Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Semifinal Copa Libertadores: Boca vs River Plate, Flamengo vs Gremio

Copa Libertadores, kompetisi level teratas di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) segera menggelar dua pertandingan leg kedua babak semifinal.
River Plate juara Copa Libertadores 2018 setelah menaklukkan sesama klub Argentina Boca Juniors di final./Reuters-Sergio Perez
River Plate juara Copa Libertadores 2018 setelah menaklukkan sesama klub Argentina Boca Juniors di final./Reuters-Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA – Copa Libertadores, kompetisi level teratas di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) segera menggelar dua pertandingan leg kedua babak semifinal.

Dua klub yang bermarkas di Buenos Aires, Argentina, Boca Juniors dan River Plate, akan beradu di Stadion Alberto J. Armando, markas Boca pada Rabu (23/10/2019) mulai pk. 07.30 WIB.

Dalam pertandingan leg pertama pada 2 Oktober pagi WIB lalu, River Plate yang bertindak sebagai tuan rumah menang 2 - 0 atas Boca di Stadion Monumental Antonio Vespucio.

Dengan demikian, kalau pun menyerah dengan selisih hanya satu gol dari Boca, River Plate akan tetap melaju ke partai puncak yang akan digelar pada 24 November pagi WIB di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos di Santiago, Cile.

Pertemuan kedua tim kondang Argentina ini merupakan ulangan final Copa Libertadores tahun lalu. Ketika itu River Plate tampil sebagai juara setelah dalam pertandingan leg kedua di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, menang 3 - 1 atas Boca Juniors pada 10 Desember 2018.

Pertandingan leg kedua dipindahkan ke Spanyol setelah suporter River Plate diserang pendukung Boca Juniors menjelang pertandingan leg kedua di markas Boca yang dijadwalkan berlangsung pada akhir November 2018.

Dengan kemenangan 3 - 1 melalui perpanjangan waktu, River Plate tampil sebagai juara karena dalam leg pertama di markas River pada 12 November 2018, pertandingan berakhir imbang dengan skor 2 - 2.

Boca Juniors adalah klub terbanyak kedua peraih trofi Copa Libertadores yakni enam kali pada edisi 1977, 1978, 2000, 2001, 2003, dan 2007, hanya kalah satu dibandingkan dengan klub Argentina lainnya, Independiente.

Boca Juniors, yang sekarang ditukangi pelatih Gustavo Julio Alfaro, juga lima kali menjadi runner up yaitu pada edisi 1963, 1979, 2004, 2012, dan 2018.

Sementara itu, River Plate menjadi juara kompetisi ini empat kali—edisi 1986, 1996, 2015, dan 2018—atau terbanyak keempat, hanya kalah satu dibandingkan dengan klub Uruguay Penarol yang menempati posisi ketiga terbanyak.

River Plate, yang kini ditangani eks-gelandang serang Timnas Argentina Marcelo Gallardo, juga tampil sebagai runner up dua kali yaitu pada edisi 1966 dan 1976.

Pada Copa Libertadores edisi tahun ini, final yang dijadwalkan hanya satu pertandingan—bukan dua leg kandang tandang sebagaimana yang berlaku selama ini—dipastikan mempertemukan klub Argentina dengan klub Brasil.

Hal itu disebabkan di semifinal lainnya bertemu dua klub Brasil yakni Gremio dan Flamengo. Hasil pertandingan leg pertama Gremio dipaksa imbang tamunya Flamengo dengan skor 1 - 1 pada 3 Oktober WIB lalu di Arena do Gremio di Porto Alegre, Rio Grande do Sul.

Flamengo ganti bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan leg kedua pada Kamis (24/10/2019)  mulai pk. 07.30 WIB

Gremio sudah tiga kali menjuarai Copa Libertadores yakni pada edisi 1983, 1995, dan 2017, sedangkan Flamengo satu kali pada 1981.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Conmebol.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper