Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Belanda, Jerman, Irlandia Utara Bersaing Ketat

Belanda meraih kemenangan dengan skor 3 - 1 atas Irlandia Utara dalam pertandingan Grup C kualifikasi Euro 2020 pada Jumat (11/10/2019) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  06:59 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Belanda, Jerman, Irlandia Utara Bersaing Ketat
Penyerang Timnas Belanda Memphis Depay - Reuters/Piroschka van de Wouw

Bisnis.com, JAKARTA – Belanda meraih kemenangan dengan skor 3 - 1 atas Irlandia Utara dalam pertandingan Grup C kualifikasi Euro 2020 pada Jumat (11/10/2019) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat persaingan di klasemen sementara Grup C sangat ketat dengan tiga tim teratas mengoleksi nilai yang sama 12.

Belanda di posisi teratas, diikuti Jerman, dan Irlandia Utara. Selisih gol Belanda Jerman persis sama yakni 17 - 6, sedangkan Irlandia Utara 8 - 7.

Belanda berhak di pucuk klasemen karena memiliki selisih gol terbaik head to head di antara tiga tim dengan poin persis sama tersebut yakni +3, diikuti Jerman +1, dan Irlandia Utara -4.

Bertarung di Stadion De Kuip di Rotterdam, empat gol terjadi pada babak kedua. Dua gol penentu kemenangan Belanda dicetak saat pertandingan telah memasuki injury time babak kedua melalui Luuk de Jong dan Memphis Depay.

Sebelumnya Josh Magennis membawa Irlandia Utara lebih dahulu unggul pada menit ke-75, tetapi dibalas Depay 5 menit kemudian.

Di pertandingan lain Grup C, dua negara pecahan Uni Soviet, Belarusia dan Estonia, bermain imbang tanpa gol, menempatkan keduanya di posisi dua terbawah klasemen. Nilai Belarusia 4, sedangkan Estonia 1.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas jerman, timnas belanda, Timnas Irlandia Utara, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top