Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NOC Umumkan Sea Games Kamboja Bakal Mainkan 36 Cabor

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Sea Games Kamboja.
Raja Sapta Oktohari/Antara
Raja Sapta Oktohari/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Sea Games Kamboja.

Hal itu seiring dengan Cambodia Sea Games Organizing Committee (CAMSOC) yang menyatakan akan mempertandingkan 36 cabang olahraga di pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara ke-32 tersebut.

“Pekan lalu ada rapat SEAGF, dan hasil rapat kemarin memutuskan finalisasi cabang olahraga Sea Games Kamboja. Ada beberapa yang tidak jadi dipertandingkan, seperti body building karena non-compliance dengan anti-doping code. Ada juga dance sports - kategori latin yang akhirnya diputuskan tidak dipertandingkan,” kata pria yang akrab disapa Okto itu dalam keterangan resmi, Selasa.

Ketua NOC Indonesia itu mengatakan pihaknya telah mengupayakan diplomasi agar cabang andalan Indonesia dapat dipertandingkan.

Namun, ketentuan dalam SEAGF Charter hanya mewajibkan dua cabang olahraga mandatory untuk dipertandingkan di Sea Games, yakni atletik dan akuatik. Sisanya, tuan rumah mendapat kewenangan untuk memilih sesuai dengan kesiapan mereka.

“Kami juga secara bertahap sudah mengirimkan technical handbook kepada national federation dan ini nantinya juga dapat diakses di laman resmi nocindonesia.id,” imbuh Okto.

NOC Indonesia, lanjut Okto, juga telah melakukan tindakan preventif agar tarik-ulur cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games tidak terjadi di setiap penyelenggaraan.

Selain itu, NOC Indonesia telah menyampaikan adanya perubahan konstituen untuk sport programs Sea Games, yang akan ditindaklanjuti SEAGF.

“Aturan ini harus diubah, harus berkembang demi meningkatkan mutu olahraga Asean. Jadi, cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games ini harus merujuk kepada multievent di atasnya, yakni Asian Games dan juga Olimpiade, sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya,” terang Okto.

Sementara itu, Sea Games Kamboja akan dipertandingkan 5-17 Mei. Ini adalah kali pertama negara yang dijuluki “Land of the Khmer“ itu menjadi tuan rumah pesta olahraga kawasan Asia Tenggara itu.

Sea Games Kamboja mempertandingkan 36 cabang olahraga, 47 disiplin, dan 581 nomor pertandingan. CAMSOC juga menyepakati satu cabang olahraga teqball masuk dalam kategori demonstrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper