Hasil Gold Cup: Meksiko vs Jamaika 0-0, Tertunda ke 8 Besar

Meksiko dan Jamaika berbagi poin masing-masing satu setelah keduanya bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan matchday ketiga Grup C Gold Cup 2017 di AS.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 14 Juli 2017  |  13:34 WIB
Hasil Gold Cup: Meksiko vs Jamaika 0-0, Tertunda ke 8 Besar
Pemain Meksiko Edson Alvarez frustrasi setelah gagal memaksimalkan peluang di depan gawang Jamaika. - ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Meksiko dan Jamaika berbagi poin masing-masing satu setelah keduanya bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan matchday ketiga Grup C Gold Cup (Piala Emas) 2017 di Amerika Serikat.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (14/7/2017) di Stadion Sports Authority Field di Mile High, Denver, Colorado, Meksiko, yang merupakan juara bertahan mendominasi jalannya pertarungan dengan penguasaan bola mencapai 67 persen.

Namun, sejumlah peluang ditambah dengan pertahanan ketat Jamaika membuat Meksiko gagal menjaringkan bola di gawang lawan yang dikawal kiper Andre Blake, yang sehari-hari merumput di AS bersama klub Major League Soccer (MLS) Philadelphia Union.

Hasil itu menunda langkah keduanya untuk ke 8 besar meski peluang lolos tetap besar. Keduanya sama-sama mendulang nilai 4 dengan produktivitas mencetak gol Meksiko lebih baik, 3 berbanding 2 meski selisih gol sama-sama 2, sehingga berhak di posisi teratas klasemen sementara Grup C.

Sementara di tempat yang sama sebelumnya El Salvador menundukkan Curacao dengan skor 2-0 yang tak lepas berkat penampilan gemilang second striker Rodolfo Antonio Zelaya, yang mencetak satu gol dan memasok assist untuk gol lainnya.

Keunggulan El Salvador dibuka oleh Gerson Mayen pada menit ke-21 dengan Zelaya sebagai pemberi assist. Hanya berselang 3 menit kemudian giliran Zelaya yang mencatatkan nama di papan skor setelah menyambar umpan Nelson Bonilla.

Curacao sebenarnya berpeluang besar untuk memperkecil skor 2 menit menjelang turun minum, tetapi eksekusi penalti Gevaro Nepomuceno gagal membuahkan hasil, sehingga skor tetap 2-0 untuk El Salvador yang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan tersebut membuat anak asuh pelatih asal Ekuador Eduardo Lara membuka peluang untuk lolos ke babak perempat final. El Salvador kini menempati peringkat ketiga dengan nilai 3, sedangkan Curacao di dasar klasemen dengan belum mendapatkan nilai.

Meksiko adalah juara terbanyak Piala Emas sejak digelar pertama kali pada 1991

Piala Emas merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (The Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football/Concacaf) yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Putaran final Piala Emas 2017 diikuti 12 negara yang dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisi empat tim. Setiap juara dan runner up grup lolos ke babak 8 besar bersama dua peringkat ketiga terbaik.

Grup A terdiri atas Kosta Rika, Guyana Prancis, Honduras, dan Kanada. Di Grup B terdapat tuan rumah AS, Panama, Nikaragua, dan Martinique. Sedangkan Grup C diisi juara bertahan Meksiko, Jamaika, El Salvador, dan Curacao.

Meksiko adalah juara terbanyak Piala Emas sejak digelar pertama kali pada 1991 yakni tujuh kali pada edisi 1993, 1996, 1998, 2003, 2009, 2011, dan 2015. AS juara lima kali pada 1991, 2002, 2005, 2007, dan 2013, sedangkan Kanada satu kali pada 2000.

Sebelum 1991, kejuaraan antarnegara anggota Concacaf disebut sebagai Kejuaraan Concacaf yang berlangsung sejak 1963 hingga 1989 di mana Timnas AS belum dilibatkan.

Meksiko, bersama Kosta Rika, juga juara terbanyak Kejuaraan Concacaf masing-masing tiga kali. Meksiko juara pada 1965, 1971, dan 1977, sedangkan Kosta Rika 1963, 1969, 1989. Empat timnas yakni Guatemala, Haiti, Honduras, dan Kanada masing-masing satu kali tampil sebagai juara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gold cup, timnas meksiko, Timnas Jamaika

Sumber : Reuters & ESPN

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top