Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Kroasia vs Ceko: Gol Perisic Selamatkan Kroasia dari Kekalahan

Hasil Kroasia vs Republik Ceko dalam lanjutan laga kedua Grup D Euro 2020 yang berlangsung di Stadion Hampden Park, Jumat, berakhir imbang.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 19 Juni 2021  |  00:55 WIB
Hasil Kroasia vs Ceko: Gol Perisic Selamatkan Kroasia dari Kekalahan
Pemain Timnas Kroasia, Ivan Perisic - Twitter Euro

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Kroasia vs Republik Ceko dalam lanjutan laga kedua Grup D Euro 2020 yang berlangsung di Stadion Hampden Park, Jumat (18/6/2021), berakhir imbang 1-1.

Ceko yang sudah mengantongi satu kemenangan tidak ingin mengambil resiko dengan bermain bertahan dan membiarkan Kroasia menguasai jalannya laga. Bisa dibilang, di 10 menit pertama, kedua tim bermain hati-hati tidak ingin kebobolan gol cepat.

Peluang pertama di laga ini hadir dari kubu Ceko lewat Jakub Jankto. Tapi sayang bola sepakan Jankto yang menerima umpan tarik dari sayap kanan masih melambung tinggi.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, masih memainkan memasang Ante Rebic sebagai ujung tombak. Padahal taktik ini tidak berjalan mulus sewaktu lawan Inggris. Luka Modric di babak pertama juga bermain terlalu ke dalam sehingga tidak bisa menyuplai bola ke lini depan.

Kroasia akhirnya bisa menciptakan peluang dan tendangan pertama ke arah gawang Ceko. Lewat skema kerja sama tendangan sudut, bola sepakan Ivan Perisic di menit 22 dari dalam kotak penalti masih mengarah ke kiper Ceko, Tomas Vaclik.

Drama terjadi di menit 35. Wasit Carlos Del Cerro Grande melihat VAR dan merasa bek Kroasia, Dejan Lovren melakukan pelanggaran ke Patrik Schick saat menghalau bola tendangan sudut Ceko. Usai memeriksa VAR, wasit menghadiahkan penalti ke Ceko.

Schick yang maju sebagai algojo dengan dingin menaklukkan kiper Kroasia Dominik Livakovic di menit 37. Padahal Schick baru saja terkapar dengan hidung berdarah usai disikut Lovren.

Kroasia nyaris menyamakan kedudukan semenit kemudian. Rebic yang sudah berdiri bebas dan tinggal berhadapan dengan kiper malah gagal memanfaatkan peluang. Bola sepakan pemain AC Milan itu menyamping dari gawang Vaclik.

Hingga pluit akhir dibunyikan wasit, babak pertama tetap 1-0 untuk keunggulan Ceko.

Kroasia melakukan start sempurna di babak kedua. Penyerang sayap Kroasia Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 47 usai melakukan gerakan ke dalam kotak penalti dari sisi sebelah kiri yang diakhiri sepakan keras ke sudut kanan gawang. Ini adalah gol ke-29 Perisic Bersama Kroasia.

Usai gol ini, jalannya laga lebih seru. Kroasia mencoba lebih cepat lagi melakukan operan saat membangun serangan sedangkan Ceko juga tidak menerapkan taktik bertahan.

Gelandang Ceko, Tomas Soucek, sempat membahayakan gawang Kroasia di menit 52 lewat sepakan jarak jauh, tapi bola masih menyamping tipis.

Nikola Vlasic yang baru saja masuk di babak kedua hampir saja membuat Kroasia unggul, tapi sayang tendangannya pada menit 72 dari dalam kotak penalti melenceng tipis di sisi gawang Ceko.

Ceko juga tidak mau kalah. Tiga menit kemudian anak asuh Jaroslav Silhavy mendapat peluang 90 persen gol, tapi tendangan voli Adam Hlozek malah ke atas gawang. Skor Kroasia vs Ceko masih 1-1 hingga menit 77.

Hingga pluit terakhir disemprit wasit, skor Kroasia vs Ceko masih imbang 1-1. Hasil ini membuat Ceko mengumpulkan empat angka, sementara Kroasia baru mengkoleksi satu poin.

Di laga selanjutnya Grup D, Kroasia akan bertemu Skotlandia, sedangkan Ceko akan bertemu Inggris di Stadion Wembley.

Susunan pemain dan formasi Kroasia:

Kroasia:

Ceko:

Klasemen Grup D Euro 2020:

TimPWDLFAGPs
Czech Republic Czech Republic 21103124
England England 11001013
Croatia Croatia 201112-11
Scotland Scotland 100102-20

Pertemuan Kroasia vs Ceko sebelumnya:

• Kedua tim bertemu di Stade Geoffroy-Guichard di Saint-Étienne pada 17 Juni 2016, juga pada pertandingan babak kedua Grup D. Awalnya tampaknya akan menjadi hari Kroasia berkat gol di kedua sisi babak pertama dari Ivan Periši (37) dan Ivan Rakiti (59), tetapi Ceko melakukan perlawanan yang mengesankan di 15 menit terakhir, Milan koda mengurangi separuh defisit di menit ke-15. Menit ke-75 sebelum Tomáš Necid mengonversi penalti satu menit sebelum pertandingan usai setelah Domagoj Vida dihukum karena handball.
Sorotan EURO 2016: Republik Ceko 2-2 Kroasia

• Kroasia asuhan Ante acic tetap finis pertama di Grup D, sedangkan Ceko di bawah Pavel Vrba mengakhiri bagian di tempat keempat di belakang Spanyol dan Turki, hasil imbang dengan Kroasia menghasilkan satu-satunya poin mereka.

• Kroasia memiliki hasil yang lebih baik dari dua pertemuan persahabatan mereka: W1 D1.

• Negara-negara bermain imbang 1-1 di Casablanca pada Desember 1996, Kroasia menang 4-1 melalui adu penalti untuk mengangkat Piala Raja Hassan II.

• Kroasia mencatatkan kemenangan persahabatan 4-2 di Pula pada Februari 2011 – pertama kalinya Republik Ceko kebobolan empat gol dalam satu pertandingan. Pemain Kroasia ime Vrsaljko melakukan debut internasionalnya sebagai pemain pengganti dalam pertandingan itu.

Hasil head to head Kroasia vs Ceko:

TanggalPertandinganHasilSkorKompetisi
12 Dec 1996Croatia v Czech RepublicW1-1Hassan II Trophy
09 Feb 2011Croatia v Czech RepublicW4-2International Friendly
17 Jun 2016Czech Republic v CroatiaD2-2UEFA European Championship

Daftar pemain Kroasia dan Rep.Ceko:

Kroasia:

Goalkeepers: Dominik Livakovic (Dinamo Zagreb), Lovre Kalinic (Hajduk Split), Simon Sluga (Luton)

Defenders: Borna Barišic (Rangers), Domagoj Bradaric (LOSC Lille), Duje Caleta-Car (Marseille), Joško Gvardiol (Leipzig), Josip Juranovic (Legia Warszawa), Dejan Lovren (Zenit), Mile Škoric (Osijek), Domagoj Vida (Besiktas), Šime Vrsaljko (Atlético Madrid)

Midfielders: Mateo Kovacic (Chelsea), Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Milan Badelj (Genoa), Nikola Vlašic (CSKA Moskva), Mario Pašalic (Atalanta), Ivan Perišic (Inter Milan), Mislav Oršic (Dinamo Zagreb), Luka Ivanušec (Dinamo Zagreb)

Forwards: Josip Brekalo (Wolfsburg), Ante Budimir (Osasuna), Andrej Kramaric (Hoffenheim), Bruno Petkovic (Dinamo Zagreb), Ante Rebic (AC Milan)

Pemain kunci: Luka Modric

Pemain terbaik dalam sejarah Kroasia, pemimpin tim dan pesulap sepakbola akan berusia 36 tahun pada bulan September, tetapi tetap menjadi sosok yang vital seperti biasanya. Setelah kampanye yang sibuk di Real Madrid, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik klub musim ini: ukuran pemain yang tampaknya kebal terhadap kerusakan waktu. Pada zamannya, masih manusia ajaib.

Pelatih: Zlatko Dalic

Dipekerjakan pada tahun 2017 setelah mantra yang berbuah di Timur Tengah, Dalic menghidupkan kembali tim nasional dan membawa mereka ke Piala Dunia 2018, melebihi setiap harapan dengan memimpin mereka sampai ke final di Rusia. Itu membuatnya mendapat tempat dalam sejarah olahraga Kroasia, dan banyak niat baik dari para pendukung dan media.

Rep.Ceko:

Goalkeepers: Tomáš Vaclík (Sevilla), Tomáš Koubek (Augsburg), Aleš Mandous (Olomouc)

Defenders: Vladimír Coufal (West Ham), Pavel Kaderábek (Hoffenheim), Ondrej Celustka (Sparta Praha), Tomáš Kalas (Bristol City), David Zima (Slavia Praha), Jan Boril (Slavia Praha), Aleš Mateju (Brescia), Jakub Brabec (Viktoria Plzen)

Midfielders: Lukáš Masopust (Slavia Praha), Vladimír Darida (Hertha Berlin), Tomáš Soucek (West Ham), Antonín Barák (Verona), Alex Král (Spartak Moskva), Tomáš Holeš (Slavia Praha), Petr Ševcík (Slavia Praha), Jakub Jankto (Sampdoria), Adam Hlozek (Sparta Praha), Jakub Pešek (Liberec), Michal Sadílek (Liberec)

Forwards: Patrik Schick (Leverkusen), Michael Krmencík (PAOK), Matej Vydra (Burnley), Tomáš Pekhart (Legia)

Pemain kunci: Vladimír Darida

Gelandang serba bisa ini bermain di Hertha Berlin. Di tim nasional, ia memimpin dengan memberi contoh dan menjadi inspirasi di balik kemenangan mengejutkan kualifikasi atas Inggris. Kapten akan bermain di EURO ketiganya, yang mungkin terbukti menjadi puncak karirnya. Di samping Soucek, dia akan menjadi playmaker dan pemimpin.

Pelatih: Jaroslav ilhavý

Pelatih berusia 59 tahun ini memegang rekor penampilan terbanyak di liga Ceko (465) dan memenangkan gelar sebagai pelatih bersama Slovan Liberec dan Slavia Praha sebelum mengambil alih tim nasional pada September 2018. Asisten Karel Brückner di UEFA EURO 2004 dan Piala Dunia FIFA 2006, ia tiba di turnamen besar pertamanya sebagai pelatih kepala setelah berhasil menavigasi kualifikasi dan memimpin timnya ke Liga Bangsa-Bangsa UEFA Liga A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Timnas Kroasia Timnas Ceska Euro 2020
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top