Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualifikasi Euro 2016: Penalti Kontroversial Bantu Irlandia Lolos

Republik Irlandia memperlihatkan penampilan klasik disiplin, ngotot, dan keras kepala untuk meraih satu tiket ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis.
Striker Republik Irlandia Jonathan Walters (depan) merayakan golnya ke gawang Bosnia-Herzegovina/The Guardian
Striker Republik Irlandia Jonathan Walters (depan) merayakan golnya ke gawang Bosnia-Herzegovina/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Republik Irlandia memperlihatkan penampilan klasik disiplin, ngotot, dan ‘keras kepala’ untuk meraih satu tiket ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis setelah menang dengan skor 2-0 atas tamunya Bosnia-Herzegovina dalam leg kedua.

Bermain di Stadion Aviva di Dublin pada Selasa pagi WIB (17/11/2015), di bawah tekanan Bosnia yang mendominasi penguasaan bola hingga 64 persen, Republik Irlandia memperlihatkan kepantasan mereka untuk lolos ke Prancis 2016 dengan penampilan pantang menyerah.

Sayangnya, gol pembuka melalui titik penalti sangat patut diperdebatkan. Penalti diputuskan wasit Belanda Bjorn Kuipers pada menit ke-24 setelah pemain Bosnia Ervin Zukanovic dianggap handsball di dalam kotak terlarang saat menghalau umpan Daryl Murphy. Padahal tak jelas apakah bola memang bersentuhan dengan tangan Zukanovic.

Eksekusi penalti dilakukan striker Stoke City Jonathan Walters untuk mengubah skor menjadi 1-0 atau agregat 2-1 karena dalam pertandingan leg pertama di Bosnia kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1.

Meskipun kontroversial, kenyataannya Republik Irlandia memang menunjukkan kepantasannya untuk menjadi tim ke-22 yang memastikan lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan setelah Walters kembali menjebol gawang Bosnia yang dikawal kiper Chelsea Asmir Begovic pada menit ke-70 dengan tendangan voli yang keras.

Dengan demikian, skuat besutan pelatih asal Inggris Martin O’Neill unggul 2-0 dalam laga leg kedua dan menang dengan skor agregat 3-1.

Republik Irlandia mengikuti jejak Hongaria—sebagai tim yang ke Prancis lewat jalur play off—yang sehari sebelumnya memastikan lolos ke Prancis setelah menang dalam laga dua leg kontra Norwegia dengan skor agregat 3-1.

Mereka bergabung dengan tim-tim lain yang telah lolos yakni tuan rumah Prancis, sembilan juara grup babak kualifikasi, runner up sembilan grup, dan Turki sebagai tim peringkat ketiga terbaik di antara sembilan tim peringkat ketiga.

Sembilan tim yang lolos sebagai juara grup babak kualifikasi meliputi Republik Ceska, Belgia, juara bertahan Spanyol, Jerman, Inggris, Irlandia Utara, dan Austria.

Adapun sembilan tim yang lolos sebagai runner up ialah Eslandia, Wales, Slowakia, Polandia, Swiss, Rumania, Rusia, Kroasia, dan Albania.

Berikut hasil dan jadwal pertandingan play off antartim peringkat ketiga kecuali Turki (dalam WIB):

Jumat 13 November:

Norwegia 0 vs Hongaria 1

Sabtu 14 November:

Bosnia-Herzegovina 1 vs Republik Irlandia 1

Minggu, 15 November:

Ukraina 2 vs Slovenia 0

Swedia 2 vs Denmark 1

Senin, 16 November:

Hongaria 2 vs Norwegia 1

Selasa, 17 November:

Republik Irlandia 2 vs Bosnia-Herzegovina 0

Rabu, 18 November:

02:45   Slovenia vs Ukraina

02:45   Denmark vs Swedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com, BBC, & The Guardian

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper