Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Argentina vs Belgia 1-0, La Seleccion Ke Semi Final Setelah 1990

La Seleccion Argentina akhirnya mencapai ke semi final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1990 setelah menundukkan Belgia 1-0 di Venue: Estadio Nacional de Brasilia, Brasilia, Sabtu (5/7/2014).
Pemain Argentina merayakan kemenangan dari Belgia setelah perempat final Piala Dunia 2014 di Brasilia national stadium di Brasilia, Sabtu (5/7/2014)/REUTERS
Pemain Argentina merayakan kemenangan dari Belgia setelah perempat final Piala Dunia 2014 di Brasilia national stadium di Brasilia, Sabtu (5/7/2014)/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - La Selección Argentina akhirnya mencapai  ke semi final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak  1990 setelah menundukkan Belgia 1-0 di  Venue: Estadio Nacional de Brasilia, Brasilia, Sabtu (5/7/2014).

Gol ini dihasilkan pada menit kedelapan melalui  serangan awal Gonzalo Higuain dan langsung  membuat tim Belgia loyo.  Higuain menerkam umpan dari Angel Di Maria  ke pojok bawah dari jarak 15 meterSekarang Argentina akan menunggu pemenang Belanda melawan Kosta Rika untuk mencari tempat di final.

Pertarungan juara dunia dua kali Argentina melawan kuda hitam Belgia di perempat final, Sabtu (5/7/2014) pukul 23.00 WIB di  Venue: Estadio Nacional de Brasilia, Brasilia, bukan sekadar  menjadi ajang pembuktian kehebatan kedua tim. Tapi memastikan tiket ke semi final.

Statistisk Pertandingan

ARG       Negara                   Bel

10            Tendangan            10

2              Ke gawang            1

3              Sepak pojok           4

11             Pelanggaran          14

1              Kartu kuning        2

FAKTA PERTANDINGAN

-Argentina dan Belgia mengerahkan tiga tembakan tepat sasaran, penghitungan terendah dalam sistem gugur pertandingan Piala Dunia sejak  1990.

-Gonzalo Higuain menyamakan  jumlah gol Lionel Messi lima  gol di Piala Dunia untuk Argentina, setelah bermain sembilan pertandingan dibandingkan dengan Messi 13.

- Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia bahwa Brasil dan Argentina  keduanya muncul di semi-final.

-Belgia hanya kebobolan tiga gol dalam lima pertandingan mereka di Piala Dunia 2014

SEMI FINAL 1990

Argentina lolos ke semi final Piala Dunia 1990. Semifinal itu mempertemukan tuan rumah Italia dan Argentina di Stadion San Polo, Naples, kota yang penduduknya justru mendukung Argentina dan bukan Italia. Italia lebih dulu unggul lewat Salvatore "Toto" Schillaci. Diego Maradona yang kala itu menjadi bintang pujaan Napoli tampil menawan dan memberikan umpan matang bagi Claudio Cannigia untuk menyamakan kedudukan.

Dalam adu penalti. kiper Argentina, Sergio Goycochea, menjadi pahlawan dengan menggagalkan penalti Roberto Donadoni dan Aldo Serena. Fakta yang menjadi tragedi bagi seluruh pendukung Italia.

Di final  Argentina bertemu Jerman Barat  pada  8 Juli 1990 di Stadio Olimpico, Roma.  Setelah sebelumnya bertemu dalam Final Piala Dunia FIFA 1986, dengan kemenangan Argentina 3–2, dalam pertandingan ini Jerman Barat berhasil mengalahkan pemenang sebelumnya dengan skor 1–0, dengan tandangan penalti akhir yang diambil oleh Andreas Brehme yang menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut. Pertandingan ini kali pertama sebuah tim dari UEFA memenangkan babak final melawan tim non-Eropa.

Rekor Piala Dunia FIFA 
TahunBabakPosisiMAMIKGMGK
Bendera Uruguay 1930Runner-up25401189
Bendera Italia 1934Babak 19100123
Bendera Perancis 1938Mengundurkan diri
Bendera Brasil 1950Mengundurkan diri
Bendera Swiss 1954Tidak Berpartisipasi
Bendera Swedia 1958Penyisihan Grup133102510
Bendera Chili 1962Penyisihan Grup10311123
Bendera Inggris 1966Perempat Final5421142
Bendera Meksiko 1970Tidak Lolos Kualifikasi
Bendera Jerman Barat 1974Babak 286123912
Bendera Argentina 1978Juara17511154
Bendera Spanyol 1982Babak 211520387
Bendera Meksiko 1986Juara17610145
Bendera Italia 1990Runner-up2723254
Bendera Amerika Serikat 1994Babak 16 besar10420286
Bendera Perancis 1998Perempat Final65311104
Bendera Korea Selatan Bendera Jepang 2002Penyisihan Grup18311122
Bendera Jerman 2006Perempat Final65320113
Bendera Afrika Selatan 2010Perempat Final55401106
Bendera Brasil 2014Kualifikasi
Bendera Rusia 2018TBD
Bendera Qatar 2022TBD
Jumlah2 Gelar Juara16/207037132012380
*Menandakan imbang termasuk pertandingan sistem gugur diputuskan pada adu penalti.(wikipedia)
**Warna latar belakang emas menunjukkan bahwa turnamen dimenangkan. Warna border merah menunjukkan turnamen diselenggarakan di kandang.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

PREVIEW ARGENTINA VS BELGIA

Sebelum pertarungan, Belgia dan Argentina adalah favorit di turnamen ini.  Bagi Argentina, penetapan itu,  sudah menjadi bagian dari perjalanan mereka selama eksistensi mereka di Piala Dunia. Pernah  menjadi yang terhebat dua kali dan memiliki pesepakbola dengan reputasi dunia: a.l Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Mario Kempes.

Sebaliknya, Belgia masuknya nama-nama bintang  yang tengah terang benderan --a.l. Hazard, Fellaini, Origi, De Bruyne, Vertoghen, Romero Lukaku-- membuat pasukan Marc Wilmots, menjadi favorit.

Marc Wilmots, pelatih tim Belgia yang penuh talenta dan gagah berani, juga menuntut pemainnya untuk mewaspadai para pemain yang ada di sekitar Messi juga.

Wilmots mengatakan, "Orang-orang cenderung untuk terpusat kepada Messi, dan sepatutnya memang demikian."

Namun, penilaiannya berbeda setelah melihat pertandingan terakhir Argentina pada babak 16 besar mengalahkan Swiss.

Ia mengemukakan, "Tim mereka tidak semata-mata hanya Lionel Messi, namun keseluruhan. Anda harus menciptakan keseimbangan. Pada suatu saat mereka membuka peluang bagi Swiss untuk mencetak gol, namun keadaan bisa sangat cepat berubah."

Wilmots dan tim Setan Merah harus berhasil setelah pendahulu mereka gagal pada 1986. Di semi-final piala dunia tahun itu, Belgia tidak bisa membendung Diego Maradona, yang mencetak kedua gol untuk kemenangan 2-0.

 

" Belgia telah memiliki sesuatu  yang perlu ditakutkan menjelang Piala Dunia perempat final  melawan Argentina," menurut bek Jan Vertonghen.

Argentina memiliki Lionel Messi, 27, yang telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan, tetapi  kedua belah pihak memiliki rekor membanggakan  100%.

"Kami adalah tim yang sulit bagi lawan untuk dilawan. Kita tentu tidak takut," kata Vertonghen.

"Kami harus berdiri bersama-sama. Jika Messi akan melewati salah satu dari kita, harus ada pemain kedua dan ketiga untuk menghentikannya."

Fakta Pertandingan Argentina

  • Argentina telah memenangkan enam dari tujuh pertandingan mereka di Piala Dunia melalui babak extra time.
  • Gol Di Maria ada menit ke-118  adalah gol terakhir  Argentina di Piala Dunia.

 

 

JAKARTA - Bek kiri Argentina  Marcos Rojo absen menjalani  larangan satu pertandingan akibat akumulasi kartu kuning, posisinya kemungkinan akan diisi oleh  Jose Basanta.

Sergio Aguero telah kembali berlatih ringan setelah cedera paha, tetapi tidak mungkin untuk memulai, sementara Rodrigo Palacio bisa menggantikan Ezequiel Lavezzi.

Sementara itu, Belgia menyambut kembali gelandang Steven Defour, yang telah menyelesaikan skorsing satu pertandingan setelah kartu merah melawan Korea Selatan.  Adapun Thomas Vermaelen  kemungkinan tampil  setelah pulih dari masalah hamstring.

 

MATCH PREVIEW

Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, coba, coba lagi - saran kedua Argentina dan Belgia diperhatikan karena mereka terlambat memesan tempat mereka di perempat final Piala Dunia akibat  kemenangan harus diperoleh dari perpanjangan waktu.

Ketatnya Belgia dengan Amerika Serikat  telah diselesaikan dalam 90 menit, tapi untuk kinerja inspirasi dari kiper Amerika Tim Howard,  membuat dia membukukan rekor penyelamatan sebanyak 15 kali.

Frustrasi Argentina itu akibat dibuat  mereka sendiri karena mereka bekerja keras untuk meraih kemenangan melawan Swiss. Semua empat kemenangan mereka di Brazil  dengan margin gol tunggal, dan sekali lagi mereka berhutang budi kepada  magic Lionel Messi.

Meskipun kapten Argentina tidak bisa mendapatkan pada lembar skor untuk pertandingan keempat berturut-turut, itu adalah istirahat yang tajam dan lulus secara sempurna  yang memungkinkan Angel Di Maria untuk menjaring gol pemenang.

Messi akan memenangkan topi-91 melawan Belgia, menyamai jumlah penampilan yang dibuat oleh Diego Maradona, dan pertandingan ini mengundang perbandingan yang jelas antara dua pria itu.

Salah satu momen terbaik Maradona untuk La Albiceleste terjadi saat melawan Belgia di semi-final Piala Dunia 1986, ketika ia mencetak gol solo yang brilian.

Belgia juga oposisi ketika ia ditangkap dalam foto ikonik di Piala Dunia 1982, dibayangi ketat oleh tak kurang dari enam pemain lawan.

"Skuad Belgia saat ini mengenali taktik serupa yang mungkin diperlukan untuk menghentikan Messi," menurut Jan Vertonghen.

"Kita harus berdiri bersama sebagai tim. Jika Messi akan melewati salah satu dari kami,  harus ada pemain kedua dan ketiga siap untuk menghentikannya," kata bek Tottenham.

Namun itu tidak mungkin untuk semua lalu lintas satu arah di Brasilia, dengan Belgia  memiliki banyak [enyerang berbakat mampu menggoyangkan lini belakang Argentina.

Gelandang Axel Witsel merasa mampu menjadi inspirator  serangan ke lawan karena sesuai dengan timnya.

"Saya berharap melihat Argentina  untuk mendikte permainan," katanya. "Mudah-mudahan yang memberi kita ruang untuk menyusup dan pemain kami dapat keuntungan dari celah yang mereka tawarkan."

 

FAKTA PERTANDINGAN: Head-to-head

  •      Argentina telah memenangi tiga dari empat pertemuan sebelumnya  dengan Belgia.
  •      Dua pertemuan di Piala Dunia masing-masing telah menghasilkan kemenangan.
  •      Belgia menang 1-0 dalam pertandingan grup di Barcelona Camp Nou pada Piala Dunia 1982. Empat tahun kemudian Argentina memenangkan semifinal 2-0 di Estadio Azteca di Mexico City.
  •      Di Meksiko '86 adalah game terbaru antara kedua pihak.


Argentina

     -Argentina telah dieliminasi dalam tiga perempat final Piala Dunia  terakhir mereka. Mereka kalah dari Jerman pada  2010 dan Belanda pada  1998, juga membungkuk ke Jerman pada  2006 setelah adu penalti.
     - Tidak termasuk adu pinalti, Argentina belum memenangkan Piala Dunia perempat final sejak mengalahkan Inggris 2-1 pada  1986.
     - Mereka memiliki rata-rata kepemilikan 64,3% sejauh ini di turnamen ini, rasio tertinggi pihak manapun sebelum perempat final.
     - Lionel Messi telah mencetak atau assist lima dari tujuh gol Argentina di Piala Dunia 2014. Tiga dari empat gol telah dicetak  dari luar kotak penalti.
     - Argentina tak terkalahkan dalam 25 pertandingan terakhir di mana Messi telah tampil (M18, S7).
     - Kemenangan melawan Swiss di babak terakhir adalah pertandingan pertama Piala Dunia Argentina menang pada Juli sejak mengalahkan lawan yang sama pada  1966 (tidak termasuk adu penalti).

Belgia

     - Ini  kedua kalinya Belgia  mencapai perempat final Piala Dunia. Mereka mengalahkan Spanyol melalui adu penalti untuk maju ke babak empat besar pada  1986 setelah bermain imbang 1-1 di Puebla.
     - Belgia memiliki lebih banyak tembakan di Piala Dunia ini (83, termasuk upaya diblokir) daripada tim lain sebelum perempat final.
     - Semua enam dari gol mereka di Brazil telah dicetak  dari menit ke-70 ke atas, dengan empat di antaranya dijaringkan  oleh pemain pengganti.
     - Belgia tidak terkalahkan dalam 21 pertandingan di mana kiper Thibaut Courtois telah bermain untuk mereka.

 Belgia mengenali ancaman kapten Argentina dan pemain Barcelona yang empat kali meraih gelar pemain sepakbola terbaik dunia Ballon D'Or  Messi. Mereka percaya bahwa mereka memiliki potensi memenangi  pertandingan mereka  menjelang pertandingan di Brasilia.

Fakta Pertandingan Belgia

 

  •  Empat dari enam gol Belgia di Piala Dunia 2014 dihasilkan oleh pemain pengganti.
  •  Eden Hazard dan Divock Origi adalah sepasang gangguan dan kesediaan mereka untuk dijalankan pada lawan mereka, dan kemampuan atletik belaka, menyebabkan masalah AS sepanjang 120 menit.

Pemain asal klub Chelsea Eden Hazard, 23, telah mendirikan dua gol kemenangan pada  empat kemenangan timnya, tetapi  baru menampilkan   sekilas kualitasnya.

"Kami punya Eden," kata rekan setimnya Kevin Mirallas. "Anda tidak bisa membandingkan dia dengan Messi atau (Cristiano) Ronaldo, tetapi ia masih sesuatu yang istimewa."

Axek Witsel


Sementara itu, gelandang Belgia Axel Witsel mengatakan pertandingan di ibukota Brasil bahkan mungkin terbukti lebih mudah daripada pertandingan mereka sebelumnya  di turnamen empat tahunan ini.

The Red Devils memenangkan tiga pertandingan grup mereka dengan tujuan aneh dan membutuhkan waktu ekstra untuk melewati Amerika Serikat di babak 16 besar.

"Dapat dimengerti bahwa di fase grup kami bermain melawan tim cerdik dan sulit melawan mereka," katanya.

"Melawan Amerika ada lebih banyak ruang dan saya berharap Argentina untuk melihat untuk mendikte permainan."

"Mudah-mudahan  memberi kita ruang untuk menyusup dan pemain kami dapat keuntungan dari celah yang mereka tawarkan."

"Kami memiliki banyak pemain dengan kecepatan. Argentina tidak bermain dengan baik sampai saat ini."

Prediksi Line Up

Argentina 01 Romero 04 Zabaleta  23 Basanta 14 Mascherano 17 Fernández 02 Garay  22 Lavezzi 05 Gago 09 Higuaín 10 Messi 07 Di María

Belgia 01 Courtois 02 Alderweireld 05 Vertonghen 06 Witsel 15 van Buyten 04 Kompany 14 Mertens 08 Fellaini 17 Origi 07 De Bruyne 10 Hazard  

5 Pertandingan Terakhir Argentina

01/07/14

(h) Swiss

1-0

M

25/06/14

(a) Nigeria

2-3

M

21/06/14

(h) Iran

1-0

M

15/06/14

(h) Bosnia Herzegovina

2-1

M

07/06/14

(h) Slovenia

2-0

M

 

5 Pertandingan Terakhir Belgia

01/07/14

(h) Amerika Serikat

2-1

M

26/06/14

(a)  Korea Selatan

0-1

M

22/06/14

(h) Rusia

1-0

M

17/06/14

(h) Aljazair

2-1

M

07/06/14

(h) Tunisia

1-0

M

Prediksi Skor: 2-1 Argentina lolos ke semifinal

BACA JUGA


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper