Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenalan dengan Duke Kahanamoku, Orang yang Mempopulerkan Olahraga Surfing

Olahraga surfing pertama kali dikenalkan leh Duke Kahanamoku, simak profilnya berikut ini
Duke Kahanamoku/imdb
Duke Kahanamoku/imdb

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda kenal dengan olahraga surfing yang banyak digandrungi pecinta olahraga pantai, maka Anda seharusnya mengenal Duke Kahanamoku.

Duke Kahanamoku merupakan seorang perenang Olimpiade dan legenda dalam bidang surfing atau berselancar.

Pasalnya, panggilan “The Duke” dan “The Big Kahuna”, dia dianggap sebagai bapak berselancar sedunia, menurut Surfer Today.

Sejarah Hidup Duke Kahanamoku

Duke Kahanamoku lahir di Honolulu, Hawaii, tanggal 24 Agustus 1890. Berasal dari keluarga dengan kesulitan ekonomi, dia tidak lulus sekolah menengah dan harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Walaupun demikian, Duke memiliki kemampuan berenang yang hebat sejak kecil.

Duke mulai mengikuti berbagai kompetisi renang sampai akhirnya mencetak rekor dunia pada 1911, dimana dia mampu menyelesaikan renang gaya bebas sejauh 100 yard (91.44 meter) dalam waktu 4,6 detik.

Duke memenangkan medali emas dan perak pada Olimpiade Stockholm 1912, mewakili tim Amerika Serikat. Di sinilah popularitasnya meningkat.

Memperkenalkan Olahraga Berselancar ke Dunia

Berselancar adalah olahraga khas orang Hawaii, di mana mereka terkenal dengan kecintaannya terhadap air laut.

Menurut beberapa sumber, kebiasaan berselancar hampir hilang pada abad ke-19. Sejumlah misionaris melihat budaya ini sebagai hal yang dilakukan orang liar. Hanya segelintir warga lokal masih mempertahankan tradisi ini.

Duke tidak pernah melupakan olahraga tradisional dari kampung halamannya ini. Melansir American View, setelah memenangkan medali emas dan perak tahun 1912, dia kembali ke Honolulu untuk menyelenggarakan acara berselancar selama 3 minggu.

Selama acara ini, ribuan orang berkumpul untuk menonton Duke berselancar menggunakan papan selancar dari kayu. Bahkan, Matt Warshaw–pembuat “Encyclopedia of Surfing”--mengatakan bahwa setiap kali Duke berselancar, orang-orang selalu berkumpul untuk menontonnya.

Setahun kemudian, Duke membuat pameran selancar di tiga kota California. Warga Amerika Serikat begitu terpana melihat Duke berselancar–suatu olahraga yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Pada Desember 1914, Duke kembali melakukan pameran selancar di Sydney, Australia. Dia menjadi bintang utama di acara tersebut.

Karena Duke Kahanamoku, kegiatan berselancar kini mendunia dan menjadi identik dengan warga pesisir di California dan Australia.

Duke menjadi orang pertama yang masuk ke Surfing Hall of Fame dan Swimming Hall of Fame.

Kontribusi Duke Kahanamoku di Bidang Lain

Duke mengambil hati warga Amerika Serikat ketika tragedi kapal terbalik terjadi di Corona del Mar, California. Dia menyelamatkan 8 orang dari kapal tersebut hanya menggunakan papan selancarnya.

Tidak hanya itu, Duke juga berkontribusi besar terhadap pariwisata Hawaii. Bahkan, dia menjadi sheriff (kepala polisi daerah) Honolulu selama hampir 30 tahun.

Pada 1959, dia juga dinobatkan sebagai Ambassador of Aloha negara bagian Hawaii. Dia berperan sebagai penyambut orang-orang berpengaruh yang mengunjungi Hawaii, termasuk Ratu Elizabeth dan Charlie Chaplin.

Dalam masa tuanya, Duke pun muncul dalam beberapa film Hollywood.

Duke Kahanamoku berhenti berselancar pada usia 60 tahun, tetapi tetap berkegiatan di laut dengan olahraga berlayar. Dia meninggal tahun 1968–berusia 77 tahun–karena serangan jantung. Namun, peninggalannya sangat besar di bidang olahraga laut. (Ilma Rayhana)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper