Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Newcastle vs Liverpool : Prediksi Hasil, Kondisi Tim, & Lineups

Liverpool, juara bertahan dan pemimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris, bertandang ke markas Newcastle United dalam pertandingan pekan ke-16. Skuad asuhan Jurgen Klopp layak diprediksi bakal menangguk poin penuh.
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (kiri) dan pelatih Newcastle United Steve Bruce./Liverpool Echo
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (kiri) dan pelatih Newcastle United Steve Bruce./Liverpool Echo

Bisnis.com, JAKARTA – Juara bertahan Liverpool akan melawat ke markas Newcastle United dalam pertandingan pekan ke-16 Liga Primer Inggris yang dijadwalkan digelar pada Kamis (31/12/2020) mulai pk. 03.00 WIB.

Saat ini Liverpool memimpin klasemen sementara dengan nilai 32, sedangkan Newcastle di peringkat ke-15 dengan nilai 18, berjarak 7 poin dari zona merah degradasi.

Pasukan Jurgen Klopp akan mencari cara untuk kembali ke jalur kemenangan setelah hasil imbang yang mengecewakan dengan West Bromwich Albion terakhir kali di Anfield, sementara Newcastle sekarang tanpa kemenangan dalam empat pertandingan di semua kompetisi.

Terlepas dari tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mereka dan dunia luas hadapi pada 2020, itu akan selalu menjadi tahun di mana Liverpool akhirnya mengakhiri penantian 30 tahun mereka untuk memenangkan gelar lagi.

Pasukan Klopp masih berada di posisi terdepan untuk mengulangi pencapaian itu pada 2021, tetapi mereka akan sangat putus asa untuk mengakhiri tahun mereka dengan hasil yang tinggi setelah hasil yang mengecewakan di pertandingan sebelumnya.

Liverpool mendominasi babak pertama melawan West Brom tetapi kemudian melepaskan kemenangan setelah West Brom mencetak gol lewat Semi Ajayi, untuk kedua kalinya The Reds kehilangan poin dalam pertandingan liga kandang sejak Januari 2019.

Itu juga berarti bahwa Liverpool kini gagal memenangkan enam dari 15 pertandingan liga mereka musim ini, jumlah yang sama dengan yang mereka lakukan sepanjang keseluruhan musim lalu ketika tampil sebagai juara.

The Reds kebobolan 20 gol di liga musim ini, jumlah yang baru terjadi dalam 28 pertandingan musim lalu. Kehilangan bek tengah senior terakhir mereka Joel Matip karena cedera sepertinya akan memperburuk statistik itu.

Meski begitu, sang juara masih unggul 3 poin di puncak klasemen dan akan menjadi favorit untuk setidaknya mempertahankan keunggulan itu dengan kemenangan atas Newcastle.

Liverpool hanya memenangkan dua dari tujuh pertandingan tandang mereka sejauh musim ini, tetapi yang terbaru dari mereka melihat mereka meraih kemenangan tandang terbesar mereka di liga ketika melumat Crystal Palace 7–0.

Pertandingan itu memamerkan klub Merseyside dalam performa terbaik mereka, dan bahkan jika mereka hanya tampil setengah klinis pada Kamis dini hari WIB, masih perlu upaya monumental dari Newcastle untuk mencegah Liverpool memenangkan pertandingan terakhir mereka di tahun kalender ini.

Newcastle hanya memenangkan pertandingan liga terakhir mereka dalam dua dari 17 tahun kalender terakhir, kalah 12 di antaranya, dan mereka menuju pertandingan dalam performa yang buruk.

Empat pertandingan tanpa kemenangan di semua kompetisi, termasuk kekalahan telak dari Leeds United, hasil imbang di kandang melawan Fulham yang sedang berjuang menghindari degradasi, dan tersingkir di perempat final Piala Piala di tangan tim Championship Brentford, membuat tekanan pada pelatih Steve Bruce terus tumbuh.

Kekalahan 0–2 dari Manchester City pada Boxing Day membuat mereka berada di urutan 13 klasemen, masih 7 poin dari zona degradasi, tetapi kondisi makin sulit karena Leicester City akan menjadi lawan berikutnya setelah Liverpool.

Liverpool adalah pencetak gol terbanyak di liga sejauh ini, dan cara mereka menghabisi Palace dalam pertandingan tandang terakhir mereka bukan pertanda baik bagi Newcastle yang gagal menjaga clean sheet dalam 11 pertandingan liga kandang terakhir mereka - yang terlama sejak Februari 2005.

The Magpies secara mengejutkan tidak terkalahkan dalam empat pertandingan kandang terakhir mereka melawan juara bertahan, dan akan mengambil kepercayaan diri dari penampilan hebat West Brom di Anfield. Namun, mereka tak pernah menang dalam tujuh laga terakhir Liga Primer melawan Liverpool

Liverpool bisa memenangkan tiga pertandingan tandang papan atas berturut-turut melawan Newcastle untuk pertama kalinya, setelah menang 3–2 dan 3–1 pada dua kunjungan terakhir mereka.

Mungkin ada berita beragam di bagian depan cedera untuk Liverpool di pertandingan ini, dengan Matip keluar setelah menderita cedera aduktor melawan West Brom, tetapi Thiago Alcantara dapat dimasukkan ke dalam skuad.

Sejauh mana masalah Matip belum terungkap, tetapi dia diperkirakan absen beberapa pekan, meninggalkan Liverpool tanpa bek tengah senior yang fit dengan Virgil van Dijk dan Joe Gomez masih absen dalam jangka panjang.

Rhys Williams menggantikan Matip pada hari Minggu tetapi Klopp dapat memilih Nat Phillips kali ini, sementara Jordan Henderson juga mengisi posisi bersama Fabinho musim ini.

Thiago telah absen dalam 16 pertandingan setelah mengalami cedera lutut dalam derby Merseyside kontra Everton yang seri 2–2, tetapi dia sekarang hampir dapat kembali dengan sangat diantisipasi dan dapat terlibat dari bangku cadangan dalam pertandingan ini.

Klopp mungkin memutuskan untuk ekstra hati-hati atas kebugarannya dan tak menurunkannya untuk satu pertandingan lagi, meskipun kebutuhan untuk bala bantuan lini tengah telah tumbuh akibat Naby Keita menderita cedera yang membuatnya dipastikan absen dari pertandingan ini.

Diogo Jota dan Kostas Tsimikas juga tetap absen untuk sementara waktu, tetapi ada kabar baik di akhir pekan karena James Milner dan Xherdan Shaqiri kembali ke skuad. Rotasi dimungkinkan mengingat perputaran cepat dalam kompetisi, meskipun dengan opsi terbatas.

Newcastle sendiri memiliki sejumlah pemain yang absen, dengan Jamaal Lascelles dan Allan Saint-Maximin masih merasakan efek tertular Covid-19.

Jonjo Shelvey—mantan gelandang Liverpool pada 2010 hingga 2013—dan Ryan Fraser keduanya kemungkinan absen karena cedera pangkal paha, sementara kiper Martin Dubravka sudah lama absen.

Newcastle dapat menyambut Callum Wilson kembali, dengan striker yang tersisa sebagai pemain pengganti yang hanya duduk di bangku cadangan melawan ManCity meskipun mencetak delapan gol dalam 12 pertandingan sejauh musim ini, tulis Sports Mole.

Kemungkinan lineup awal:

Newcastle United: Darlow; Manquillo, Fernandez, Schar, Clark, Lewis; Ritchie, Longstaff, Hayden, Joelinton; Wilson

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Fabinho, Robertson; Oxlade-Chamberlain, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Sports Mole memprediksi Liverpool meraih kemenangan 2-1, sedangkan Bisnis.com memprediksi tim tamu bakal menang dengan selisih minimal dua gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Sports Mole
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper