Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rafli Siap Bawa Indonesia Juara Piala AFF 2022

Rafli tidak memikirkan hal tersebut dan siap berkorban demi target yang lebih besar, yakni juara Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia.
Ilustrasi / Antara
Ilustrasi / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penyerang tim nasional Indonesia Muhammad Rafli siap mengesampingkan ego pribadi dan bekerja keras bersama-sama demi membawa tim Garuda juara Piala AFF 2022.

Sebagai seorang penyerang, menjadi pencetak skor terbanyak dalam sebuah kompetisi tentu akan menjadi catatan prestasi tersendiri. Namun, Rafli tidak memikirkan hal tersebut dan siap berkorban demi target yang lebih besar, yakni juara Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia.

"Kalau target khusus, tidak ada. Target pribadi tidak ada. Mungkin semua pemain juga tidak ada, ya. Kami semua targetnya satu, ingin timnas Indonesia juara apalagi Indonesia belum pernah juara di Piala AFF. Semoga tahun ini menjadi tahun Indonesia," kata Rafli, seperti dikutip dalam laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Pemain Arema FC itu juga optimistis Indonesia kali ini bisa membawa trofi juara Piala AFF. Dia juga percaya dengan kualitas materi pemain yang dimiliki timnas Indonesia saat ini.

Untuk mewujudkan target tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong itu diharapkan bisa memetik kemenangan sejak fase grup. Piala AFF 2022 yang kembali menggunakan format kandang dan tandang, yang menurut Rafli itu menjadi keuntungan yang harus dimanfaatkan tim-tim peserta Piala AFF 2022, termasuk Indonesia.

Skuad Garuda akan melakoni dua laga kandang Grup A kontra Kamboja pada Jumat (23/12) dan Thailand (29/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Rafli berharap pihak kepolisian mengizinkan pertandingan tersebut dihadiri oleh suporter.

Menurut dia, dukungan suporter secara langsung di stadion sangat penting karena bisa meningkatkan mental dan semangat para pemain.

"Harapan kami pasti ingin ada penonton apalagi ini laga internasional. Dukungan penonton apalagi secara langsung itu sangat berpengaruh buat mental kami,"

"Apalagi penonton ketika timnas bermain di GBK (biasanya) penuh itu sangat meningkatkan mental kami menjadi lebih baik," ujar Rafli.

Timnas Indonesia yang terdiri atas 28 pemain sudah menjalani pemusatan latihan di Gianyar, Bali sejak 28 November. Mereka akan melanjutkan persiapan latihan di Jakarta pada 18 Desember.

Shin Tae-yong selanjutnya akan menentukan nama-nama 23 pemain yang bakal memperkuat timnas dalam Piala AFF 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper