Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Van Persie, Jangan Kehilangan Fokus

Striker Belanda Robin van Persie meminta rekan-rekan tim Oranye untuk tetap fokus dalam perjuangan mereka pada Piala Dunia menyusul kemenangan mereka 5 - 1 atas Spanyol.
Robin van Persie/JIBI
Robin van Persie/JIBI

Bisnis.com, SALVADOR, Brasil -  Striker Belanda Robin van Persie meminta rekan-rekan tim Oranye untuk tetap fokus dalam perjuangan mereka pada Piala Dunia menyusul kemenangan mereka 5 - 1 atas Spanyol.

Pemain Manchester United berusia 30 tahun itu mencetak dua gol saat Belanda mempermalukan Juara Dunia dan Juara Eropa itu dalam laga pembuka Grup B di Salvador, Jumat (13/6/2014) atau Sabtu (14/6/2014)  WIB.

Dia menyamakan kedudukan Belanda dengan sundulan yang luar biasa hanya 90 detik sebelum istirahat setelah pemain Spanyol Xabi Alonso mendapatkan penalti di babak pertama.

Van Persie kemudian menambahkan gol kedua dan keempat bagi Belanda ketika ia mengecoh kiper Spanyol Iker Casillas dan melesakkan bola dengan sundulan kepala ke gawang yang kosong pada menit ke-72.

Para pemain Belanda riuh berlarian di babak kedua setelah terjadinya empat gol tanpa balas ketika Arjen Robben juga mencetak dua gol, sementara bek Stefan de Vrij mencetak satu gol.

Belanda selanjutnya akan menghadapi Australia pada Rabu depan di Porto Alegro. Van Persie mengatakan mereka harus membangun kemenangan demi kemenangan dan melupakan target menjadi runner up Juara Dunia berturut-turut.

"Kami telah mengalahkan tim-tim terbaik di dunia selama enam tahun terakhir dan jika Anda melihat seberapa besar kami menginginkannya dan seberapa baik kami bermain, itu adalah pujian besar untuk tim," kata man-of-the-match Belanda ini.

"Kami menikmatinya, tapi kemudian harus fokus pada pertandingan melawan Australia, ini adalah malam yang luar biasa untuk seluruh warga Belanda, tapi ini hanya tiga poin," katanya.

Van Persie memiliki sejarah menjadi bagian dari skuad Belanda yang disegani di grup penyisihan dalam pertandingan besar.

Setelah membuat debut internasional pada tahun 2005, Van Persie adalah bagian dari skuad tim Belanda, Marco van Basten yang dikalahkan oleh Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2006.

Dia juga berada dalam skuad ketika Belanda mengalahkan Italia dan Perancis di Euro 2008 sehingga mendominasi grupnya, tetapi kemudian kalah di perempat final dengan skor 1 - 3 melawan Rusia.

Dengan kemenangan kali ini, Belanda membalas kekalahan pada final Piala Dunia 2010 atas Spanyol. Meski demikian, kenangan pada Euro 2012 yang membuat Belanda tersingkir masih segar di ingatan setelah kehilangan tiga pertandingan saat melawan Jerman, Portugal dan Denmark.

Van Persie mengatakan perlunya kerja sama seluruh pemain untuk memperbaiki kualitas tim jika mereka ingin memenangkan Piala Dunia di Brazil.

Belanda adalah tim terakhir yang mencapai final Piala Dunia di Amerika Selatan setelah kalah dari Argentina 3-1 dalam perpanjangan waktu pada tahun 1978.

"Saya sudah di sini sebelumnya, ini adalah turnamen kelima saya dan saya tidak ingin kita terlalu bersemangat, karena ini baru satu pertandingan dan hanya tiga poin, "katanya.

"Kami harus memperbaiki kualitas kami dan kami harus tetap bersama," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper