Luis Suarez Mandul, Tetap Dipertahankan Saat Barcelona vs Sevilla

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde enggan mengistirahatkan Luis Suarez meski tahu pemain itu berjuang mendapatkan bentuk terbaik di tengah jadwal yang padat termasuk dua laga melawan Madrid.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Februari 2019  |  17:42 WIB
Luis Suarez Mandul, Tetap Dipertahankan Saat Barcelona vs Sevilla
Striker FC Barcelona Luis Suarez - Reuters/Paul Hanna

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Barcelona Ernesto Valverde enggan mengistirahatkan Luis Suarez meski tahu pemain Uruguay itu berjuang untuk mendapatkan bentuk terbaik di tengah jadwal pertandingan yang padat, termasuk dua laga melawan Real Madrid dalam 8 hari ke depan.

Barca tengah memimpin klasemen sementara Divisi Primer La Liga Spanyol dengan keunggulan 7 poin atas Atletico Madrid yang berada di posisi kedua dan 9 angka atas Real Madrid di posisi ketiga.

Tim Katalan tersebut mengunjungi peringkat keempat La Liga Sevilla pada Sabtu (23/2/2019) malam WIB di liga dan kemudian menjalani dua laga beruntun di Stadion Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, di leg kedua semifinal Piala Raja (Copa del Rey) pada Kamis (28/2/2019) mulai pk. 03.00 WIB dan 3 hari kemudian di liga.

Seperti dalam beberapa musim terakhir, Barca mengalami penurunan kinerja pada Februari, memenangi satu laga dan seri di empat pertandingan di semua kompetisi bulan ini.

Beberapa pemain, termasuk Suarez dan Lionel Messi, sama-sama tampil tidak maksimal, agaknya karena kelelahan. Messi mencetak sembilan penampilan beruntun dari 16 Desember hingga 2 Februari, tapi lantas hanya mencetak satu kali sejak itu. Suarez bahkan gagal mencetak gol sama sekali selama Februari.

"Kami menghadapi tiga pertandingan yang sangat sulit dalam 7 hari, jadi harus berpikir tentang rotasi. Kami tahu betapa mahalnya jika ada cedera pada situasi ini," kata Valverde pada Sabtu pagi WIB.

Walaupun menyadari kondisi yang tengah dihadapi timnya termasuk mengenai risiko terjadi cedera, Valverde menegaskan tidak ada rencana untuk menepikan Suarez.

Suarez, 32 tahun, menuai kritik setelah penampilan yang buruk dalam hasil imbang 0 - 0 Barca melawan tuan rumah klub Prancis Olympique Lyonnais di Liga Champions Eropa pada pertengahan pekan.

Meskipun ada tanda-tanda bahwa pemain Uruguay itu bisa mendapat manfaat jika untuk sementara diistirahatkan, Valverde mengaku sulit untuk meninggalkan striker tersebut.

"Dia baik-baik saja, pekan lalu (melawan Valladolid) dia mulai dari bangku cadangan sehingga dia sudah beristirahat. Suarez menjamin peluang kami di setiap pertandingan, sulit untuk tidak menurunkannya," tambah Valverde.

"Orang-orang selalu fokus pada nama yang sama pada saat-saat tertentu. Jadi, penasaran dengan Luis karena dia pernah menjadi sorotan sebelumnya dan kemudian kembali [pulih permainannya] dan mencetak banyak gol. Kita bicara tentang pencetak gol tertinggi kelima sepanjang sejarah klub,” lanjut Valverde.

"Kami hanya perlu bersabar dan bertahan, itulah yang dia lakukan, dan para pemain dan saya sangat sabar dengannya karena dia pemain hebat," tuturnya.

Barca kalah 0 - 2 dalam kunjungan terakhir mereka ke Sevilla di pentas Copa del Rey bulan lalu, tetapi membalikkan kedudukan dengan kemenangan 6 - 1 di leg kedua.

Menghadapi klub Andalusia tersebut, Valverde memperingatkan potensi bahaya dari anak asuh Pablo Machin, yang mengalahkan Real Madrid 3 - 0 di kandang pada awal musim ini.

"Sevilla tim yang menakutkan di kandang mereka Mereka memiliki beberapa hasil bagus melawan tim-tim top, dan terakhir kali kami pergi ke sana kami kalah," ucap Valverde.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Barcelona, Liga Spanyol, copa del rey

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup