Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Swiss Vs Spanyol: 11 Fakta Menarik Laga Swiss vs La Furia Roja

Laga perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat malam besok di Stadion Saint Petersburg.
Pemain Timnas Spanyol/Twitter UEFA
Pemain Timnas Spanyol/Twitter UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Laga perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat (1/7/2021) malam besok di Stadion Saint Petersburg. Sejumlah fakta menarik akan mengiringi laga tersebut.

Sejumlah fakta menarik pun akan mengiringi laga itu seperti yang dilansir oleh laman resmi UEFA. Berikut fakta tersebut:

1. Timnas Spanyol yang berjuluk La Furia Roja pernah tiga kali meraih gelar juara Euro. Mereka menjadi raja Eropa pada 19964, 2008 dan 2012. Spanyol juga menjadi satu-satunya negara yang pernah menjuarai Piala Eropa dua kali secara beruntun.

2. Spanyol dan Jerman/Jerman Barat juga merupakan tim yang paling banyak merebut Trofi Henri Delaunay. Jerman menjuarai turnamen ini pada 1972, 1980 dan 1996.

3. Bersama Swedia, Inggris, Belgia dan Italia, Spanyol menjadi tim yang belum merasakan kekalahan pada ajang Euro 2020. Sementara Swiss pernah sekali mengalami kekalahan dari Italia pada babak penyisihan grup.

4. Timnas Spanyol juga tercatat sebagai tim yang paling produktif dengan catatan 11 gol di ajang Euro 2020. Spanyol juga tercatat sebagai tim dengan rata-rata penguasaan bola paling tinggi dengan 67,5 persen.

5. Sementara Swiss baru mencetak total tujuh gol. Akan tetapi mereka menempati posisi keempat tim yang paling banyak menciptakan tembakan. Swiss tercatat menciptakan 60 tembakan dari empat laga, hanya kalah delapan tembakan dari Timnas Spanyol yanng berada di posisi ketiga.

6. Swiss juga tercatat sebagai tim di babak perempat final yang paling banyak melakukan jegalan. Mereka tercatat telah melakukan 63 jegalan, hanya kalah dari Jerman dan Austria yang sudah tersingkir.

7. Timnas Swiss merupakan satu dari empat tim posisi ketiga di babak penyisihan grup yang lolos ke babak 16 besar bersama Portugal, Republik Cek dan Ukraina. Dari empat tim itu, hanya Portugal yang telah tersingkir.

8. Bagi Timnas Swiss, lolos ke babak perempat final merupakan capaian terbaiknya di ajang Euro. Sebelum Euro 2020, mereka tercatat hanya empat kali ikut serta pada ajang pesta sepak bola Eropa itu, yaitu pada 1996, 2004, 2008 dan 2016. Raihan terbaik Swiss adalah melaju ke babak 16 besar lima tahun lalu.

9. Kedua tim menjalani laga panas pada babak 16 besar. Spanyol membutuhkan babak tambahan untuk menyingkirkan Kroasia 5-3 sementara Swiss harus menjalani drama adu penalti kontra juara Piala Dunia 2018, Prancis.

10. Kedua tim pernah bertemu sebanyak 22 kali sebelumnya. Timnas Spanyol meraih 16 kemenangan sementara Timnas Swiss hanya satu kali menang, lima laga lainnya berakhir imbang. Meskipun demikian, dalam satu dekade terakhir Swiss mampu mengimbangi Spanyol. Kedua tim berbagi satu kemenangan dan dua laga lainnya berakhir imbang sejak 2010.

11. Laga besok akan menjadi pertama kalinya kedua tim bertemu di ajang Euro, baik di putaran final maupun kualifikasi. Akan tetapi mereka pernah tiga kali bertemu di Piala Dunia.

Dengan sejumlah catatan seperti itu, laga Swiss vs Spanyol pada Jumat besok dipastikan akan berjalan seru. Meskipun berstatus sebagai unggulan, skuad asuhan Luis Enrique tak bisa meremehkan anak asuh Vladimir Petkovic. Laga pertama babak perempat final Euro 2020 tersebut akan berlangsung pada Jumat malam 2 Juli 2021 pukul 23.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, iNews dan MolaTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper