Jepang vs Uruguay 2 - 2, Jaga Peluang ke 8 Besar Copa America (Video)

Jepang menjaga asa untuk lolos ke 8 besar Copa America 2019 di Brasil setelah menahan imbang Uruguay 2 - 2 dalam matchday kedua Grup C.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Juni 2019  |  08:34 WIB
Jepang vs Uruguay 2 - 2, Jaga Peluang ke 8 Besar Copa America (Video)
Striker Uruguay Edinson Cavani (depan, 21) merayakan gol yang dicetak bek Jose Maria Gimenez (paling kanan) ke gawang Jepang. - Reuters/Ueslei Marcelino

Bisnis.com, JAKARTA – Jepang menjaga asa untuk lolos ke 8 besar Copa America 2019 di Brasil setelah menahan imbang Uruguay 2 - 2 dalam matchday kedua Grup C pada Jumat (21/6/2019) pagi WIB.

Dalam laga di Porto Alegre, para pemain Jepang menunjukkan militansi tingkat tinggi dengan pressure untuk membuat skuat Uruguay tidak leluasa menguasai bola ataupun melepaskan umpan.

Koji Miyoshi menjadi pahlawan Jepang dengan mencetak dua gol sempat membuat tim tamu dari Asia itu dua kali memimpin, tetapi kemudian gagal mempertahankan keunggulan lantaran dua kali pula Uruguay berhasil melesakkan gol balasan.

Miyoshi membawa Jepang unggul pada menit ke-25 setelah menuntaskan skema serangan balik dengan tendangan keras dari sudut sempit.

Uruguay membalas 7 menit berselang lewat penalti Luis Suarez. Wasit Andres Rojas dari Kolombia menentukan penalti setelah Naomichi Ueda melanggar Edinson Cavani di area terlarang.

Memasuki babak kedua, pada menit ke-59, Miyoshi membawa Jepang unggul kembali setelah menyambar bola rebound yang sempat ditepis kiper Uruguay Fernando Muslera.

Uruguay untuk kedua kali mampu memberikan gol balasan, kali ini melalui sundulan kepala Jose Maria Gimenez menyambar umpan sepak pojok Nicolas Lodeiro pada menit ke-66.

Raihan 1 angka Jepang ini juga tak lepas dari penampilan gemilang kiper Eiji Kawashima yang mementahkan tiga peluang emas Uruguay, dua dari Suarez dan satu dari Cavani.

Kesuksesan Jepang menahan seri Uruguay juga diuntungkan oleh sundulan kepala Suarez pada menit ke-80 yang hanya menghantam mistar gawang ketika Kawashima telah mati langkah.

Dengan hasil ini, Uruguay tetap di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai 4 dari dua pertandingan, sedangkan Jepang di slot ketiga dengan nilai 1.

Di posisi kedua bercokol Cile dengan koleksi 3 angka, sedangkan Ekuador menempati dasar klasemen tanpa nilai. Cile dan Ekuador akan memainkan matchday kedua mereka pada Sabtu (22/6/2019) pagi WIB.

Meskipun gagal menang di dua laga awal, raihan hasil seri ini memelihara harapan Jepang untuk lolos ke 8 besar paling tidak sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik asalkan bisa menang atas Ekuador pada matchday ketiga pekan depan.

Untuk mengetahui jadwal lengkap fase grup Copa America 2019, sila klik di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas uruguay, copa america, timnas jepang

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top