Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HASIL GOLD CUP 2015: Haiti & Trindad-Tobago Dampingi AS ke 8 Besar

Haiti dan Trinidad-Tobago mengikuti jejak Amerika Serikat lolos ke 8 besar Piala Emas 2015.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 14 Juli 2015  |  13:23 WIB
HASIL GOLD CUP 2015: Haiti & Trindad-Tobago Dampingi AS ke 8 Besar
Pelatih Timnas Miguel Herrera, langkah skuat asuhanna tak mulus di Gold Cup 2015 - Reuters/Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Haiti menaklukkan Honduras dengan skor tipis 1-0 pada matchday terakhir atau ketiga Grup A Gold Cup (Piala Emas) 2015 sehingga berhasil lolos mendampingi tuan rumah Amerika Serikat ke babak 8 besar.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Selasa pagi WIB (14/7/2015) di Sporting Park, Kansas City, AS, gol tunggal kemenangan Haiti dikontribusi oleh Duckens Nazon pada menit ke-14 dengan memanfaatkan assist Kervin Belfort.

Lolosnya Haiti ke 8 besar sebagai runner up Grup A tertolong hasil seri Panama versus AS dengan skor 1-1. Jika saja Panama yang menang, maka Haiti hanya ada di peringkat ketiga. Sedangkan AS telah lebih dulu memastikan lolos ke 8 besar sebagai juara grup setelah menang dua kali sebelum ditahan Panama.

Dalam pertandingan terakhir di Grup A di stadion yang sama, Panama lebih dulu menjebol gawang AS pada menit ke-34 lewat kontribusi Blas Perez, namun AS berhasil memaksakan skor imbang ketika babak kedua memasuki menit ke-10 melalui Michael Bradley.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, AS memimpin klasemen akhir dengan nilai 7, diikuti Haiti 4, Panama 3, dan Honduras yang dipastikan tersingkir hanya mendapat nilai 1.

Meskipun hanya mengakhiri klasemen di posisi ketiga, Panama masih berpeluang lolos ke 8 besar sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik dari tiga grup.

Sebelumnya dalam pertandingan di Grup C Trinidad-Tobago memastikan lolos ke 8 besar setelah mencatat kemenangan kedua dengan mengatasi perlawanan Kuba dengan skor 2-0 berkat gol Sheldon Bateau pada menit ke-17 dan Andre Boucaud 3 menit menjelang turun minum.

Sementara itu tim favorit juara Meksiko di luar dugaan ditahan seri Guatemala tanpa gol, sehingga skuat asuhan pelatih Miguel Herrera itu hanya berada di posisi kedua dalam susunan klasemen sementara Grup C di bawah Trinidad-Tobago.

Di Grup C, Trinidad-Tobago memimpin klasemen sementara dengan nilai 6, Meksiko di posisi kedua dengan nilai 4, Guatemala 1, sedangkan Kuba di posisi paling bawah tanpa nilai karena telah menelan dua kali kekalahan.

Jika Trinidad-Tobago telah dipastikan lolos ke 8 besar, tiga tim lainnya sebaliknya juga belum pasti tersingkir, termasuk Kuba yang telah dua kali kalah masih bisa lolos dengan status sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik dari tiga grup asalkan menaklukkan Guatemala dalam matchday ketiga.

Gold Cup merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang berlangsung 2 tahun sekali sejak 1991 menggantikan Kejuaraan Concacaf.

Turnamen kali ini digelar di AS namun ada dua laga digeber di Toronto, kota di Kanada yang tak jauh dari perbatasan dengan AS. AS adalah juara bertahan turnamen ini. Meksiko adalah tim paling sukses dengan merebut enam kali gelar juara.

Putaran final Gold Cup 2015 diikuti 12 tim yang dibagi dalam tiga grup. Dari setiap grup, dua tim teratas dalam klasemen akhir lolos ke 8 besar. Kontestan 8 besar dilengkapi dengan dua tim peringkat ketiga terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas as gold cup timnas meksiko timnas amerika Piala Emas

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top