Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Uji Coba Copa America: Juara Bertahan Chile Disikat Meksiko 0-1

Gol tunggal Javier Hernandez 5 menit menjelang laga usai membawa Meksiko mengalahkan juara bertahan Copa America Chile dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pemanasan menjelang digelarnya turnamen tersebut.
Javier 'Chicharito' Hernandez/Fox Sports
Javier 'Chicharito' Hernandez/Fox Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Gol tunggal Javier Hernandez melalui sundulan kepala 5 menit menjelang laga usai membawa Meksiko mengalahkan juara bertahan Copa America Chile dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan pemanasan menjelang digelarnya turnamen tersebut.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Qualcomm di San Diego, California, Amerika Serikat, pada Jumat WIB (3/6/2016), kedua tim yang sama-sama kontestan Copa America Centenario memiliki penguasaan bola yang relatif berimbang.

Kemenangan 1-0 tersebut sangat berarti bagi Meksiko, yang ditukangi pelatih berkebangsaan Kolombia Juan Carlos Osorio, untuk membuktikan kelayakan penempatan mereka sebagai salah satu unggulan dalam Copa America Centenario bersama AS, Brasil, dan Argentina.

Sementara itu bagi Chile, kekalahan menjadi peringatan bahwa langkah tim arahan pelatih asal Spanyol Juan Antonio Pizzi itu untuk mempertahankan gelar juara Copa America yang direbut di negaranya setahun lalu tidaklah mudah ketika Copa America Centenario dimulai pada Sabtu pagi WIB (4/6/2016).

Copa America Centenario, yang merupakan peringatan 100 tahun digelarnya turnamen antarnegara paling tua di dunia itu, akan berlangsung hingga 27 Juni mendatang di AS.

Dalam turnamen itu, Meksiko menjadi unggulan Grup C yang juga dihuni Uruguay, Venezuela, dan Jamaika. Sedangkan Chile berada di Grup D bersama Argentina, Panama, dan Bolivia.

Copa America sejatinya merupakan turnamen antarnegara yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus dalam rangka memperingati 100 tahun digelarnya tunamen tersebut—dimulai pada 1916—, Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) untuk ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah AS, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol meliputi Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Uruguay merupakan juara Copa America terbanyak yakni 15 kali, satu lebih banyak ketimbang Argentina. Brasil juara delapan kali, Paraguay dan Peru masing-masing dua kali, serta Chile, Kolombia, dan Bolivia masing-masing satu kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper