Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Kalah Lagi, Amerika Terancam Gagal ke Rusia

Timnas Amerika Serikat terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia 2 tahun mendatang setelah menelan kekalahan kedua dalam putaran akhir kualifikasi zona Concacaf.
Pelatih Timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann, anak asuhnya terancam gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia./Reuters-Enrique de la Osa
Pelatih Timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann, anak asuhnya terancam gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia./Reuters-Enrique de la Osa

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Amerika Serikat, langganan Piala Dunia sejak digelar pertama kali pada 1930 di Uruguay, terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia 2 tahun mendatang setelah menelan kekalahan kedua dalam putaran akhir babak kualifikasi zona Concacaf.

Dalam pertandingan matchday kedua putaran kelima atau terakhir Pra-Piala Dunia zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang diikuti enam tim, AS, yang ditukangi mantan pemain Timnas Jerman Barat Jurgen Klinsmann, menyerah dengan skor telak 0-4 dari tuan rumah Kosta Rika.

Bertarung di Stadion Nasional Kosta Rika di Kota San Jose pada Rabu pagi WIB (16/11/2016), kemenangan tuan rumah ditentukan oleh empat gol yang dilesakkan Johan Vanegas (43’), Christian Bolanos (69’), serta dua dari Joel Campbell pada menit 74 dan 77.

Hebatnya, Campbell, pemain kontestan Liga Primer Inggris Arsenal yang sedang dipinjamkan ke klub Portugal Sporting Lisbon, baru masuk lapangan pada menit ke-67 menggantikan Vanegas.

Ini kekalahan kedua AS dalam putaran akhir zona Concacaf setelah dalam pertandingan pertama di kandang sendiri di Stadion Mapfre di Ohio pada Sabtu pagi WIB (12/11/2016) menyerah 1-2 dari Meksiko.

Dalam pertandingan matchday kedua lainnya yang juga didugeber pada Rabu pagi WIB, tuan rumah Honduras menundukkan Trinidad-Tobago 3-0 dan Panama berbagi skor imbang tanpa gol dengan tamunya Meksiko.

Memang setiap tim baru dua memainkan dua dari total 10 pertandingan dalam putaran terakhir Pra-Piala Dunia 2018 zona Concacaf. Namun, kekalahan di dua pertandingan pertama ini harus dijadikan peringatan jika AS tak mau membuat kejutan jelek dengan gagal lolos ke Rusia 2018.

Hingga matchday kedua, komposisi klasemen sementara diisi Kosta Rika di peringkat teratas dengan nilai 6, diikuti Meksiko dan Panama masing-masing 4 angka, Honduras 3, serta Trinidad-Tobago dan AS di peringkat kelima dan keenam tanpa nilai.

Hanya tiga tim teratas di klasemen akhir yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, sedangkan peringkat keempat mesti bertarung play off dua leg kandang dan tandang melawan peringkat kelima Pra-Piala Dunia 2018 zona Asia.

Timnas AS, yang berjuluk Tha Yanks, telah 10 kali lolos ke putaran final Piala Dunia dengan prestasi terbaik peringkat ketiga edisi 1930 atau pertama kali yang digelar di Uruguay. Ketika itu AS menduduki posisi ketiga bersama Yugoslavia.

Kedua tim tersebut sama-sama nelena kekalahan dengan skor telak 1-6 dari lawannya masing-masing di pertandingan semifinal. AS kalah dari Argentina, sedangkan Yugoslavia kalh dari Uruguay yang kemudian tampil sebagai juara dunia pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper