Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERAIH BALLON d’OR 2014: Ronaldo, Messi atau Neuer?

PERAIH BALLON dOR 2014: Ronaldo, Messi atau Neuer?
Peraih Ballon d'Or diperebutkan oleh tiga pemain yakni Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer/fcbarcelona.com
Peraih Ballon d'Or diperebutkan oleh tiga pemain yakni Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer/fcbarcelona.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tinggal menunggu menit akan terpilih pemain yang akan menerima anugerah Ballon d'Or 2014. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer bersaing untuk mendapatkan predikat pemain terbaik di dunia tahun 2014.

Berikut beberapa komentar yang dilansir media massa sebelum pengumuman peraih Ballon d'Or 2014:

ROONEY JAGOKAN RONALDO

Penyerang Inggris, Wayne Rooney menjagokan mantan rekan setimnya di Manchester United Cristiano Ronaldo untuk memenangi Ballon d'Or 2014.  Penyerang Real Madrid itu difavoritkan untuk kembali memenangkan penghargaan bergengsi untuk tahun kedua secara beruntun.

Rooney juga menjagokan gol sundulan Robin van Persie ketika membela Belanda melawan Spanyol di Piala Dunia mendapatkan Puskas Award untuk gol terbaik. 

Lewat twitternya @WayneRooney, Roo berkata, "Ballon d'or malam ini @Cristiano saya jagokan. Dan @Persie_Official memenangkan gol terbaik." 

Cristiano Ronaldo bersaing dengan Lionel Messi dan Neuer dalam perebutan gelar pemain terbaik dunia itu.

KOMENTTAR RUMMENIGGE TENTANG RONALDO

Karl-Heinz Rummenigge tidak kuasa menutup rasa gusar mengenai kans bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo untuk meraih gelar FIFA Ballon d'Or alias Pemain Terbaik Dunia 2014.

Trio Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer merupakan finalis dari jumlah 23 nama kandidat awal yang diajukan pada November 2014. Pengumuman Pemain Terbaik Dunia 2014 akan dilakukan di Zurich, Swiss, pada Senin (12/1) waktu setempat.

Ketika mengomentari siapa yang layak menjadi Pemain Terbaik Dunia 2014, CEO Bayern Muenchen, justru Rummenigge menyatakan, "Semuanya dikembalikan kepada pendapat para ahli dalam beberapa hari ini. Kesepakatan agaknya cenderung mengarah kepada pilihan bahwa Cristiano Ronaldo bakal menang."

"Jika saya boleh jujur, saya merasa gusar dengan hal itu," katanya sebagaimana dikutip dari laman Marca.

Pernyataan itu dilontarkan berkaitan dengan kekhwatiran bahwa Ronaldo bakal menyingkirkan penjaga gawang Manuel Neuer untuk meraih Ballon d'Or 2014.

Neuer jelas-jelas dikepung oleh dua pemenang edisi terdahulu, yakni Ronaldo dan Messi. Pemain ini membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Ia juga terpilih menjadi pemain terbaik Jerman 2014, meraih penghargaan sarung Tangan Emas Piala Dubnia 2014.

Presiden UEFA Michel Platini mengungkapkan bahwa "Capaian gelar di Piala Dunia menjadi faktor menentukan. Capaian itu lebih penting dari capaian di banyak laga."  

KOMENTAR TENTANG MANUEL NEUER

Tidak terbantahkan lagi bahwa Manuel Neuer adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia yang akan bersaing untuk mendapatkan gelar pemain terbaik FIFA 2014 Senin malam waktu Swiss.

Mengutip dari laman resmi Bundesliga dijelaskan alasan mengapa Neuer dianggap layak memenangi FIFA Ballon d'Or.

Sulit dibobol lawan
Bukanlah hal yang kebetulan jika Neuer menjadi satu dari tiga kandidat pemain terbaik. Dari semua penjaga gawang yang bermain lebih dari 100 penampilan di Bundesliga (Liga Utama Jerman), Neuer adalah satu-satunya yang hanya kebobolan gol 217 kali atau lebih sedikit dibandingkan penampilan yang dibuat sebanyak 268 kali. 

Tidak membuat kesalahan
Neuer yang turut mengantar Jerman menjadi pemenang Piala Dunia 2014 tidak membuat banyak kesalahan dalam pertandingan. Bahkan dalam 33 pertandingan liga ia belum membuat  satu kesalahan pun.

Penjaga gawang merangkap sweeper
Kelebihan lain yang dimiliki pria kelahiran kota Gelsenkirchen itu adalah mampu menjadi tembok kokoh bagi lini pertahanan timnya karena ia bisa maju menjadisweeper atau pemain bertahan untuk menghalau bola dari penyerang lawan.

Lincah dalam bergerak
Neuer juga memiliki kemampuan teknis yang belum tentu dimiliki pemain lain dilapangan yang bukan berposisi sebagai penjaga gawang. Neuer lincah menghalau bola dengan tangan, kaki, dada atau kepalanya.

Setipe dengan Oliver Kahn
Ada kesamaan yang tak terelakkan antara Neuer dengan legenda Bayern Muenchen Oliver Kahn namun Neuer masih memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik dari Kahn dengan bakat istimewa yang ia miliki.

PEP JAGOKAN NEUER\

Pelatih Kepala Bayern Munchen Pep Guardiola yakin penjaga gawang Jerman Manuel Neuer akan memenangi Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia FIFA yang akan diselenggarakan malam ini di Zurich, Swiss.

Neuer (28) meninggalkan pemusatan latihan musim dingin Muenchen di Doha untuk menghadiri upacara penghargaan pemain terbaik FIFA di Zurich, Swiss, di mana ketiga kandidatnya adalah Neuer, pemenang Ballon d'Or tahun 2013 Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

"Manu (Manuel Neuer) harus bangga pada dirinya sendiri karena itu merupakan prestasi besar untuk menjadi salah satu yang terbaik dari tiga pemain di dunia," kata Pep Guardiola dilansir dari laman resmi Bundesliga, Senin.

"Dia sudah menjadi pemenang...Saran saya kepada Manuel sama seperti yang saya berikan Franck Ribery tahun lalu," kata mantan pelatih Barcelona itu.

"Jangan cemas memikirkan apakah kamu menang atau tidak. Jika menang itu baik, dan jika tidak, itu juga bagus karena ketiganya adalah pemain hebat dan layak mendapat penghargaan. Saya berharap Manuel Neuer memenangkan Ballon d'Or," kata Guardiola.

Kendati mendapat dukungan namun Neuer sadar bahwa pujian hanya sedikit mempengaruhi hasil akhir, karena melihat rekan satu timnya di Muenchen. Ribery, gagal memenangi penghargaan tersebut pada tahun lalu. (Bisnis.com/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper