Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dikalahkan Tim Kelas 4, Stoke City Pecat Mark Hughes

Stoke City, klub kontestan Liga Primer Inggris, memecat pelatih Mark Hughes setelah tersingkir di putaran ketiga Piala FA.
Mark Hughes/Reuters-Ed Sykes
Mark Hughes/Reuters-Ed Sykes

Bisnis.com, JAKARTA - Stoke City, klub kontestan Liga Primer Inggris, memecat pelatih Mark Hughes pada Minggu WIB (7/1/2018), hanya 4 jam setelah tersingkir di putaran ketiga Piala FA (Football Association).

Kekalahan itu sangat menyesakkan lantaran Coventry City saat ini hanya bertarung di League Two, kompetisi level keempat dalam sistem sepak bola Inggris, sedangkan Stoke main di kompetisi teratas.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu malam WIB (6/1/2017) di Ricoh Arena di Coventry, West Midlands, tersebut, Stoke City menyerah dengan skor tipis 1-2.

Jack Grimmer menjadi ‘hantu’ bagi tim tamu. Grimmer memberi assist bagi gol pembuka yang dihasilkan Jordan Willis pada menit ke-24.

Dia pula yang mencetak gol kedua pada menit ke-68 yang menentukan kemenangan Coventry setelah skor sempat disamakan Stoke lewat penalti Charlie Adam pada menit 54.

Keputusan pemecatan itu tak lepas pula dari kinerja buruk Hughes di ajang Liga Primer. Stoke kini terpuruk di peringkat ke-18 alias nomor tiga dari bawah dalam klasemen sementara Liga Primer.

The Potters hanya mendulang nilai 20 dalam 22 laga Liga Primer yang telah mereka jalani, hanya lebih baik dari West Bromwich Albion dan Swansea City yang masing-masing mengoleksi 16 angka.

“Kami berterima kasih kepada Mark atas pencapaian tim di bawah asuhannya selama 4,5 tahun, terutama mengantar tim meraih posisi kesembilan di liga dalam tiga musim berturut-turut,” demikian pernyataan resmi manajemen Stoke.

Stoke City finis di posisi kesembilan Liga Primer Inggris untuk musim 2013-2014, 2014-2015, dan 2015-2016, sedangkan untuk musim 2016-2017 berada di posisi ke-13.

Belum diketahui siapa pengganti Hughes. “Klub masih akan mencari manajer baru sesegera mungkin dan belum bisa memberi komentar lebih jauh pada saat ini,” demikian pernyataan lanjutan Stoke City.

Stoke City akan meneruskan perjuangan untuk keluar dari zona degradasi di ajang Liga Primer dengan bertandang ke Stadion Old Trafford, markas peringkat kedua Manchester United, pada pekan ke-23 yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (16/1/2018) mulai pk. 03:00 WIB.

Hughes, 54 tahun, berpengalaman melatih sejumlah klub yakni Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, Queens Park Rangers, Stoke, dan yang paling hebat ialah mengawali karier manajerialnya sebagai pelatih Timnas Wales selama 5 tahun sejak 1999.

Sebagai pemain pun, dengan posisi striker, dia memulai karier profesional di klub mentereng yakni Manchester United pada 1980-1986. Dia kembali bersama MU pada 1988-1995. Total dia main dalam 345 pertandingan untuk MU dalam dua periode dengan mencetak 120 gol.

Klub-klub lain yang pernah memanfaatkan jasanya ialah Barcelona, Bayern MKunchen, Chelsea, Southampton, Everton, dan Blackburn Rovers.

Untuk Timnas Wales, dia bermain dalam 72 pertandingan dengan mencetak 16 gol dalam kurun waktu 1984 hingga 1999.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper