Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga 2: Kalteng Buka Jalan, PSMS Medan Pastikan ke Semifinal

Kalteng Putra menundukkan Persis Solo dengan skor tipis 1-0 dalam matchday kedua Grup X babak 8 besar Liga 2 sehingga membuka peluang lolos ke semifinal.
Ilustrasi/Twitter SC Heerenveen
Ilustrasi/Twitter SC Heerenveen

Bisnis.com, JAKARTA - Kalteng Putra menundukkan Persis Solo dengan skor tipis 1-0 dalam matchday kedua Grup X babak 8 besar Liga 2 sehingga membuka peluang tim dari Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, itu untuk lolos ke semifinal.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin malam di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jawa Barat, satu-satunya gol Kalteng Putra dipersembahkan Muhammad Rais pada menit ke-26 menuntaskan kemelut di depan gawang Persis.

Dengan kemenangan dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh TV One itu, Kalteng Putra membuka peluang ke semifinal setelah di laga perdana Kamis pekan lalu (9/11/2017) dikalahkan PSMS Medan dengan skor tipis 1-2.

Kemenangan Kalteng Putra atas Persis ini dengan sendirinya meloloskan PSMS ke semifinal. PSMS sekitar 2 jam sebelumnya menang 2-1 atas Martapura FC, sehingga mempunyai nilai 6, sedangkan Kalteng Putra dan Martapura FC secara bersama menempati posisi kedua dan ketiga lantaran poin, selisih gol, dan produktivitas mencetak gol persis sama.

Di laga matchday pertama, Martapura FC juga menang atas Persis Solo dengan skor tipis 1-0.

Dengan demikian, PSMS di pucuk klasemen dengan nilai 6, tampil sebagai juara Grup X. Kalau pun kalah dari Persis di matchday ketiga pada Kamis (16/11/2017), PSMS tetap juara sebab unggul head to head dengan pemenang laga Kalteng Putera versus Martapura FC jika salah satu dari mereka ada yang menang.

Sebaliknya bagi Persis, kemenangan dengan skor berapa pun pada matchday ketiga atas PSMS tak mengangkatnya dari posisi di dasar klasemen. Jika menang nilai Persis 3, sama dengan tim yang kalah dalam laga Martapura FC versus Kalteng Putra, namun Persis kalah head to head karena masing-masing Persis kalah 0-1 dari kedua tim tersebut.

Laga Kalteng Putra versus Martapura FC bisa diibaratkan final karena nilai, selisih gol, serta produktivitas mencetak gol yang persis sama. Dengan demikian, jika laga b2 x 45 menit seri, penentuan pendamping PSMS ke semifinal harus dilakukan melalui adu penalti.

Tim-tim kontestan delapan besar Liga 2 dibagi jadi dua grup. Selain Grup X ini, empat tim lainnya menempati Grup Y yakni PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, PSPS Pekanbarum, dan PSMO Mojokerto.

Sedianya Grup Y digelar mulai Jumat pekan lalu (10/11/2017) di Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jabar, namun ditunda karena ada penjolakan dari Pemkab Bekasi.

Selanjutnya Grup Y akan digelar di Bandung mulai Rabu (15/11/2017). Di semifinal, PSMS sebagai juara Grup X bertemu dengan runner bup Grup Y, sedangkan Martapura FC atau Kalteng Putra sebagai runner up Grup X jumpa juara Grup Y.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper