Piala AFF: Laga Hidup Mati Garuda Muda vs Vietnam & Thailand

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan berat Vietnam dalam mathday keempat Grup A Piala Asean Football Federation (AFF) U-19.
M. Syahran W. Lubis | 06 Juli 2018 21:51 WIB
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Todd Rivaldo Ferre (tengah). - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan berat Vietnam dalam mathday keempat Grup A Piala Asean Football Federation (AFF) U-19 yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Sabtu malam (7/7/2018).

Pertandingan yang direncanakan disiarkan secara langsung oleh Indosiar tersebut bisa dikatakan hidup mati karena akan sangat menentukan untuk lolos tidaknya kedua tim ke babak semifinal dengan satu kompetitor lagi ialah Thailand yang merupakan juara bertahan.

Grup A terdiri dari enam tim. Selain Indonesia, Vietnam, dan Thailand, juga ada Filipina, Laos, dan Singapura. Hanya dua tim yang finis teratas yang berhak mewakili Grup A ke babak semifinal. Juara Grup A bertemu runner Grup B dan sebaliknya juara Grup B bertemu runner up Grup A.

Di Grup B terdapat Malaysia yang tengah memimpin klasemen sementara, kemudian Timor Leste, Kamboja, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Menjadi juara Grup A demi terhindar bertemu juara Grup B di semifinal merupakan hal penting. Oleh karena itu, skuat asuhan Indra Sjafri wajib menduang poin penuh dalam dua pertandingan terakhir di fase grup yakni melawan Vietnam dan Thailand.

Apabila hanya membidik hasil seri, akan berisiko bisa-bisa hanya finis sebagai peringkat ketiga Grup A yang artinya gagal lolos ke fase empat besar alias semifinal.

Masalahnya, Indonesia kalah selisih gol dari Thailand yang 9-0, sedangkan skuat Garuda Muda, sebagaimana juga Vietnam, 9-1. Maka dari itu, kemenangan menjadi jalan paling aman, bukan hanya melawan Vietnam, tapi juga laga terakhir kontra Thailand, agar finis di posisi paling atas.

Posisi klasemen Grup A sementara ini Saddil Ramdani dan kawan-kawan teratas dengan nilai 9, Thailand dan Vietnam masing-masing 7, Filipina 3, serta Laos dan Singapura menempati dua terbawah tanpa nilai.

Tag : piala aff u-19, timnas indonesia u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top