Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dito Ariotedjo Safari Bilateral ke Menpora Singapura dan Malaysia, Bahas Apa?

Selain Menpora Singapura, Dito pun mengaku bahwa selama di Kamboja dirinya juga sudah melakukan pertemuan dengan Menpora dari Negara tetangga lainnya.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo/Bisnis-Akbar
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo melakukan sejumlah kegiatan safari bilateral saat berada di perhelatan Sea Games ke-32, Kamboja.

Dalam ajang pesta olahraga Asia Tenggara itu, Dito Ariotedjo bertemu dengan Menpora Singapura Edwin Tong. Adapun, menurutnya pertemuan tersebut dilakukan guna menjalin hubungan berkaitan dengan kepemudaan dan keolahragaan.

“Singapura adalah salah satu Negara tetangga dengan Indonesia, paling dekat. Saya Menpora baru dan kita silaturahmi dan berkenalan,” katanya dalam rilis resmi, Senin (8/5/2023).

Pemuda berusia 32 tahun ini pun menjelaskan pertemuan di Kamboja ini sengaja dilakukan karena memang sama-sama dalam event Sea Games 2023. Oleh karenanya momen ini harus dimanfaatkan betul untuk menguatkan kolaborasi.

Selain Menpora Singapura, Dito pun mengaku bahwa selama di Kamboja dirinya juga sudah melakukan pertemuan dengan Menpora dari Negara tetangga lainnya, yaitu Kamboja, Myanmar, dan Malaysia.

Namun, dia melanjutkan pertemuan secara khusus itu dilakukan dengan Menpora Singapura dan Menpora Malaysia, sebab itu adalah Negara yang paling dekat dengan Indonesia.

Dito menyebut mengajak pihak Malaysia untuk melakukan kerja sama di sela-sela kegiatannya mengawal kontingen Indonesia pada ajang Sea Games 2023. Hal ini dia sampaikan saat bertemu dengan Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia Puan Hannah Yeoh.

Menariknya, tidak seperti pertemuan dengan menteri Singapura yang berada dalam agenda formal, tetapi Dito bertemu dengan Puan Hannah Yeoh dalam kondisi santai sembari menyantap durian.

"Selagi ada Sea Games di Kamboja, makanya kami ketemu Menpora Malaysia. Kami ya di sini lah [diskusi] dan ini lah gaya anak muda, sambil makan durian saja kami bisa berdiskusi,” imbuhnya.

Dito memerinci sejumlah pembahasan dengan Hannah adalah seputar pengembangan kepemudaan, keberagaman, dan lainnya. Menurutnya, selanjutnya program-program tersebut nantinya akan saling dikoordinasikan baik selama dan sesudah Sea Games 2023.

“Ya kami membahas potensi kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia. Banyak bicara mengenai youth development, pengembangan pemuda. Jadi nanti akan ada saling kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia, ya semoga nanti dalam waktu dekat bisa direalisasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dito juga angkat bicara terkait dengan persaingan Indonesia dan Malaysia pada ajang Sea Games 2023 Kamboja, dimana dirinya menegaskan persaingan dalam berebut prestasi berlangsung sangat sportif.

“Walaupun ada pertandingan di Sea Games, ini berjalan dengan kompetitif. Meski demikian hubungan Indonesia Malaysia sangat baik, terjalin dengan erat. Artinya di sini ya kami sama-sama saling belajar antar-kedua negara,” pungkas Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper