Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amerika Serikat Juara Piala Dunia Putri 2019 Usai Kalahkan Belanda

Amerika Serikat Juara Piala Dunia Putri 2019 Usai Kalahkan Belanda
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat berhasil menjadi juara Piala Dunia Putri 2019 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-0  di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (7/7) malam.

Gol Amerika Serikat diciptakan Megan Rapinoe di menit 61 dan Rose Lavelle di menit 69.

Rapinoe sendiri sebenarnya bari kembali mengemban ban kapten AS setelah sempat absen dalam semifinal kontra Inggris gara-gara cedera hamstring.

Perubahan lainnya di kubu AS adalah Samantha Mewis didorong ke sektor tengah permainan untuk memberikan jalan kepada Lindsey Horan.

Sedangkan, Martens dinyatakan bugar untuk kembali merumput bagi Belanda setelah pemain sayap Barcelona itu sempat ditarik pada babak pertama semifinal kontra Swedia.

Lini belakang Belanda juga mengalami perubahan, dengan masuknya Anouk Dekker menggantikan Merel van Dongen yang dibangkucadangkan.

Kendati demikian, pertandingan babak pertama masih berjalan nirgol dan peluang berarti hanya dimiliki oleh AS pada menit ke-38 yang memaksa kiper Sari van Veenendaal melakukan dua penyelamatan beruntun atas tembakan Mewis dan Alex Morgan.

Masuk di babak kedua, Amerika berhasil mencuri gol setelah Van de Gragt melakukan pelanggaran di kotak penalti sehingga wasit Stephanie Frappart  yang sudah melihat VAR menunjuk titik putih. Rapinoe yang maju sebagai algojo dengan dingin mengksekusi tendangan penalti.

Amerika Serikat akhirnya bisa mengunci kemenangan ini setelah Rose Lavelle mencetak gol lewat aksi solo run dari tengah lapangan yang diakhiri sepakak kaki keras ke sudut gawang. Skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Amerika Serikat.

Dengan kemenangan ini AS mempertahankan status sebagai juara bertahan setelah pada edisi 2015 mereka sukses menaklukkan Jepang dengan skor 5-2. Sebelumnya, AS juga sudah pernah menjadi juara di Piala Dunia di tahun 1991 dan 1999.

Susunan pemain Amerika Serikat vs Belanda: 

Amerika Serikat (4-3-3): Alyssa Naeher; Kelley O’Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Rose Lavelle, Julie Ertz, Samantha Mewis; Tobin Heath, Alex Morgan, Megan Rapinoe
Pelatih: Jill Ellis

Belanda (4-3-3): Sari van Veenendaal; Desiree van Lunteren, Stefanie van der Gragt, Dominique Bloodworth, Anouk Dekker; Jackie Groenen, Sherida Spitse, Danielle van de Donk; Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema, Lieke Martens
Pelatih: Sarina Glotzbach-Wiegman

Wasit: Stephanie Frappart (Prancis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper