Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamus Olahraga: Apa Arti Golden Goal?

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sepakbola dikenal golden goal.  Namun, masih banyak yang belum akrab dengan pengertian tersebut. Mengerti lantaran melihat di lapangan. Jadi, apa itu golden gol?
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 15 Juli 2013  |  02:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sepakbola dikenal golden goal.  Namun, masih banyak yang belum akrab dengan pengertian tersebut. Mengerti lantaran melihat di lapangan. Jadi, apa itu golden gol?

Gol emas  atau golden goal  adalah peraturan dalam sepakbola dengan memberi tambahan waktu dua kali 15 menit untuk mendapatkan pemenang yang dilakukan apabila dalam dua kali 45 menit (waktu normal) tidak diperoleh pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa dilakukan di dalam kompetisi dengan sistem gugur.

Dalam peraturan golden goal, apabila terjadi gol dalam perpanjangan waktu , maka pertandingan akan dihentikan pada saat gol terjadi. Tim yang mencetak gol dalam kesempatan pertama akan ditetapkan sebagai pemenang pertandingan.

Dan apabila dalam dua kali 15 menit tetap tidak ada tercipta gol oleh salah satu tim, maka pertandingan diakhiri dengan adu pinalti  untuk mendapatkan pemenang dari pertandingan.

Ini pertama kali dihasilkan oleh Oliver Bierhoff (pemain kelahiran  1 Mei 1968 di karlsruhe, Jerman. Bahkan golnya itu dikatakan pertama dalam sejarah sepak bola internasional utama. Ini terjadi saat Jerman tampil di final Piala Eropa 1996  melawan Rep Ceko. Saat itu, Bierhoff menjadi pemain pengganti.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola pssi piala dunia 2014

Sumber : Berbagai sumber

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top