Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Sumut Siapkan Pengamanan untuk F1 Powerboat Danau Toba

Polda Sumatera Utara menyiapkan sejumlah langkah pengamanan untuk menyukseskan balapan perahu super cepat F1 Powerboat Danau Toba.
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan/ Kemenparekraf
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan/ Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Sumatera Utara menyiapkan sejumlah langkah pengamanan untuk menyukseskan balapan perahu super cepat F1 Powerboat Danau Toba di kawasan perairan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

"Kami telah melakukan latihan pengamanan terutama untuk memastikan rekayasa lalulintas. Semua event keamanan itu sekaligus tetap memastikan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik," kata Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Upaya selanjutnya adalah pihaknya telah melakukan gelar pasukan sebagai penanda kesiapan melalui Operasi Hoval Toba 2023.

"Pada Jumat (17/2/2023) sudah dilakukan simulasi. Artinya dengan gelar pasukan itu, kita sudah siap memberikan pengamanan untuk kelancaran balapan perahu tersebut," katanya.

Sistem rekayasa lalu lintas yang telah dilakukan antara lain adalah jalan lintas Sumatera dari Simpang Sutomo sampai Jurangmonang telah steril atau bebas dari lalu lintas umum. Kemudian jalan lintas Sumatera menuju Ring Road dilakukan pada dua lokasi, yaitu Simpang bypass Tambunan dan Simpang bypass Longat.

Lalu beberapa titik ruas jalan yang dijadikan satu arah yang dipertegas dengan rambu lalu lintas jalan atau penunjuk arah. Sementara parkir penonton disediakan di beberapa tempat atau kantong, untuk kemudian akan diangkut menggunakan bis menuju tempat drop off.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda menegaskan beberapa hal yang menjadi hal penting yang dilakukan pihaknya, pertama adalah memastikan keamanan.

"Bagaimana kegiatan internasional tersebut bisa berlangsung aman lancar dan terkendali seperti yang diharapkan semua pihak,” katanya.

Kedua, lanjutnya, adalah keamanan yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya atau side event. Mulai dari kegiatan para pelaku UMKM, nonton bersama, hingga aktivitas lainnya.

"Hingga saat ini berdasarkan data yang masuk ke pihak kami, ada sekitar 19 kegiatan side event di Balige dan 5 kegiatan di Parapat. Data ini akan terus kami perbarui. Namun intinya kami telah mempersiapkan berbagai langkah, dan yang terpenting adalah manajemen rekayasa lalu lintas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper