Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Atlet Indonesia Raih Medali di Kejuaraan Internasional Kempo

Kempo Indonesia berjaya di turnamen internasional dengan meraih dua medali.
Atlet kempo Tuti Narlima./Antara
Atlet kempo Tuti Narlima./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Tuti Narlima dan Aldziqri Faqih Saleh tampil gemilang di kejuaraan dunia kempo virtual dengan tajuk "The 1st E-Kempo IKF World Championship 2020" sehingga menyumbang medali untuk Indonesia.

Persatuan Olahraga Kempo Indonesia (Porkemi) menyebutkan bahwa Tuti Narlima menyabet medali perak nomor kata perorangan putri untuk usia 21-37 tahun. Medali emas direbut atlet Spanyol, Laura Esteban dan perunggu direbut Carolina Fonseca (Portugal) dan Erika Ruiz (Meksiko).

Sementara itu, Aldziqri Faqih AS Saleh merebut medali perunggu bersama Camilo Echeverria (Argentina). Medali emas dan perak, masing-masing diraih atlet tuan rumah Martim Carvalho dan Guillermo Jerez (Spanyol).

"Kami sangat bangga karena mereka meraih medali perak dan perunggu. Kami memang tidak main-main menerjunkan atlet," kata Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan Anggota (DPPA) Porkemi, Timbul Thomas Lubis, dalam keterangan resminya pada Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, sebelum menentukan atlet untuk berlaga di kejuaraan dunia, pihaknya melakukan seleksi secara virtual atlet-atlet dari daerah. Caranya, mereka diminta mengirim video dengan memperagakan kemampuan dan keahlian di nomor yang diikuti. Setelah diseleksi tim dari Porkemi, video tersebut dikirim kejuaraan dunia di Portugal.

Lubis mengakui bahwa Tuti Narlima dan Aldziqri Saleh merupakan para juara Kejurnas Kempo tahun lalu. Pihaknya berharap apa prestasi Tuti dan Aldziqri menyemangati atlet lain untuk meraih penghargaan serupa.

The 1st E-Kempo IKF World Championship 2020 pada 18–19 Juli merupakan kejuaraan yang digelar International Kempo Federation (IKF) yang bertujuan mengisi kekosongan kejuaraan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, ajang tersebut merupakan pengganti kejuaraan dunia kempo di Tunisia, 18-24 April lalu, yang diundur tahun depan.

Meskipun kejuaraan dilakukan secara virtual, persaingannya dinilai cukup sengit karena banyak negara anggota IKF menurunkan atlet terbaiknya.

Negara yang mengirim atletnya ke ajang itu, antara lain tuan rumah Portugal, Spanyol, Argentina, Meksiko, India, Indonesia, Belanda dan Kolombia. Dari semua negara yang ambil bagian, Indonesia merupakan anggota IKF termuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper