Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL BARCELONA VS MUENCHEN SKOR 3-0: Neuer Luar Biasa, 2 Gol Messi Lebih Luar Biasa

HASIL BARCELONA VS MUENCHEN SKOR 3-0: Neuer Luar Biasa, 2 Gol Messi Lebih Luar Biasa
Lionel Messi diarak oleh rekan-rekannya. Messi bisa menjadi penentu hasil Barcelona vs Bayern Muenchen pada Kamis (7/5/2015)/Reuters
Lionel Messi diarak oleh rekan-rekannya. Messi bisa menjadi penentu hasil Barcelona vs Bayern Muenchen pada Kamis (7/5/2015)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Manuel Neuer, kiper Bayern Muenchen, sempat menjadi bintang sampai sekitar 75 menit pertandingan semifinal leg pertama Barcelona vs Muenchen. Namun kebesaran Lionel Messi memporakporandakan kehebatan kiper terbaik dunia itu. Dengan 2 gol dan 1 umpan, Messi benar-benar menjadi penentu hasil Barcelona vs Muenchen yang berakhir dengan skor 3-0.

Hasil Barcelona vs Muenchen yang berakhir dengan skor 3-0 sampai dengan menit 75 benar-benar dipenuhi dengan aksi gemilan Neuer menyelamatkan gawang Muenchen sampai tiba saatnya Messi mencetak gol pada menit 77. Skor 1-0 itu tidak bertahan lama karena 3 menit kemudian, Messi kembali menaklukkan Neuer.

Neymar kemudian menambah pundi-pundi golnya pada menit 92 yang mengakhir hasil Barcelona vs Muenchen dengan skor 3-0. Gol ini merupakan assist dari Lionel Messi. (Foto:Reuters)

HASIL BARCELONA VS MUENCHEN SKOR 3-0: Neuer Luar Biasa, 2 Gol Messi Lebih Luar Biasa

JALANNYA PERTANDINGAN

Laman UEFA melaporkan, Muenchen unggul tipis penguasaan bola sebesar 52 persen. Namun dari segi tendangan tepat sasaran, Barca jauh lebih perkasa dengan melakukannya delapan kali, sementara Muenchen tak berkesempatan melakukannya sepanjang laga.

Barcelona mendapatkan peluang pertama pada menit 12. Suarez yang tinggal berhadapan dengan kiper, melepaskan tendangan keras ke arah kanan gawang. Namun dengan sigap, Neuer berhasil menghalau bola dengan kakinya.

Menit ke-18 giliran Muenchen menciptakan peluang emas. Menerima umpang silang Muller di depan gawang, Lewadowski gagal mengarahkan bola tepat ke sasarannya dan melebar ke sisi kiri gawang.

Suarez kembali unjuk kebolehan lewat sundulan pada menit 28 usai menerima sepakan pojok Rakitic, tetapi, bola melambung di atas mistar gawang.

Menit 41 giliran Rakitic menjajal keberuntungan lewat sepakan keras dari jarak dekat, namun bola melebar dari sasarannya. Skor kacamata pun tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Beranjak ke babak kedua, Alves mendapatkan kartu kuning pada menit 46 akibat menjatuhkan Lewadowski di luar kotak terlarang. Pelanggaran yang berbuah tendangan bebas itu, dieksekusi Xabi Alonso itu, namun, bola membentur "pagar hidup" Barca.

Pada menit 57 Messi mendapatkan peluang menciptakan gol dari luar kotak penalti usai menerima umpan Neymar. Namun bola sepakan keras tersebut, masih bersarang di pelukan Neuer.

Muenchen nyaris membobol gawang tim tuan rumah lewat sepakan Alcantara dari luar kotak penalti pada menit 72. Bola yang sempat mengenai Pique itu, masih terlalu lemah untuk menaklukkan penjaga gawang.

Barcelona berhasil unggul 1-0 pada menit 77. Gol tercipta berkat sepakan Messi dari luar kotak penalti usai mene. Bola yang meluncur deras tak mampu dijangkau Neuer meskipun mampu membaca arah bola.

Tiga menit berselang Lionel Messi mencetak gol kedua. Menerima umpan terukur Rakitic, El Messiah berhasil mengelabui Neuer dengan melakukan tendangan chip. Bola pun meluncur ke gawang Muenchen.

Menit 83, Suarez yang tinggal berhadapan dengan kiper, gagal memperlebar keunggulan timnya setelah bola melambung tinggi di atas gawang.

Skor 3-0! Neymar turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 92. Menerima umpan dari Messi dari tengah lapangan, Neymar yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Neuer, berhasil mengelabui kiper terbaik dunia tahun 2014 itu.

Hingga laga berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. Kedua tim akan kembali bersua pada leg kedua di kandang Bayern Muenchen pekan depan. Tentu, anak asuh Guardiola perlu kerja ekstra keras untuk membalikkan keadaan.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir laman UEFA:

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Rakitic, Busquets, Iniesta, Suárez, Messi, Neymar, Mascherano, Alba, Alves. Pelatih: Luis Enrique

Bayern Muenchen: Neuer, Alonso, Benatia, Thiago, Lewandowski, Rafinha, Boateng, Bernat, Lahm, Muller, Schweinsteiger. Pelatih: Pep Guardiola.

KABAR SEBELUM LAGA BARCELONA VS BAYERN MUENCHEN

Hasil Barcelona vs Bayern Muenchen memang menjadi perhatin publik karena Luis Enrique, pelatih Barca, harus berhadapan dengan Pep Guardiola, pelatih Bayern Muenchen yang juga rekan setimnya selama 5 tahun di Blaugrana. Pep pun harus melawan anak didiknya sendiri termasuk sang bintang Barcelona, Lionel Messi, yang diharapkan oleh publik Barcelona bisa mencetak gol di laga yang digelar di Camp Nou (Foto: Twitter Liga Champions)

HASIL BARCELONA VS MUENCHEN SKOR 3-0: Neuer Luar Biasa, 2 Gol Messi Lebih Luar Biasa

Ketika berbicara di depan awak media menjelang laga Barcelona vs Lionel Muenchen, seperti dilansir laman resmi Barcelona, www.fcbarcelona.com, Messi mengaku sangat termotivasi dengan laga tersebut sambil menyebut FC Hollywood sebagai tim yang sangat hebat.

Sebenarnya Barcelona punya kenangan pahit dengan Bayern Muenchen dalam pertemuan terakhir kedua klub di ajang Liga Champions.  Kedua tim bertemu di semifinal Liga Champions musim 2011-2012. Ketika itu, hasil Barcelona vs Muenchen benar-benar membuat Lionel Messi dan kawan-kawan

Pada leg pertama semifinal Liga Champions 2011-2012, Bayern Muenchen membantai Messi dan kawan-kawan 4 gol tanpa balas. Di leg kedua Barcelona vs Muenchen, meski bermain di kandang sendiri, Barca terhempas dengan skor 0-3.

Namun Messi menilai pertandingan tersebut sudah lama terjadi dan kini kondisi kedua klub berbeda. “Kini sulit untuk menyebut siapa yang akan menang karena kami adalah dua tim besar. Tentu saja ada tekanan pada kami, namun kami berniat menang,” begitu janji Messi.

Tekanan  memang lebih terasa di pundak Lionel Messi dan kawan-kawan. Mereka harus menyelesaikan Liga Spanyol dengan persaingan yang ketat bersama Real Madrid. Sementara itu, Bayern Muenchen sudah memastikan diri sebagai juara Bundesliga.

“Kami harus menghadapi pertandingan penting beberapa hari mendatang. Namun, kami cukup tenang menghadapinya. Kami semua bermain dengan baik dan stamina kami dalam kondisi prima.”

Meski dianggap sebagai jantung dari permainan Barcelona dan menentukan hasil Barcelona vs Bayern Muenchen, Messi mengaku dirinya sebagai pemain biasa dalam tim. “Kami semua ingin sukses dan kami semua sama.”

Secara khusus Messi menyebut dua rekannya yakni Luis Suarez dan Neymar Jr, mereka kerap disebut Trio MSN, sebagai pemain kelas dunia. “Mereka membuat keadaan menjadi lebih mudah. Kami  memiliki hubungan baik dan semua berjalan sebagaimana semestinya.”

Menyangkut Pep Guardiola yang banyak memoles dirinya selama menjadi pelatih Barcelona, Messi mengatakan Pep tahu banyak tentang Barcelona. “Dia mempelajari semua hal tentang kami.”

Menurut Messi, pantas apabila pendukung Barcelona akan menyambut hangat Pep Guardiola yang telah mempersembahkan gelar bagi klub asal Catalan itu. “Tetapi, saat peluit berbunyi, pertarungan dimulai.”

Ketika harus membandingkan antara Luis Enrique dan Pep Guardiola, Messi menyebut setiap pelatih punya visi, karakter dan pendekatan masing-masing.

“Kedua pelatih telah mencoba dan sebisa mungkin dekat dengan para pemain dan membangun atmosfir yang nyaman di antara kami.”

Fakta-fakta Barcelona dan Bayern Munchen menjelang laga leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari nanti, dikutip dari AFP:

Penampilan terakhir:

Barcelona bertemu untuk pertama kalinya dengan bos lamanya Pep Guardiola dalam kondisi sangat prima karena menjaringkan 14 gol tanpa balas pada dua pertandingan La Liga terakhirnya.
Luis Suarez mencetak trigolnya untuk klub ini ketika tim asuhan Luis Enrique ini mempertahankan unggul dua poin dari penguntit terdekatnya Real Madrid dengan tiga pertandingan tersisa setelah menghancurkan Cordoba 8-0 akhir pekan lalu. Kemenangan itu memperpanjang kemenangan berturut-turut Barca menjadi 16 laga dan mereka sudah memenangi 26 dari 28 laga terakhirnya di berbagai kompetisi.

Bayern Munchen sudah pasti menjadi juara Bundesliga ke-25 kalinya, namun tim asuhan Guardiola ini dililit cedera dalam beberapa pekan belakangan.
Bayern yang menurunkan tim kedua Sabtu pekan lalu menelan kekalahan ketiga pada musim ini dari Bayer Leverkusen dengan skor 0-2, dan kini sudah empat kali kalah pada 10 pertandingan terakhirnya di berbagai kompetisi setelah disingkirkan dalam Piala Jerman lewat adu penalti oleh Borussia Dortmund pekan lalu dan kalah 0-3 dari Porto pada leg pertama perempat final Lifa Champions. Striker Robert Lewandowski akan tampil dengan masker pelindung wajah, sedangkan Arjen Robben, Franck Ribery, David Alaba dan Holger Badstuber tetap absen karena cedera.

Pelatih:
Barcelona - Luis Enrique Martinez Garcia (Spanyol) -- 44 tahun
Bayern Munchen - Pep Guardiola (Spanyol) - 44 tahun
  
Pencetak gol terbanyak pada berbagai kompetisi:
Barcelona - Lionel Messi (51 gol)
Bayern Munchen - Robert Lewandowski (23 gol)
  
Performa liga domestik:
Barcelona
 - Pemuncak La Liga, dua poin di depan Real Madrid dan berselisih 11 poin dari juara bertahan Atletico Madrid pada urutan ketiga.
Bayern Munchen - Juara Jerman untuk ketiga kali berturut-turut, dan berselisih 14 poin dari peringkat dua Wolfsburg dengan tiga pertandingan tersisa.

Jalan ke semifinal
Barcelona 
- Juara Grup F di atas PSG. Mengalahkan Manchester City dengan agregat 3-1 pada 16 Besar dan sekali lagi melewati PSG dengan agregat 5-1 pada perempatfinal.
Bayern Munchen - Juara Grup E di atas Manchester City. Mengalahkan Shakhtar Donetsk 7-0 di Munchen pada 16 Besar setelah bermain 0-0 pada leg pertama di Ukraina, lalu menang 6-1 pada leg kedua perempat final setelah dikalahkan 1-3 pada leg pertama perempatfinal melawan Porto.

Kinerja terbaik pada Piala Eropa/Liga Champions:
Barcelona - juara 1992, 2006, 2009, 2011
Bayern Munchen - juara 1974, 1975, 1976, 2001, 2013
  
Prestasi lain:
Barcelona - 22 kali juara Spanyol, 26 kali juara Copa del Rey, 4 kali juara Cup Winners' Cup, 3 kali juara Piala Inter-Cities Fairs, 4 kali juara Piala Super UEFA, 2 kali juara Piala Dunia Antarklub
Bayern Munchen - 25 kali juara Jerman, 17 kali juara Piala Jerman, 1 kali juara Piala UEFA, 1 kali juara Piala Super UEFA, 1 kali juara Piala Dunia Antarklub, 2 kali juara Piala Intercontinental
  
Pertemuan sebelumnya pada Piala Eropa/Liga Champions:
Bayern Munchen 1 Barcelona 0 - fase grup Liga Champions 1998/1999
Barcelona 1 Bayern Munchen 2 - fase grup Liga Champions 1998/1999
Barcelona 4 Bayern Munchen 0 - leg pertama perempatfinal Liga Champions 2008/2009
Bayern Munchen 1 Barcelona 1 - leg kedua perempatfinal Liga Champions 2008/2009
Bayern Munchen 4 Barcelona 0 - leg pertama semifinal Liga Champions 2011/2012
Barcelona 0 Bayern Munchen 3 - leg kedua semifinal Liga Champions 2011/2012 (Antara/Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper