Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Hal Menarik Jelang Partai Pembuka Piala Dunia 2022, Qatar vs Ekuador

Berikut lima fakta menarik seputar partai pembuka Piala Dunia 2022, Qatar vs Ekuador.
Piala Dunia 2022 Qatar/
Piala Dunia 2022 Qatar/

Ada Isu Suap sampai Perubahan Jadwal

5 Fakta Qatar vs Ekuador

1. Jadwal Sempat Diubah

Dari jadwal awal yang dirilis FIFA, Qatar vs Ekuador bukanlah pembuka Piala Dunia 2022.

Sedianya, laga Senegal vs Belanda yang akan dimainkan pertama kali pada Senin (21/11/2022).

Akan tetapi, pada Agustus lalu FIFA merevisi jadwal dengan menggeser Qatar vs Ekuador sebagai laga pembuka. Hal itu juga mempertahankan tradisi tuan rumah memainkan pertandingan perdana di Piala Dunia.

2. Isu Suap

Jelang partai Qatar vs Ekuador, isu suap berembus mengarah ke tim tuan rumah. Amjad Taha, Direktur Regional British Center di Arab Saudi menyebut ada upaya penyuapan yang dilakukan Qatar kepada Ekuador.

Dari klaim Taha, Qatar disebut menyuap delapan pemain Ekuador untuk mengalah 0-1 pada partai pembukaan Piala Dunia 2022.

Qatar dikabarkan menjanjikan US$7,4 juta jika para pemain Ekuador itu mau mengalah. Meski telah ramai diberitakan, belum ada tanggapan terkait isu suap ini.

3. Piala Dunia Pertama untuk Qatar, Keempat bagi Ekuador

Ini adalah gelaran Piala Dunia yang pertama bagi Qatar. Tanpa melalui babak kualifikasi, Qatar lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai tuan rumah.

Sebaliknya, Ekuador bisa disebut lebih berpengalaman di panggung Piala Dunia. La Tri akan menjalani Piala Dunia keempat mereka tahun ini.

Ekuador tampil di Piala Dunia 2022, 2006, dan 2014. Prestasi terbaik mereka adalah menembus babak 16 besar di Piala Dunia 2006.

4. Kedua Tim Baru Sekali Bertemu

Qatar dan Ekuador tak punya sejarah panjang dalam sepak bola. Nyatanya, Qatar dan Ekuador baru sekali bertemu di atas lapangan.

Pertandingan Qatar vs Ekuador terjadi pada 12 Oktober 2018 dalam sebuah laga uji coba. Qatar kala itu memenangi laga dengan skor 4-3.

Bermain di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar mencetak gol melalui Akram Afif, Almoez Ali (2 gol), dan Hassan Al-Haydos. Adapun Ekuador cuma bisa membalas tiga gol lewat Enner Valencia (2 gol) dan Jose Francisco Cevallos Jr.

5. Tuah Tuan Rumah

Meski Qatar terbilang lebih inferior daripada Ekuador, namun ada satu hal yang membuat mereka bisa bernapas lega.

Sebab, ada tradisi di Piala Dunia bahwa tim tuan rumah selalu meraih kemenangan pada laga pembuka sejak 2006. Jerman menang 4-2 atas Kosta Rika (2006), Brasil menang 3-1 atas Kroasia (2014), dan Rusia menggebuk 5-0 Arab Saudi (2018).

Sebelum era itu, FIFA sempat menerapkan aturan juara bertahan sebagai partai pembuka Piala Dunia. Aturan itu kemudian diubah lagi ke tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper