Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bournemouth & Aston Villa di Ambang Degradasi ke Championship

Bournemouth dan Aston Villa agaknya segera menyusul Norwich City terdegradasi dari Liga Primer ke Championship. Kedua tim itu tak cukup memenangi dua laga terakhir Liga Primer Inggris, tetapi nasibnya juga tergantung hasil pertandingan Watford.
Asisten pelatih Aston Villa John Terry./Reuters/Paul Childs
Asisten pelatih Aston Villa John Terry./Reuters/Paul Childs

Bisnis.com, JAKARTA – Bournemouth dan Aston Villa harus memetik poin penuh dalam pertandingan pekan ke-37 Liga Primer Inggris untuk mempertahankan harapan tidak menyusul Norwich City terdegradasi ke Championship.

Peringkat 18 Bournemouth dan peringkat 19 Villa saat ini sama-sama mendulang nilai 31 dan berjarak 3 angka dari Watford di setrip ke-17.

Bournemouth dan Villa masih beruntung Watford dikalahkan West Ham United dalam pertandingan penutup pekan ke-36 sehingga peluang kedua tim tersebut untuk bertahan di Liga Primer Inggris musim depan masih terbuka.

Dalam matchday ke-17, Bournemouth akan menjamu Southampton. Masalah bagi tuan rumah ialah tamu datang dengan bekal tak tersentuh kekalahan dalam lima laga liga terakhir meski tiga di antaranya berakhir imbang.

Sementara itu, Villa pun tak kurang sulit ketika menjamu tamu dari London, Arsenal. Meskipun harapan tamu dari London untuk finis di zona tiket Liga Europa praktis sudah sirna, tetap saja skuad asuhan Mikel Arteta merupakan lawan sulit bagi tim mana pun.

Di sisi lain, kemenangan Bournemouth dan Villa pun tak bermakna jika Watford mampu menaklukkan Manchester City.

Persoalan lain bagi Bournemouth dan Villa adalah Watford ditangani Nigel Pearson. Pelatih berusia 56 tahun ini pernah punya catatan hebat menyelamatkan Leicester City dari ancaman degradasi pada musim 2014–2015 dengan rentetan kemenangan menjelang kompetisi usai.

Pada musim berikutnya Leicester menjadi juara Liga Primer untuk pertama kalinya sepanjang sejarah meski di bawah pelatih berbeda, yakni Claudio Ranieri, yang mulai menangani Si Rubah pada awal musim 2015–2016 lantaran Pearson mundur setelah tak tercapai kesepakatan dengan manajemen tim.

Melihat kondisi rawan seperti itu, dapat dikatakan bahwa Bournemouth dan Aston Villa benar-benar berada di jurang degradasi dan tinggal menunggu waktu untuk memastikan harus berkompetisi di Championship musim depan.

Bournemouh, yang ditangani Eddie Howe, musim lalu finis di peringkat ke-14. Adapun Villa, yang dibesut Dean Smith dengan asisten John Terry, mantan kapten Chelsea, merupakan tim promosi meski hanya finis di peringkat kelima Championship musim 2018–2019. Villa promosi setahun lalu lewat jalur playoff, di final menang 2–1 atas Derby County.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper