahwa MU praktis telah lolos ke 16 besar. Namun, secara matematis sebenarnya MU masih bisa tersingkir.

Itu terjadi jika MU menelan kekalahan di dua laga terakhir versus Basel dan CSKA Moskwa dengan skor besar serta Basel dan CSKA menang dengan skor berapa pun atas Benfica.

Jika itu yang terjadi, nilai MU, CSKA, dan Basel sama-sama 12 dan bisa jadi MU kalah head to head, tergantung pada berapa besar kekalahan yang diderita Setan Merah. Hanya saja, pada kenyhataannya tentu sangat sulit bagi Basel dan CSKA untuk mengalahkan MU dengan skor telak.

Di sisi lain, CSKA Moskwa harus menang atas Benfica untuk memelihara asa lolos ke 16 besar. Begitu juga Basel, hanya kemenangan atas MU yang menjaga peluang melaju ke fase berikutnya.

Di Grup B, pertandingan Anderlecht versus Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Celtic tampaknya sekadar memenuhi jadwal yang telah dibuat, karena PSG dan Munchen telah dipastikan melaju.

Persaingan kini tertuju untuk menjadi juara grup agar di 16 besar bertemu dengan lawan dari grup lain yang berstatus runner up.

Justru keseruan akan terasa bagi dan Anderlecht dan Celtic, yang masih berharap setidaknya finis di posisi ketiga sehingga masuk 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kasta kedua setelah Liga Champions, yang juaranya akan tampil lagi di Liga Champions musim depan.

Di Grup C, Chelsea di ambang kelolosan. Menghadapi tuan rumah Qarabag, tak berlebihan jika disebut hanya keajaiban yang menghadang anak asuh Antonio Conte menuai angka sempurna.

Kemenangan akan memastikan The Blues lolos ke 16 besar apa pun hasil pertandingan lainnya di Madrid antara Atletico Madrid dan AS Roma.

Untuk laga di Madrid, hanya kemenangan atas Roma yang menjaga peluang Atletico untuk tetap bisa lolos setelah di empat laga awal hanya tiga kali seri dan satu kalah.

Sementara untuk Grup D, hasil seri di kandang Juventus akan meloloskan Barcelona ke fase knock out. Juve pun akann lolos dengan hasil seri itu apabila di laga lain Sporting Lisbon gagal memetik kemenangan atas tamunya Olympiakos.

Jika itu yang terjadi, nilai maksimal Sporting adalah sama 8 dengan Juventus jika di matchday terakhir nanti bisa menaklukkan Barcelona dan Juventus menyerah di markas Olympiakos. Namun Juventus dipastikan lolos sebagai runner up karena menang head to head atas Sporting.

Di Grup E, Sevilla akan jumpa Liverpool. Liverpool saat ini menghuni posisi teratas dengannnjilai n8, sedangkan Sevilla kedua dengan nilai 7.

Mengingat ancaman masih akan datang dari Spartak Moskwa dengan nilai 5 dan hanya menghadapi tim lemah Maribor, maka hanya kemenanganlah yang memastikan Liverpool atau Sevilla yang melaju ke 16 besar lewat laga pekan kelima ini.

Untuk Grup F, Shakhtar Donetsk cukup seri di kandang Napoli untuk mendampingi Manchester City ke babak selanjutnya. Jika Napoli yang menang dengan selisih dua gol, mereka berpeluang lolos sebagai runner up jika menang di Rotterdam melawan tuan rumah Feyenoord.

Sebaliknya, jika kalah di Napoli dengan selisih dua gol, Shakhtar akan menghadapi laga sulit kontra Manchester City di laga terakhir paling tidak untuk meraih satu angka untuk finis sebagai runner up.

Di Grup G, Besiktas cukup seri saat menjamu Porto di Istanbul, Turki, untuk finis sebagai juara grup. Hasil seri juga akan meloloskan Porto sebagai runner up grup jika di laga lain RB Leipzig takluk dari AS Monaco.

Dengan kondisi demikian, kalau pun Porto kalah dari Monaco dan Leipzig mengalahkan Besiktas di matchday keenam, nilai Porto dan Leipzig sama-sama 7 dan Porto menang head to head.

Untuk Grup H, juara bertahan Real Madrid layak diprediksi meremukkan Apoel sehingga meloloskan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan ke 16 besar mendampingi Tottenham Hotspur.

Berikut jadwal pertandingan matchday keempat (dalam WIB):

Grup A:

Kamis, 23 November:

00:00   CSKA Moskwa vs Benfica

02:45   Basel vs Manchester United

Grup B:

Kamis, 23 November:

02:45   Anderlecht vs Bayern Munchen

02:45   Paris Saint-Germain vs Celtic

Grup C:

Kamis, 23 November:

00:00   Qarabag vs Chelsea

02:45   Atletico Madrid vs AS Roma

Grup D:

Kamis, 23 November:

02:45   Juventus vs Barcelona

02:45   Sporting Lisbon vs Olympiakos Piraeus

Grup E:

Rabu, 22 November:

00:00   Spartak Moskwa vs Maribor

02:45   Sevilla vs Liverpool

Grup F:

Rabu, 22 November:

02:45   Manchester City vs Feyenoord Rotterdam

02:45   Napoli vs Shakhtar Donetsk

Grup G:

Rabu, 22 November:

00:00   Besiktas vs Porto

02:45   AS Monaco vs RB Leipzig

Grup H:

Rabu, 22 November:

02:45   Apoel vs Real Madrid

02:45   Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper