Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Brasil vs Jerman, Preview & Dante Ganti Thiago Silva

Pertandingan semi final Piala Dunia 2014 antara Brasil versus Jerman pada Selasa (8/7/2014) atau Rabu (9/7/2014) pukul 03.00 waktu Indonesia di Estadio Mineirao, Belo Horizonte --yang bakal tidak akan menampilkan kapten Thiago Silva yang menjalani suspensi dua kartu kuning-- bakal menempatkan bek asal klub Bayern Munchen Dante di posisi Thiago, dan Luis Gustavo siap kembali setelah menjalani hukuman satu pertandingan akibat akumulasi dua kartu kuning.
Pemain tim nasional Brasil  berlari dalam sesi latihan di Teresopolis,  Rio de Janeiro, Senin (7/7/2014)/REUTERS
Pemain tim nasional Brasil berlari dalam sesi latihan di Teresopolis, Rio de Janeiro, Senin (7/7/2014)/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan semi final Piala Dunia 2014 antara Brasil versus Jerman pada Selasa (8/7/2014) atau Rabu (9/7/2014) pukul 03.00 waktu Indonesia di Estadio Mineirao, Belo Horizonte  --yang bakal tidak akan menampilkan  kapten  Thiago Silva   yang menjalani suspensi dua kartu  kuning--  bakal menempatkan bek asal klub Bayern Munchen Dante di posisi Thiago, dan  Luis Gustavo siap  kembali setelah menjalani hukuman satu pertandingan akibat akumulasi dua kartu kuning.

Dengan Neymar terluka, Brasil bisa menampilkan  gelandang tengah sebanyak tiga orang  atau obsi  lain dengan  memilih penyerang  pengganti: seperti Willian atau Bernard.

Pelatih Jerman Joachim Loew harus memutuskan: Apakah akan mengembalaikan bek tengah Per Mertesacker ke permainan atau tidak setelah absen saat melawan Prancis untuk alasan taktis.

Namun, Loew telah melaporkan bahwa  semua pemainnya dalam kondisi siap tempur.

MATCH PREVIEW

Tanpa Neymar,  pencetak gol terbanyak dan jimat Brasil, dan tanpa kapten  Thiago Siva, Brasil  harus melakukan  cara yang sulit dalam upaya  mereka  membuat final di Piala Dunia di kandang sendiri.

Kisah kejadian kontroversial  di turnamen yang mengakhiri  cedera punggung kepada Neymar  mengejutkan kubu Brasil dan mendominasi persiapan  yang mengesankan mereka menjelang semi final dengan Jerman.

Neymar yang diharapkan bakal menjadi bintang di Piala Dunia,  telah  menanggalkan  harapannya tampil di semi final dan final. Neymar  sejauh ini telah mengoleksi empat gol dan penalti yang menentukan dalam kemenangan adu pinalti atas Chile yang  membawa  negaranya melangkah sejauh ini. Sekarang, terserah kepada Luis Felipe Scolari untuk menyulap Rencana B dari skuadnya.

Head-to-head

• Brazil dan Jerman telah bermain di Piala Dunia lebih banyak  daripada tim lainnya (masing-masing 102 dan 104), tetapi hanya bertemu sekali sebelum di turnamen. Itu adalah final 2002, yang dimenangkan  2-0 oleh Brasil.

 

• Termasuk  dalam tiga pertemuan tawaran berikutnya. Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam pertandingan persahabatan pada  2004, Brasil menang 3-2 di semi-final Piala Konfederasi pada  2005 dan Jerman membukukan kemenangan 3-2 dalam pertandingan persahabatan pada  2011. Semua pertandingan itu  digelar di tanah Jerman.

 

• Brazil telah mencetak di setiap pertandingan mereka dari 10 pertemuan dengan Jerman, rata-rata 2,2 gol per game.

 

Brazil

 

• Brazil melakukan pelanggaran lebih (31) melawan Kolombia daripada yang pernah terjadi  dalam setiap pertandingan Piala Dunia lainnya karena data diperiksa telah direkam (mulai  1966).

 

• satunya kekalahan mereka dalam 26 pertandingan saat melawan  Swiss pada Agustus (M19, S6, K1).

 

• Mereka tak terkalahkan. Dalam 42 laga di kandang, mereka hanya kalah  saat melawan Paraguay pada  Agustus 2002

 

• Tim Brasil telah mencapai babak empat besar Piala Dunia untuk kali ke-11, tetapi dengan format yang berbeda ini adalah kali kedelapan tampil di semi final (Karena format yang berbeda di turnamen sebelumnya).

 

• Satu-satunya kekalahan di semifinal  terjadi asa melawan Italia pada  1938. Mereka telah memenangkan lima kali dan seri sekali. Namun,  pada 1998 mereka lolos ke semi fnal dan berakhir  imbang sehingga diikuti oleh adu penalti dan menang melawan Belanda.
Striker Brasil  yang cedera  Neymar telah menyumbang  50% dari 10 gol Brasil 10  di Piala Dunia ini (empat gol, satu assist).

 

Jerman

 

• Jerman (termasuk Jerman Barat) telah mencapai beban empat besar untuk kali ke-13 di Piala Dunia, meskipun ini akan menjadi semi final ke-12 mereka 12  (mereka mencapai  final 1974  setelah datang melalui tahap kelompok kedua).

 

• Jerman adalah negara pertama yang mencapai empat besar berturut-turut di semi final Piala Dunia.

 

• Rekor  mereka dalam  11 semi-final sebelumnya adalah empat kemenangan, lima imbang dan dua Kekalahan - dua terakhir melewati adu penalti dab mereka menang.

 

• Brasil tidak terkalahkan dalam 16 pertandingan internasional  mereka (M11, S5), jangka terbaik dari setiap tim yang terlibat di Piala Dunia.

 

• Jerman (tiga) mencatat clean seet  lebih baik  di Piala Dunia ini dibanding  negara lain. Hanya Ghana dan Aljazair yang berhasil menembus pertahanan Jerman sejauh ini.

 

• Miroslav Klose bisa membuat penampilan ke-23 dalam pertandingan Piala Dunia, total  terbaik dipegang oleh Lothar Matthaeus (25). So...Paolo Maldini juga bermain 23 pertandingan di turnamen.

PESAN ZICO

Mantan bintang Brasil Zico  menjelang pertandingan mengatakan: "Para pemain memiliki kesempatan untuk menarik energi dari pengorbanan Neymar.  Mereka perlu meninggalkan jiwa mereka di lapangan sebagai penghargaan untuk anak ini."

Ini adalah semi final pertama Brasil di Piala Dunia  sejak  2002, turnamen terakhir  yang dimenangkan Brasil setelah  mengalahkan Jerman di final. Jerman  yang telah memenangkan Piala Dunia  tiga kali   merasakan beban di semi fnal yang akan dialami Brasil yang ditargetkan juara, tekanan bakal semakin mendidih  -  tetapi Scolari memiliki alat untuk mengantisipasi.

Seorang pria yang dapat berhubungan dengan beban berat  yang dirasakan oleh negara tuan rumah adalah kepala pelatih Jerman Joachim Loew.  Yakni saat dia menjadi asisten Jurgen Klinsmann  pada Piala Dunia 2006 di mana Jerman menjadi tuan rumah dan  tersingkir di final four.

Mereka juga menderita di semifinal di Afrika Selatan empat tahun lalu dan sekarang berdiri di tebing sekali lagi, mereka ingin  membuatnya kembali ke final Piala Dunia, untuk  kedelapan kalinya, atau merupakan hat-trick di mana mereka  kembali  tereliminasi di semifinal ?

Loew telah berbicara tentang para pemain Jerman yang kecewa karena mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk menguji  melawan yang terbaik, terkait absennya Neymar, tapi dia tetap memperingatkan tim tuan rumah.

"Saya pikir untuk semua orang Jerman satu hal yang pasti - kami sangat ingin bermain di Maracana di Rio lagi (untuk final)," katanya. "Kami belum selesai."

5 Pertandingan Terakhir Brasil  

04/07/14

(h) Kolombia

2-1

M

28/06/14

(h) Chile

1-1

S

23/06/14

(a) Kamerun

1-4

M

17/06/14

(h) Meksiko

0-0

S

12/06/14

(h) Croasia

3-1

M

 

5 Pertandingan Terakhir Jerman

04/07/14

(a) Prancis

0-1

M

30/06/14

(h) Aljazair

2-1

M

26/06/14

(a) AS  

0-1

M

21/06/14

(h) Ghana

2-2

S

16/06/14

(h) Portugal

4-0

M


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper