Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Copa America Centenario: Chile Dampingi Argentina ke 8 Besar

Chile berhasil melaju ke babak 8 besar Copa America Centenario mendampingi Argentina setelah mengalahkan Panama dengan skor 4-2.
Suporter Timnas Argentina merayakan kemenangan tim kesayangannya atas Bolivia/Reuters
Suporter Timnas Argentina merayakan kemenangan tim kesayangannya atas Bolivia/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Chile berhasil melaju ke babak 8 besar Copa America Centenario mendampingi Argentina—yang telah lebih dulu lolos—setelah mengalahkan Panama dengan skor 4-2, sementara tim Tango sendiri mengakhiri laga Grup D dengan menghajar Bolivia 3-0.

Dalam pertandingan di Stadion Lincoln Financial Field di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Kompas TV, Chile menang berkat masing-masing dua gol dari Eduardo Vargas (15’ dan 43’) serta Alexis Sanchez (50’ dan 89’). Sedangkan Chile hanya mencetak dua gol melalui Miguel Camargo (5’) dan Abdiel Arroyo (75’).

Sementara itu, di Stadion CenturyLink Field di Seattle, Washington, AS, Argentina, yang memulai pertandingan dengan status telah lolos ke 8 besar, menggasak Bolivia 3-0 melalui gol-gol sumbangsih Erik Lamela (13’), Ezequiel Lavezzi (15’), dan Victor Cuesta (32’).

Pelatih Argentina Geraro Martino memilih menurunkan pemain bintang Lionel Messi sejak awal babak kedua menggantikan Gonzalo Higuain. Namun justru tak ada tambahan gol setelah bintang Barcelona itu bermain.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Argentina memuncaki klasemen akhir dengan nilai sempurna 9 hasil tiga kali kemenangan, diikuti Chile 6, Panama, 3, dan Bolivia di dasar klasemen nihil nilai karena selalu kalah dalam tiga laga fase grup.

Di babak 8 besar atau perempat final, Argentina akan bertemu runner up Grup C Venezuela yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (19/6/2016) mulai pk. 06:00 WIB, sementara Chile jumpa juara Grup C Meksiko yang digelar 3 jam setelah kick off laga Argentina vs Venezuela.

Copa America sejatinya merupakan turnamen antarnegara yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus dalam rangka memperingati 100 tahun digelarnya tunamen tersebut—dimulai pada 1916—, Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) untuk ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah AS, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol meliputi Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Uruguay merupakan juara Copa America terbanyak yakni 15 kali, satu lebih banyak ketimbang Argentina. Brasil juara delapan kali, Paraguay dan Peru masing-masing dua kali, serta Chile, Kolombia, dan Bolivia masing-masing satu kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper