Diselamatkan Tiang Gawang 2 Kali, Brasil vs Argentina 2 - 0, Brasil ke Final Copa America

Tuan rumah Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah menundukkan Argentina dengan skor 2 - 0 di semifinal di Stadion Mineirao di Belo Horizonte, Brasil, pada Rabu (3/7/2019) pagi WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 Juli 2019  |  09:32 WIB
Diselamatkan Tiang Gawang 2 Kali, Brasil vs Argentina 2 - 0, Brasil ke Final Copa America
Para pemain Brasil merayakan gol ke gawang Argentina. - Reuters/Washington Alves

Bisnis.com, JAKARTA – Tuan rumah Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah menundukkan Argentina dengan skor 2 - 0 di semifinal di Stadion Mineirao di Belo Horizonte, Brasil, pada Rabu (3/7/2019) pagi WIB.

Sebagaimana tayangan live streaming, pertandingan berjalan dalam tempo tinggi dan kerap kali terhenti akibat kedua tim silih berganti melakukan pelanggaran, memaksa wasit asal Ekuador Roddy Zambrano bekerja keras.

Satu-satunya gol pada babak pertama dihasilkan oleh ujung tombak Gabriel Jesus pada menit ke-19.

Pertandingan itu sebenarnya berjalan seimbang, bahklan Argentina hampir membuka keunggulan ketika pada menit ke-12 tendangan jarak jauh Leandro Paredes hanya tipis di atas mistar gawang Brasil, padahal kiper Alisson Becker telah gagal menjangkau bola.

Brasil justru akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-19. Gol bermula dari olah bola yang elok dari kapten sekalugus bek Dani Alves di wilayah kiri pertahanan Argentina dengan mengecoh tiga pemain lawan.

Dia lantas menyodorkan bola kepada Roberto Firmino yang segera melepas umpan silan g mendatar yang dituntaskan dengan tendangan keras Gabriel Jesus dari jarak sekitar 10 meter yanbg memang terlalu deras untuk dihentikan kiper Argentina Franco Armani.

Pada menit ke-30 Argentina hampir menyamakan skor. Tendangan bebas Lionel Messi disambut sundulan kepala Sergio Aguero, tetapi si kulit bundar hanya menghantam mistar gawang Brasil.

Memasuki babak kedua, laga langsung berjalan sengit. Argentina kembali mendapat peluang. Pada menit ke-52, menerima sodoran bola dari Messi, tendangan keras Rodrigo de Paul dari ruang yang cukup terbuka, melayang di atas mistar gawang Brasil.

Berselang 5 menit kemudian, Argentina kembali mendapat peluang. Tendangan Messi hanya menghantam tiang kanan gawang Brasil. Bola rebound disambut Messi dengan melepas umpan silang, tetapi Aguero terlambat meneruskannya masuk gawang.

Pada menit ke-67, Argentina kembali memperoleh peluang. Kali ini tendangan bebas Messi mengarah tepat ke sudut kanan atas gawang Brasil, tetapi kiper Alisson secara luar biasa mampu menangkap bola.

Di tengah upaya Argentina meraih gol balasa, Brasil justru berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-71 lewat serangan balik. Gabriel Jesus berperan penting membawa bola dari tengah lapangan, melewati dua pemain lawan, mengirimkannya ke hadapan gawang Argentina yang dengan mudah disontek Firmino menjadi gol, skor 2 - 0.

Dengan kemenangan ini, Brasil akan berhadapan dengan pemen ang semifinal lainnya antara juara bertahan Cile dan Peru yang akan berlangsung pada Kamis (4/7/2019) pagi WIB. Final akan digelar pada Minggu (7/7/2019) dini hari WIB.

Argentina adalah juara 14 kali Copa America, hanya satu lebih sedikit dibandingkan dengan Uruguay yang pemegang rekor terbanyak 15 kali, sedangkan Brasil menjadi kampiun perhelatan sepak bola se-Amerika Selatan ini sebanyak delapan kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, timnas argentina, copa america

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top