Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Copa America Centenario: Tuan Rumah AS Dihajar Kolombia 0-2

Tuan rumah Amerika Serikat terancam gagal lolos ke fase knock out setelah dalam laga pembuka Copa America Centenario kalah dengan skor 0-2 dari Kolombia.
Para pemain Kolombia merayakan gol ke gawang AS dalam laga pembuka Copa America Centenario/The Guardian
Para pemain Kolombia merayakan gol ke gawang AS dalam laga pembuka Copa America Centenario/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Amerika Serikat terancam gagal lolos ke fase knock out setelah dalam laga pembuka Copa America Centenario kalah dengan skor 0-2 dari Kolombia pada Sabtu pagi WIB (4/6/2016) di Santa Clara, California.

Sebagaimana ditayangkan secara langsung oleh Kompas TV, dalam pertandingan Grup A itu, AS, yang ditukangi mantan pemain Timnas Jerman Barat dan Jerman Jurgen Klinsmann, lebih mendominasi penguasaan bola, namun justru kebobolan dua gol tanpa balas dari Kolombia yang ditangani pelatih asal Argentina Jose Pekerman.

Kedua gol Kolombia dihasilkan pada babak pertama. Pertandingan baru memasuki menit ke-8, Cristian Zapata telah menjebol gawang AS yang dikawal kiper Brad Guzan, dengan memanfaatkan assist tendangan bebas Edwin Cardona.

Kolombia menggandakan keunggulan melalui titik penalti yang dieksekusi pemain Real Madrid James Rodriguez 4 menit menjelang babak pertama berakhir. Wasit Roberto Garcia memberikan hadiah penalti karena bek AS Denadre Yedlin menyentuh bola di kotak terlarang.

Pada menit ke-76, Kolombia hampir mencetak gol ketiga, namun tendangan keras Carlos Bacca yang lolos dari jebakan offside dan telah berhadapan dengan kiper Guzan hanya menghantam mistar gawang AS.

AS sendiri sempat memiliki setidaknya tiga peluang, seluruhnya dari Clinton Drew ’Clint’ Dempsey. Pada babak pertama tendangan jarak jauhnya tipis dengan hitungan sentimeter di sisi luar kanan gawang Kolombia.

Kemudian pada babak kedua satu tendangan bebasnya diselamatkan kiper Kolombia David Ospina dengan susah payah dan satu lagi tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih melebar ke kanan gawang.

Hasil ini membuat AS dalam kesulitan mengingat hanya dua tim teratas yang lolos ke perempat final. Di Grup A juga terdapat Kosta Rika dan Paraguay. AS adalah unggulan di Grup A karena berstatus tuan rumah.

Copa America Centenario diikuti 16 tim yang dibagi menjadi empat grup. Copa America ialah turnamen antarnegara yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus untuk memperingati 100 tahun tunamen itu—dimulai pada 1916—, Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah AS, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol meliputi Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Uruguay merupakan juara Copa America terbanyak yakni 15 kali, satu lebih banyak ketimbang Argentina. Brasil juara delapan kali, Paraguay dan Peru masing-masing dua kali, serta Chile, Kolombia, dan Bolivia masing-masing satu kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper