Eks-Pelatih Timnas Italia Prandelli Gantikan Juric Tukangi Genoa

Mantan pelatih Timnas Italia Cesare Prandelli menggantikan Ivan Juric sebagai pelatih klub Serie A Italia Genoa.
M. Syahran W. Lubis | 08 Desember 2018 17:14 WIB
Cesare Prandelli saat jumpa pers ketika memimpin Timnas Italia di Piala Dunia 2014 di Brasil. - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan pelatih Timnas Italia Cesare Prandelli menggantikan Ivan Juric sebagai pelatih klub Serie A Italia Genoa.

Bagi Juric, mantan gelandang Timnas Kroasia, ini merupakan pemecatan ketiga kalinya oleh klub kota pelabuhan tersebut sepanjang kariernya setelah dua kali mengalami nasib buruk itu tahun lalu.

Pemecatan terhadap Juric kali ini dipicu oleh ketersingkiran mereka dari ajang Coppa Italia pada Jumat (7/12/2018) pagi WIB setelah dikalahkan klub Serie C (divisi 3) Virtus Entella lewat adu penalti setelah imbang 3-3 dalam permainan selama 120 menit termasuk 2 x 15 babak tambahan.

Ironisnya, sebenarnya Genoa telah unggul 3-2 hingga waktu permainan 120 menit tiba, tetapi kebobolan saat injury time babak tambahan memasuki menit ke-2 melalui Krisztian Adorjan.

"Genoa Cricket & Football Club mengumumkan telah memercayakan kepemimpinan teknis tim kepada mantan pelatih Italia Cesare Prandelli,” demikian pernyataan resmi Genoa pada Jumat (8/12/2018) malam WIB.

Genoa, yang didirikan pada 1893 dan merupakan klub paling tua di Italia yang masih baktif, saat ini menempati peringkat ke-14 klasemen sementara Serie A dengan koleksi 15 angka dari 14 pertandingan atau hanya berjarak 4 angka dari zona merah degradasi.

Juric dipanggil untuk ketiga kalinya oleh manajemen Genoa pada Oktober lalu untuk men ggantikan Davide Ballardini, tetapi gagal memberik satu kemenangan pun dalam delapan pertandingan kompetitif.

Prandelli menukangi Timnas Italia selama 4 tahun, memimpjn Gli Azzurri (Si Biru) lolos ke final Piala Eropa (Euro) 2012, tetapi digasak Spanyol 0 – 4 di laga puncak. Dia mundur dari jabatan penuh bprestise tersebut setelah Italia kandas di fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil.

Setelah itu, dia sempat menangani klub Turki Galatasaray, klub La Liga Spanyol Valencia, dan klub Uni Emirat Arab Al Nasr.

Pentas Serie A musim 2018 - 2019 telah memakan korban pemecatan terhadap enam pelatih, masing-masing dua di antaranya dilakukan Genoa dan Chievo Verona serta masing-masing satu oleh Empoli dan Udinese.

Prandelli, 61 tahun dan eks-gelandang Juventus pada 1979 - 1985 akan memulai tugas bersama Genoa ketika tim berjuluk Rossoblu (Merah-Biru) tersebut menjamu SPAL dalam pertandingan lanjutan pekan ke-15 Serie A pada Senin (10/12/2018) mulai pk. 00.00 WIB.

Sumber : Reuters

Tag : liga italia, genoa
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top