Luis Suarez Cetak 2 Gol, Uruguay Gasak Meksiko Skor 4 - 1

Uruguay menghabisi Meksiko dengan skor telak 4 – 1 dalam pertandingan uji coba di Stadion NRG di Houston, Texas, Amerika Serikat, pada Sabtu (8/9/2018) pagi WIB.
M. Syahran W. Lubis | 08 September 2018 16:24 WIB
Ujung tombak Uruguay Luis Suarez - Reuters/Tony Gentile

Bisnis.com, JAKARTA – Uruguay menghabisi Meksiko dengan skor telak 4 – 1 dalam pertandingan uji coba di Stadion NRG di Houston, Texas, Amerika Serikat, pada Sabtu (8/9/2018) pagi WIB.

Dalam pertandingan itu, pelatih sementara Uruguay Fabian Coito karena pelatih utama Oscar Tabarez sakit, menurunkan ujung tombak FC Barcelona Luis Suarez, tetapi memilih mengistirahatkan striker Paris Saint-Germain (PSG) Edinson Cavani.

Cavani cedera ketika mencetak dua gol kemenangan Uruguay 2 – 1 atas Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni – Juli lalu.

Dia kemudian absen di 8 besar yang mengontribusi kekalahan 0 – 2 Uruguay dari Prancis yang kemudian melaju hingga tampil sebagai juara dunia.

Sejak itu, sebenarnya Cavani telah tampil dalam dua pertandingan resmi untuk PSG di Ligue 1 Prancis, bahkan mencfetak gol dalam dua laga tersebut. Namun, Coiton agaknya tak mau mengambil risiko menurunkannya yang berpotensi kembali dibekap cedera.

Luis Suarez pada akhirnya membuktikan bahwa tanpa Cavani pun, dia bisa memberi kontribusi besar bagi Uruguay ketika meladeni Meksiko. Dia mencetak dua gol dan memasok satu assist.

Bek Atletico Madrid Jose Maria Gimenez membuka keunggulan Uruguay pada menit ke-21 setelah tandukannya menyambar umpan sepak pojok Jonathan Urretaviscaya menembus sudut kiri atas gawang Meksiko yang dikawal kiper veteran Guillermo Ochoa.

Namun, Meksiko berhasil memberikan gol balasan dari titik penalti berselang 4 menit kemudian yang dieksekusi ujung tombak Wolverhampton Wanderers Raul Jimenez. Wasit Ismail Elfath (AS) menetapkan penalti setelah gelandang Uruguay Rodrigo Bentancur mengganjal Hirving Lozano di kotak terlarang.

Uruguay memulihkan keunggulan pada menit ke-32 melalui tendangan bebas Luis Suarez yang menusuk sudut kiri bawah gawang Meksiko. Ochoa telah bergerak tepat ke arah bola, tetapi laju bola masih terlalu deras dari hadangannya.

Suarez pula yang mencetak gol ketiga Los Celeste alias Si Biru Langit, kali ini dari eksekusi tendangan penalti 6 menit menjelang turun minum. Hadiah penalti diberikan wasit Ismail Elfath karena bek Meksiko Jesus Angulo menjatuhkan Suarez di kotak terlarang.

Suarez mengeksekusi penalti dengan tendangan chip ala Panenka yang berhasil mengecoh kiper Ochoa dan skor 3 – 1 bertahan hingga rehat.

Pada babak kedua, Uruguay menambah satu gol melalui Gaston Pereiro pada menit ke-59 dengan assist Luis Suarez pada menit ke-59.

Pereiro, penyerang yang membantu PSV Eindhoven juara Eredivisie Belanda tapi tak dibawa ke Piala Dunia 2018 di Rusia, melepas tandukan keras dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan lambung Suarez.

Meksiko sebenarnya bisa menambah satu gol lagi, tetapi eksekusi penalti Raul Jimenez pada menit ke-75 digagalkan kiper Uruguay Fernando Muslera. Penalti ditetapkan wasit setelah bek Uruguay Martin Caceres mengganjal dari belakang penyerang Meksiko Roberto Alvarado.

Sumber : Reuters & ESPN

Tag : timnas uruguay, timnas meksiko
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top