Hasil Copa America: Argentina, Uruguay, Peru Lolos ke Perempat Final

Kolombia “membantu” Argentina lolos ke perempat final Copa America di Brasil dengan status runner up Grup C.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  06:55 WIB
Hasil Copa America: Argentina, Uruguay, Peru Lolos ke Perempat Final
Penyerang Timnas Argentina Lautaro Martinez selepas menjebol gawang Qatar. - Reuters/Ueslei Marcelino

Bisnis.com, JAKARTA – Kolombia “membantu” Argentina lolos ke perempat final Copa America di Brasil dengan status runner up Grup C setelah keduanya mencatat kemenangan dalam pertandingan matchday ketiga Grup B pada Senin (24/6/2019) dini hari WIB.

Bermain di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Gustavo Cuellar mencetak satu-satunya gol pada menit ke-31 untuk membawa Kolombia menang 1 - 0 atas Paraguay.

Bagi Kolombia, kemenangan itu sebenarnya sama sekali tak berguna karena sebelum pertandingan dimulai mereka telah dipastikan menjadi juara Grup B setelah memenangi dua laga awal sehingga mendulang nilai 6 dan Paraguay menuai 2 angka di belakangnya. Jadi, jika pun Paraguay menang, nilainya tak bisa mengejar Kolombia.

Kemenangan Kolombia atas Paraguay justru memastikan bagi Argentina lolos sebagai runner up Grup C yang di laga lain saat bersamaan di Arena do Gremio di Porto Alegre menang 2 - 0 atas Qatar lewat gol-gol Lautaro Martinez (4’) dan Sergio Aguero (84’).

Dengan kemenangan itu, Argentina mengoleksi nilai 4 dan melewati Paraguay yang tertahan di angka 2 akibat kekalahan dari Kolombia. Argentina pun lolos ke 8 besar dengan status runner up di bawah Kolombia.

Kalau pun Kolombia kalah dari Paraguay, sebenarnya Argentina tetap dipastikan lolos ke 8 besar, tetapi sebagai salah satu dari peringkat ketiga terbaik karena unggul selisih gol dari peringkat ketiga yakni Peru.

Sementara itu, Qatar dengan nilai 1 menempati dasar klasemen dan tersingkir. Paraguay dengan nilai hanya 2 finis di peringkat ketiga, tetapi masih berpeluang lolos ke perempat final sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik, menantikan hasil pertandingan di Grup C.

Kemenangan Kolombia atas Paraguay bukan hanya membantu Argentina lolos sebagai runner up, yang akhirnya tetapi juga menolong Uruguay di Grup C dan Peru di Grup A lolos ke 8 besar.

Meski berbeda grup, dengan Kolombia memaksa Paraguay finis di posisi ketiga dengan nilai 2, Uruguay dengan sendirinya lolos karena kalau pun di laga matchday terakhir Grup C pada Selasa (25/6/2019) pagi WIB kalah dari Cile sehingga Uruguay finis di tempat ketiga, nilai 4 yang telah didapat Luis Suarez dan kawan-kawan pada saat ini sudah lebih tinggi daripada Paraguay.

Kemenangan Kolomia itu juga memastikan Peru, dengan nilai 4 di Grup, menjadi salah satu dari peringkat ketiga terbaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas argentina, timnas uruguay, timnas kolombia, copa america, Timnas Peru

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup