Hasil Piala AFF U-19: Aksi Heroik Indonesia Gilas Vietnam, Lolos ke Semifinal

Anak-anak Garuda Muda Timnas Indonesia U-19 tampil heroik hingga menang 1-0 atas Vietnam dan memastikan lolos ke semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-19.
M. Syahran W. Lubis | 07 Juli 2018 21:11 WIB
Penyerang andalan Timnas Indonesia U-19 Rafli Mursalim selepas menjebol gawang Vietnam. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Anak-anak Garuda Muda Timnas Indonesia U-19 tampil heroik hingga menang 1-0 atas Vietnam dan memastikan lolos ke semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-19.

Dalam pertandingan matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Sabtu (7/7/2018) malam, anak-anak muda Indonesia menghadapi perlawanan sangat keras dari Vietnam.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, Indonesia mendominasi jalannya pertandingan, tetapi kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Bahkan sebaliknya Vietnam sempat sampai empat kali mengancam gawang Indonesia, beruntung penjaga gawang Muhammad Riyandi bermain gemilang mementahkan semua peluang Vietnam itu meskipun harus terkapar dihantam kaki penyerang lawan.

Keputusan pelatih Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo Albert Ferre menggantikan Feby Eka Putra pada pertengahan babak kedua membuahkan hasil. Pemain Persipura Jayapura itu mampu membuat kocar-kacir pertahanan lawan dan puncaknya terjadi pada menit ke-80.

Todd Ferre meliuk-liuk mengecoh tiga pemain Vietnam dan melepas tendangan keras. Bola hanya menghantam mistar gawang, bola rebound segera disambar Muhammad Rafli Mursalim untuk menjebol gawang Vietnam, skor berubah menjadi 1-0.

Selepas itu, Vietnam, mengurung pertahanan Indonesia. Bukan hanya 10 menit, tetapi 15 menit karena ada injury time 5 menit. Namun, Indonesia berhasil mempertahankan kemenangan 1-0.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan lolos ke semifinal paling tidak sebagai runner up walaupun di laga terakhir fase grup pada Senin (9/7/2018) kalah dari Thailand.

Thailand sendiri memenangi pertandingan pada Sabtu petang dengan skor 5-0 atas Filipina, begitu juga Laos cukup mengejutkan dengan menang 5-0 atas Singapura.

Klasemen sementara, Indonesia di pucuk Grup A dengan nilai 12 hasil sapu bersih empat kemenangan, diikuti Thailand 10, Vietnam 7, Laos dan Filipina 3, serta Singapura 0.

Tag : piala aff u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top