Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Dito Buka Suara Terkait Gagalnya ANOC World Beach Games 2023 di Bali

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo buka suara terkait batalnya ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.
Menpora Dito Ariotedjo buka suara pembatalan ANOC World Beach Games 2023 di Bali/ANOC.
Menpora Dito Ariotedjo buka suara pembatalan ANOC World Beach Games 2023 di Bali/ANOC.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo buka suara terkait batalnya ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Dito selaku Menpora menyayangkan pembatalan ajang ini yang seharusnya berlangsung pada 5-12 Agustus mendatang.

"Mewakili pemerintah, Kemenpora sangat menyayangkan pembatalan event ini," kata Dito dalam keterangannya, Rabu (5/7/2023).

Dito menegaskan bahwa Indonesia selalu mendukung dan siap untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat internasional.

Hal ini sekaligus juga merespons alasan pembatalan yang dirilis ANOC yaitu LOC mengundurkan diri karena anggaran tidak dirilis pemerintah.

"Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional, baik olahraga maupun event lain dengan pembangunan infrastruktur dan SDM (Sumber Daya Manusia). Sejatinya event-event internasional mampu meningkatkan gairah ekonomi pascapandemi (Covid-19)," ujarnya.

Kemenpora, kata Dito, dalam hal menyusun perencanaan anggaran terus melakukan asistensi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan.

Hal ini dilakukan agar menghasilkan rencana anggaran yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

"Selain perencanaan memang ada beberapa isu lain yang muncul setelah batalnya Piala Dunia U-20. Tapi untuk kemampuan finansial, bisa dilihat pemerintah selalu siap untuk memberangkatkan kontingen multicabang dan juga tidak pernah terlambat dalam pemberian bonus atlet peraih medali," ucap Dito.

Sebelumnnya, Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) mengumumkan Indonesia membatalkan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 Bali.

"Dengan rasa terkejut dan kecewa, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan ANOC General Assembly pada Agustus 2023," kata ANOC seperti dilansir Antara, Rabu (5/7/2023).

Dengan keputusan Indonesia ini, ajang multicabang olahraga pantai yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus 2023 mendatang dibatalkan.

Pasalnya, keputusan pembatalan tuan rumah dinilai terlambat sehingga menyulitkan ANOC menemukan tuan rumah alternatif.

"Sehingga tidak ada pilihan selain membatalkan Olimpiade edisi tahun ini di Bali pada bulan Agustus serta ANOC General Assembly," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper