Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prancis vs Polandia: Aksi Ciamik Mbappe Bantu Giroud Jadi Top Skor Sepanjang Masa Les Blues

Giroud resmi menjadi top skor sepanjang masa Timnas Prancis dengan 52 gol dari 117 laga, menyalip rekor seniornya Thierry Henry dengan 51 gol dari 123 laga.
Striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, jadi top skorer sepanjang masa Le Blues/FIFA
Striker Timnas Prancis, Olivier Giroud, jadi top skorer sepanjang masa Le Blues/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Gol Olivier Giroud ke gawang Polandia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu (4/12/2022), resmi membawanya menjadi top skor sepanjang masa Timnas Prancis, melangkahi rekor Thierry Henry.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Al-Thumama, Qatar itu, Giroud menjebol gawang Polandia pada menit ke-44, berkat umpan terobosan Kylian Mbappe yang jeli melihat upaya Giroud melangkah keluar dari penjagaan ketat oleh bek Polandia, Jakub Kiwior.

Tanpa melihat arah gawang, Giroud yang berhasil merangsek ke sisi kanan kiper Polandia, Wojciech Szczesny, melesakkan tendangan kaki kiri ke arah pojok kiri bawah gawang Polandia.

Alhasil, Giroud tercatat telah menyumbang 52 gol untuk Les Blues dari 117 laga, mengalahkan rekor Henry dengan 51 gol dari 123 laga.

Setelah itu, nama-nama pencetak gol terbanyak Prancis juga dihiasi Antoine Griezman (42 gol), Michel Platini (41 gol), Karim Benzema (37 gol), David Trezeguet (34 gol, dan Zinedine Zidane (31 gol).

Sebelumnya, penyerang AC Milan itu menyamai rekor Henry ketika membukukan dua gol dalam laga kontra Australia di fase grup Piala Dunia 2022, yang juga berakhir manis untuk Les Blues dengan skor menang 4-1.

Sementara itu, laga Prancis kontra Polandia ditutup dengan skor 3-1. Mbappe menjadi bintang lapangan, karena berhasil mencetak dua gol pada babak kedua, di samping memberikan umpan gol buat Giroud.

Capaian ini membawa Mbappe memuncaki klasemen top skor sementara Piala Dunia 2022 dengan 5 gol. Sementara untuk Timnas Prancis, Mbappe tercatat telah menyumbangkan 33 gol dari 63 laga, dan memasuki 10 besar pencetak gol terbanyak buat Tim Ayam Jantan.

Adapun, gol dari Polandia dicetak Robert Lewandowski dari titik putih jelang laga berakhir, akibat handball Dayot Upamecano. Menariknya, penalti pertama Lewandowski sebenarnya bisa ditahan oleh kiper Prancis, Hugo Lloris. Namun, Lewandowski mendapatkan kesempatan kedua karena kaki Lloris melewati batas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper